Home Support

Kehadiran cPanel Sangat Penting untuk Kebutuhan Pribadi dan Bisnis

cpanel

Sekarang ini, kehadiran cPanel sudah sangat penting guna memperlancar beragam pekerjaan dalam bidang online. Terutama untuk kebutuhan kontrol website secara permanen. Wajar jika adanya cPanel ini muncul sebagai kebutuhan pokok dalam mengelola sebuah website. Terutama para jasa hosting juga sudah menyediakan fitur ini sebagai tambahan dalam layanan hosting. Tentu akan sangat membantu.

Keberadaan sebuah cPanel memang cocok bagi mereka yang tidak paham tentang koding namun tetap ingin mengelola website dengan cara profesional. Pasalnya, ada banyak fitur menarik dari layanan ini yang akan memudahkan semua pekerjaan. Sebelum melangkah lebih jauh akan lebih baik jika kita berkenalan dengan cPanel.

A. Apa Itu cPanel?

cPanel adalah sebuah salah satu merk dagang dari layanan berupa control panel. Control panel ini dapat dikatakan sebagai aplikasi website yang terproteksi dan terhubung dengan program pendukung website seperti hosting. Sejak program pendukung website ini berada di lingkungan Linux karena sudah cukup kompleks. Dalam sebuah hosting, cPanel ini biasanya digunakan untuk membuat FTP user atau membuat alamat email baru, bisa memonitor resource, dapat menginsntall software tertentu dan membuat subdomain.

B. Fungsi cPanel

Sesuai dengan pengertian yang sudah tertera pada tulisan di atas maka dapat dapat dikatakan cPanel memiki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi sebuah website. Fungsi cPanel adalah sebagai jembatan untuk memberikan beragam perintah teknis ke seluruh program yang ada pada website. Program pendukung tersebut misalnya MySQL, Apache atau PHP. Tentunya, hanya dengan klik dan geser saja sudah dapat memberikan perintah dengan mudah. Inilah pentingnya memiliki cPanel dalam sebuah website. Adapun fungsi penting cPanel dan beberapa hal yang dilakukan antara lain:

  1. Menambah, menghapus dan mengubah akun email
  2. Upload file dan edit file langsung dari browser
  3. Install software
  4. Menambah atau mengurangi user MySQL
  5. Mengatur konfigurasi PHP
  6. Memantau statistik pengunjung website
  7. Konfigurasi keamanan website
  8. Password protection untuk folder
  9. Setup framework menjadi lebih mudah

Dengan adanya fungsi dan manfaat yang sangat beragam ini tidak heran jika cPanel banyak diincar oleh para pengguna website terutama bagi pengelola website aktif.

Kelebihan dan Kekurangan cPanel

Sebagai salah satu aplikasi buatan manusia tentu cPanel ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam setiap penggunaan. Tidak hanya berkaitan dengan fungsi dan manfaat cPanel, namun juga berkaitan dengan performa website yang Anda pasang pada cPanel.

Kelebihan cPanel

Sebuah cPanel memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

  1. Mudah dipelajari Sangat mudah dipelajari bagi semua kalangan. Baik mereka yang pemula atau gaptek sekalipun tetap dapat menggunakan cPanel karena beragam fitur yang memudahkan.

  2. Simple Susunan dan peletakan yang simple membuat cPanel makin digemari karena dapat memudahkan semua kegiatan. Praktis bagi Anda yang suka dengan tampilan yang khas dan tidak bertele-tele.

  3. Hemat waktu dan uang Dengan menggunakan cPanel, Anda akan merasakan hemat yang luar biasa. Terutama mengenai waktu dan uang. Jika secara mandiri, coba saja bayangkan berapa lama seorang programmer bisa membuat sebuah website. Namun dengan cPanel, membuat website langsung bisa online hanya butuh waktu 5 menit saja. Belum lagi ada banyak plugin yang dapat memudahkan kebutuhan seo, media share atau cache.

  4. Sudah teruji kemampuan cPanel ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah melalui tahap uji coba yang panjang dan kuat sehingga keberhasilannya bisa mencapai 80% bergantung pada cara penempatan yang tepat. Layaknya sistem pengaturan seo pada plugin tentu sudah dapat digunakan dengan sangat praktis dan cepat, hanya saja sebagai pengguna harus dapat membidik sasaran dengan tepat agar alat yang digunakan juga tidak percuma. Ibaratnya Anda sudah memiliki panah dan anak panah yang kuat dan berkualitas namun belum mahir dalam membidik, tentu hal tersebut juga akan sama dengan kehadiran cPanel ini.

  5. Terdapat software auto installer Pada cPanel ini sudah terdapat ribuan software yang bisa Anda install dengan mudah. Beragam software tersebut tentu saja akan memudahkan segala aktivitas dalam mengelola website. Adapun beberapa software tersebut bisa dengan mudah memasang wordpress, joomla, prestashop, WHMCS dan AbanteCart. Tentu saja masih ada ribuan software populer lainnya yang bisa Anda gunakan.

  6. Ada panduan Bagi Anda yang masih pemula dan belum tahu sama sekali mengenai cPanel jangan khawatir karena sekarang ini sudah banyak panduan menggunakan cPanel yang bisa Anda pelajari. Terutama yang sudah terbiasa menggunakan Facebook atau media sosial lainnya tentu akan sangat mudah mempelajari penggunaan cPanel ini karena hampir mirip.

Kekurangan cPanel

Disamping adanya sebuah kelebihan, sebuah aplikasi tentunya juga memiliki kekurangan yang dapat menghambat kinerja. Hanya saja kekurangan ini ada pada hampir tiap aplikasi jika tidak digunakan secara maksimal. Beberapa kekurangan tersebut antara lain.

  1. Apabila memasang fitur yang terlalu banyak maka kinerja cPanel akan mengalami penurunan
  2. Pengaturan penting bisa berubah secara otomatis jika terjadi beberapa hal tak terduga
  3. Hosting yang tidak mengupgrade cPanel secara konsisten maka kinerjanya juga akan berkurang
  4. Tarif cPanel cukup mahal sehingga tidak banyak hosting yang menggunakan, terutama jika hosting tersebut gratis

Alur Kerja cPanel

Setelah Anda tahu mengenai apa itu cPanel, fungsi, kelebihan dan kekurangannya maka lebih lanjut kita akan belajar mengenai alur kerja cPanel. Secara keseluruhan, alur cPanel ini dapat digambarkan sebagai berikut.

Web Designer -> cPanel -> Web Server -> Website

Apabila Web Designer sudah memiliki kunci akan tata cara membuat website maka bisa langsung mengguankan cPanel. Web Designer ini dapat dikatakan juga sebagai pelanggan. Biasanya, untuk membuat web designer ini sudah ada aplikasi tertentu seperti Adope Dreamweaver, Notepad++ dan MS Frontpage. Kemudian hasil kerja tersebut dapat berupa file dengan ekstensi js, html, css atau php. Apabila hasil offline tersebut sudah selesai maka bisa langsung membeli domain dan paket hosting agar bisa langsung online dengan mudah. bagi Anda yang ingin melewati atau tidak menggunakan jasa Web Designer maka bisa langsung menggunakan cPanel dengan cara membeli paket hosting. Kemudian baru membuat website sesuai dengan keinginnan. Apabila Anda memilih cara ini maka alur kerjanya adalah sebagai berikut.

cPanel -> Web Server -> Website

Lalu apakah cara kedua ini tetap sama hebatnya dengan kinerja cara pertama? Jawabannya tentu saja iya. Apabila Anda memanfaatkan kinerja cPanel secara maksimal maka tidak akan mustahil jika hasilnya juga bisa menyamai kinerja Web Designer yang sudah ahli sebab kunci utama sebuah website terletak pada kontennya, bukan sekedar design. Bagaimana? Tidak usah ciut nyali jika belum mencoba. Manfaatkan kehadiran cPanel ini untuk membuat website impian.

Apakah Ada Kontrol Panel Selain cPanel?

Apabila Anda menanyakan sebuah aplikasi kontrol panel lainnya, tentu saja jawabannya ADA. Bahkan ada banyak merk kontrol panel yang digunakan oleh beberapa penyedia hosting. Hanya saja, nama cPanel ini sudah sangat melekat karena usia dan pengalaman dari merk ini tidak dapat diragukan. Banyak penyedia hosting yang menggunakan cPanel karena harga dan kualitas yang diberikan sudah sangat baik.

Jika hendak menyewa sebuah hosting sebaiknya tanyakan dahulu kontrol panel yang digunakan itu apa agar tidak salah dalam membeli. Kemudian pastikan kontrol panel tersebut mengikuti versi terbaru yang sudah berlisensi agar kinerjanya bisa lebih maksimal.

Kesimpulan

Bukan sebuah omong kosong jika Anda dapat membuat website meski hanya seorang yang gaptek sekalipun. Karena perkembangan teknologi sudah sangat maju. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat website dengan snagat mudah. Anda hanya perlu belajar sedikit kemudian mulai mempraktekkan. Kehadiran cPanel ini menjawab kebutuhan pokok Anda untuk membuat website yang canggih dan menarik. Tentunya, Anda tinggal memikirkan konsep yang pas terlebih dahulu agar tidak salah langkah dalam membuat. Selamat mencoba!

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang