Home Support

Alternatif Manajemen Hosting Selain cPanel Yang Perlu Kamu Tahu!

alternatif management hosting

Hallo, Bolo JH!

Ketika berurusan dengan web server, kata web hosting sudah cukup populer. Pada hosting membutuhkan software control panel untuk manajemen sebuah file seperti panel hosting yang cukup populer yaitu cPanel.

Jika membeli atau menggunakan shared hosting, maka tidak asing lagi dengan yang namanya cPanel. cPanel bertujuan untuk mempermudah pengguna shared hosting dalam memanage shared hosting. Didalam cPanel terdapat fasilitas untuk membuat database, account email, FTP, File manager dan lain lain.

Software cPanel merupakan software paling terkenal untuk manajemen hosting. cPanel memiliki banyak fitur, namun beberapa diantaranya tidak mudah untuk digunakan bahkan cenderung membingungkan pengguna. Jika ingin mencoba software untuk manajemen hosting selain cPanel , berikut ini software alternatif yang bisa kamu gunakan:

1. AlternC

alternc cpanel

link: AlternC

AlternC mudah digunakan, dan dapat digunakan untuk me-manage hosting server yang besar, serta menawarkan berbagai fitur menarik.

AlernC yang terlisensi GPL menyediakan instalasi otomatis dengan panel pengaturan berbasis web. Beberapa layanan yang disediakan adalah pengaturan domain, akun FTP, pengaturan email, statistik website, dan hampir seluruh fitur yang dapat ditemukan di cPanel. Dokumentasi dan manual disediakan dalam bahasa Perancis, tetapi tersedia pula dalam bahasa inggris.

2. VestaCP

vestacp cpanel

link: VestaCP

VestaCP adalah panel web gratis untuk distribusi Debian, Ubuntu, RHEL dan CentOS Linux. VestaCP sangat cepat dan ringan dan berfokus pada minimalisme dan kegunaannya.

VestaCP pada proses installasinya akan melakukan installasi LNAMP stack sehingga dapat menggunakan Apachec dan Nginx secara bersama-sama. Nginx untuk melayani semua request konten status, sedangkan Apache untuk menghandle konten dinamis. Karena proses handle request berbeda, maka kecepatan akses akan meningkat dan penggunaan ram pada server akan rendah.

3. Virtualmin

virtualmin cpanel

link: Virtualmin

Virtualmin/Webmin adalah software suite dengan versi gratis berlisensi di bawah GPL. Meskipun tidak memiliki visual yang bagus, namun memiliki kekuatan pada pengkonfigurasiannya. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur Cadillac yang memungkinkan Anda untuk mengimport backup dari cpanel solusi cadillac panel web gratis, juga memiliki fitur bagus yang memungkinkan untuk mengimpor situs dari backup cPanel dengan mudah.

4. AjentiV

ajentiv

link: AjentiV

Ajenti adalah panel admin server gratis untuk digunakan pribadi. Ajenti merupakan sebuah plugin, sehingga mampu untuk berjalan bersama aplikasi lainnya, misalkan “Pro Stack”. Pro Stack menggunakan PHP5-FPM yang dapat memungkinkan server untuk menggunakan memory kecil meskipun traffic sedang tinggi. Namun kekurangannya adalah membuat beban yang lebih berat ke prosesor.

5. Webuzo

webuzo

link: webuzo

Software utama mereka adalah sistem penyebaran script yang memiliki ratusan script di dalamnya (seperti perangkat lunak blog, software forum, game online, dll) dan dapat dikonfigurasi ke cPanel. Webuzo juga produk mereka. Webuzo ini gratis untuk digunakan secara pribadi dan memiliki tampilan yang mirip dengan cpanel.

Panel ini cukup jelas berfokus pada penerapan skrip, tapi itu dapat diabaikan dan hanya menggunakan web admin panel saja.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang