Home Support

Apakah Saya Bisa Recovery Email yang Sudah Terhapus dari Webmail

Sebuah email dapat terhapus tanpa Anda sadari. Padahal isi email tersebut sangatlah penting untuk urusan Anda. Email terhapus tersebut dapat Anda pulihkan kembali dengan cara yang mudah dan cepat.

recovery Di era yang telah memasuki era industri 4.0 ini, hampir di seluruh bidang pekerjaan menggunakan email untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Di sekolah maupun di kampus, guru-guru menggunakan email dapat digunakan untuk mengirimkan detail tugas ke sesama guru maupun dapat menerima pekerjaan murid melalui email. Di dunia bisnis dan pekerjaan lainnya, email dapat digunakan untuk mengirimkan surat elektronik yang lebih efisien waktu jika dibandingkan surat konvensional.

Email juga banyak digunakan untuk melakukan pendaftaran di e-commerce dan juga media-media sosial. Email digunakan untuk memberikan informasi penting, misalnya username dan password, ketika kita akan melakukan sebuah transaksi online di e-commerce tertentu. E-commerce juga menggunakan email untuk media promosi-promosi mereka. Media sosial menggunakan email untuk membantu usernya jika mengalami lupa password.

Cara Mudah Recovery Email

Sebuah email dapat terhapus tanpa Anda sadari. Padahal isi email tersebut sangatlah penting untuk urusan Anda, entah itu urusan pekerjaan, urusan bisnis, maupun urusan tentang tugas-tugas di sekolah maupun di perkuliahan. Namun, jangan khawatir jika Anda sudah terlanjur menghapus sebuah email tanpa Anda sadari. Email terhapus tersebut dapat Anda pulihkan kembali dengan cara yang mudah dan cepat.

Email yang telah Anda hapus tersebut dapat Anda lacak dan dapat Anda pulihkan kembali atau bisa juga disebut Recovery Email. Proses pemulihan email ini dapat dilakukan di semua jenis webmail yang sedang Anda gunakan. Webmail-webmail tersebut dilengkapi dengan fasilitas untuk menampung sementara email yang terhapus sebelum webmail membersihkannya secara permanen.

1. Log In ke Webmail.

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah masuk ke dalam akun webmail Anda. Pastikan bahwa nama email yang terdaftar sudah cocok dengan passwordnya. Jika Anda kehilangan password, gunakan fasilitas Lupa Password yang disediakan oleh webmail. Jika Anda berhasil masuk, maka secara default Anda akan diarahkan ke Inbox webmail Anda.

2. Lihat Bagian Trash

Setelah sukses masuk ke webmail, masuk ke Trash dari webmail Anda. Biasanya, webmail menyediakan jangka waktu tertentu sebelum email tersebut terhapus permanen dari Trash. Ada webmail yang memberi tenggat waktu tujuh hari. Ada pula webmail yang memberi tenggat waktu hingga 30 hari untuk recovery email yang terhapus.

3. Metode Recovery Email

Setiap webmail memiliki metode terterntu untuk melakukan pemulihan email Anda yang terhapus. Misal di Google Mail, Anda diharuskan memindah email dari folder Trash ke folder tertentu untuk melakukan recovery. Di Yahoo Mail, Anda hanya memilih perintah Recovery maka secara default email tersebut akan berpindah ke Inbox. Webmail selain Google Mail dan Yahoo Mail mungkin memiliki metode yang berbeda untuk pemulihan email yang terhapus.

Recovery Email dapat dilakukan dengan cara mudah dan cepat. Anda juga dapat melakukan recovery email di manapun dan kapan pun selama ada koneksi internet. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak sengaja menghapus email penting, selama Anda melakukan recovery di tenggat waktu yang disediakan oleh webmail tempat anda bernaung.

Recovery Email

Tips dan Trik

Untuk mencegah email terhapus secara tidak sengaja ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk pencegahannya. Tips dan trik berikut ini dapat Anda praktikkan untuk setidaknya memberi sedikit keamanan terhadap email-email Anda. Dengan melakukan tips dan trik berikut ini, Anda akan lebih nyaman dalam hal pengelolaan email.

  • Lakukan backup secara berkala. Dengan rutin melakukan backup terhadap email yang Anda anggap penting, secara tidak langsung Anda melindungi email penting tersebut dari potensi terhapus.
  • Arsipkan email. Ketika Anda merasa inbox Anda sudah terasa sesak karena email masuk secara terus menerus, maka bisa dicoba untuk mengarsipkan email-email yang Anda anggap penting.
  • Beri tanda khusus pada email-email penting. Webmail memiliki fitur khusus untuk memberikan tanda khusus untuk email. Fitur ini dapat membantu Anda untuk melihat email mana yang penting dengan lebih cepat dan tanpa harus melihat isinya terlebih dahulu.
  • Berhenti berlangganan email. Tidak Anda sadari, ternyata Anda telah berlangganan email di sebuah situs tertentu. Atau, sosial media maupun situs e-commerce melakukan iklan dengan mengirimkan email sehingga membuat inbox Anda penuh. Langkah terbaik untuk menanggulanginya adalah berhenti berlangganan email dari situs-situs tersebut.
  • Hapus email yang tidak penting secara berkala. Inbox webmail Anda lebih baik jika berisikan pesan yang memang anggap penting. Maka, lakukanlah penghapusan email yang kurang penting agar inbox memiliki ruang kosong untuk email penting. Anda dapat menghapus email tidak pentng secara berkala, bisa dalam kurun waktu seminggu sekali, sebulan sekali, dan lainnya. Rentang waktu ini tergantung Anda sendiri untuk menentukannya.

Bacaan Lebih Lanjut

Masih banyak yang bisa Anda eksplor dari email. Anda mungkin juga akan menemukan beberapa masalah yang tidak terduga ketika menggunakan email. Setiap masalah yang terjadi di email memilki cara tersendiri untuk mengatasinya. Semakin banyak masalah dan semakin banyak Anda menyelesaikannya, maka niscaya Anda akan semakin handal dalam bidang email. Berikut ini adalah bahan bacaan untuk melengkapi pengetahuan Anda tentang email.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang