Home Support

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server Hosting

kelebihan-kekurangan-dedicated-server

Dedicated Server

Halo, selamat datang di JogjaHost!
Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan Kelebihan dan kekurangan dalam hosting website Menggunakan pelayanan Dedicated Server. Telah Anda ketahui bahwa selain bisa menggunakan jenis hosting yang regular atau biasa (shared-hosting). Anda juga bisa menggunakan jasa hosting dengan jenis Dedicated Server.

Dedicated Server didefinisikan sebagai layanan penyewaan server secara utuh yang diletakan pada data center tanpa berbagi (shared) dengan pengguna lain sebagaimana pada layanan shared hosting (hosting regular). Perangkat server biasanya disediakan dan dikelola oleh penyedia layanan dedicated server sehingga kita hanya bertanggung jawab untuk memakainya saja.

Sebelum menggunakan Hosting dengan tipe Dedicated Server alangkah baiknya jika Anda menganalisa dan mengetahui jenis Dedicated Server yang akan Anda gunakan nantinya sehingga, Anda tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dedicated Server Hosting

Kelebihan Dedicated Server

  1. Akses Penuh
    Dedicated server memeberikan kebebasan kepada penyewa untuk memiliki hak akses yang dimiliki 100%. Menariknya lagi adalah Dedicated Server juga akan memudahkan dan membebaskan penggunanya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan.

  2. Aman
    Kelebihan dari penggunaan Dedicated Server selanjutnya adalah apabila terjadi kerusakan pada server, Anda tidak bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga sangat aman bagi Anda untuk mengoperasikan Dedicated Server tersebut.

  3. Efektif, Bisa Menggunakan Remote
    Kelebihan lainnya adalah penyewa bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Anda tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani Anda selama mengelola website.

  4. Tidak Terganggu Aktifitas Lain
    Ketika Anda menggunakan Dedicated Server, Anda tidak perlu merasa terganggu dengan klien yang lain. Mengapa seperti itu? Sebab hosting dengan jenis Dedicated Server hanya digunakan oleh 1 orang pengguna saja. Jadi, tidak akan mengganggu kinerja website apabila sewaktu-waktu jumlah pengunjungnya meningkat. Hosting ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola banyak domain pada satu server yang dimiliki. Dimana manajemen website juga akan semakin maksimal karena Anda lah yang mempunyai kontrol dan kuasa penuh terhadap server tersebut.

Kekurangan Dedicated Server

  1. Harganya Mahal
    Kekurangan yang dimiliki oleh hosting dengan tipe Dedicated Server adalah biaya yang dibutuhkan melakukan masuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Berbeda dengan share hosting yang memungkinkan Anda untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya.

  2. Skill yang Advanced
    Kekurangan lain dari penggunakan Dedicated Server adalah penyewa harus memahami kinerja dan cara kontrol server. Hal tersebut sangat penting agar Anda bisa mengelola dedicated server dengan maksimal. Apalagi, ada cukup banyak pengaturan di berbagai aplikasi yang harus dilakukan. Sehingga Anda harus benar-benar mempelajari pengelolaan data menggunakan dedicated server sebelum menyewanya.

Kesimpulan

Sekali lagi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa layanan Dedicated Server Hosting, sebaiknya Anda pikirkan dan analisa dahulu terkait dengan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan layanan jasa Hosting dengan tipe Dedicated Server. Jika Anda sudah fix dan mantab untuk menggunakan jasa pelayanan Dedicated Server Hosting maka Anda bisa menggunakan layanan dari JogjaHost di sini : Pelayanan Dedicated Server JogjaHost

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang