Home Support

10 Kriteria Hosting Terbaik

Baru berkenalan dengan hosting seringkali bingung memilih dan memilah mana hosting yang baik untuk website yang kita miliki. Dengan membaca artikel ini diharapkan semua orang bisa memahami kriteria hosting terbaik

kriteria hosting terbaik

Pengertian dan Jenis Layanan Hosting

Hosting adalah tempat menyewa server guna menyimpan data yang ada pada website sehingga dapat diakses secara online. Adapun tipe dan jenis layanan hosting bervariasi, mulai dari harga paling murah hingga paling mahal. Mulai dari ruang penyimpanan HDD hingga SSD. Semua fasilitas tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi. Untuk pemula biasanya menggunakan jenis layanan share. Berbagai fasilitas share ini juga bervariasi, ada yang masih manual menggunakan HDD, ada juga yang sudah agak modern menggunakan SSD, teknologi yang lebih canggih yakni menggunakan cloud. Ketiga layanan tersebut bisa Anda dapatkan secara share hosting.

Jenis layanan hosting itu bervariasi, mulai dari share hosting, VPS dan Dedicated. Prinsip kinerja beberapa jenis tersebut pada intinya sama, hanya saja ketiganya berbeda mengingat luas ruangan dan fitur yang diberikan juga berbeda. Untuk jenis share sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya, sedangkan pada server VPS ini masih menggunakan setengah share dan setengah dedicated. Kemudian pada jenis layanan dedicated, Anda menyewa satu server untuk satu pengguna saja. Tentu harga dan layanan yang diberikan juga berbeda.

Kriteria Hosting Terbaik

Sebuah hosting yang baik tentu memiliki kualitas dan kriteria tertentu. Tidak semua penyedia hosting memberikan fitur dan layanan dengan baik. Layaknya memilih sebuah baju, tentu ada rupa ada harga. Adapun beberapa kriteria dalam memilih hosting terbaik antara lain sebagai berikut:

1. Reliabilitas Server

Website memerlukan daya kerja selama 24 jam setiap hari, untuk itu Anda memerlukan koneksi jaringan yang stabil. Adapun jaminan uptime yang baik berada di angka 99 %, apabila nilainya kurang dari itu maka sebaiknya jangan dipakai. Memang sangat jarang menemukan jaminan uptime di angka 100% karena hal ini membutuhkan daya yang sangat kuat.

2. Bisa Upgrade Server

Pilihan awal yang murah dan terjangkau biasanya bermula dari layanan share hosting. Dewasa ini fitur yang ditawarkan layanan share hosting sudah sangat mumpuni, mulai dari control panel, SSD yang cepat hingga LiteSpeed. Semua fitur tambahan itu dapat membuat hosting yang Anda gunakan makin berkelas.

3. Jumlah Ad On Domain

Hosting yang menyediakan tambahan sub domain dapat menjadi pilihan tepat untuk website. Apabila ini dimanfaatkan secara maksimal maka web yang Anda miliki akan terus naik dan menghasilkan rupiah dengan mudah.

4. Harga dan Promo

Terkadang, sebuah perusahaan akan terus melakukan promosi dan terus memberikan harga terbaik. Mereka akan terus berusaha memberikan pelayanan dan harga bersaing agar para pelanggan tidak pindah ke tempat yang lain. Ada baiknya memanfaatkan moment ini untuk mengetahui kualitas dan pelayanan yang mereka berikan.

5. Fitur Hosting

Sekarang ini fitur yang ditawarkan pada hosting yang berbasis share sudah sangat lengkap. Meski demikian, Anda tentu membutuhkan tambahan fitur yang disesuaikan dengan perkembangan website Anda. Tidak baik jika baru saja memulai dan belum ada visitor yang mampir sudah menggunakan layanan VPS atau dedicated. Memang tidak salah, hanya saja fitur yang dibutuhkan pada website pemula tentu akan berbeda dengan kebutuhan website yang perharinya sudah menarik ratusan ribu visitor. Karena itu, Anda perlu memilih fitur yang pas untuk kebutuhan website.

6. Ketentuan Refund

Ada beberapa syarat untuk dapat melakukan refund. Tiap perusahaan tentu memiliki cara dan syarat yang berbeda. Untuk itu Anda harus membaca bagian TOS (Terms of Service) pada tiap website penyedia hosting. Hal ini terkesan sepele dan sederhana namun memiliki manfaat yang cukup besar. Jangan pernah membeli kucing dalam karung.

7. Email pada Domain

Layanan email pada domain biasanya bersifat pilihan. Artinya, layanan ini merupakan tambahan fitur yang disediakan oleh penyedia hosting. Tidak heran jika layanan ini memiliki batasan dan ada sejumlah nominal yang harus dibayarkan ketika layanan yang ditawarkan juga meningkat.

8. Periode Berlangganan

Sebuah layanan hosting tentu memiliki masa berlangganan yang dimulai dari periode bulanan, hingga tahunan. Semua periode ini perlu diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih hosting yang berkualitas. Tidak semua layanan yang menawarkan hosting dengan masa lama itu jauh lebih baik dibanding mereka yang menawarkan layanan dengan periode yang sebentar. Semua itu harus disesuaikan dengan semua kebutuhan.

9. Layanan Backup Website

Pemberian layanan backup ini sangat penting dilakukan guna menyimpan data penting yang Anda miliki apabila terjadi serangan virus atau serangan ddos. Beberapa layanan hosting ada yang memberikan tambahan ini, ada juga yang tidak. Tambahan layanan ini bisa disesuaikan dengan harga dan kebutuhan.

10. Live Chat Tim Support

Memberikan pelayanan yang aktif selama 24 jam dengan kualitas yang baik dapat menambah nilai lebih dari perusahaan hosting tersebut. Tidak hanya aktif 24 jam non stop saja, namun juga berbagai pertanyaan dan kesulitan seperti hal teknis atau konfigurasi khusus harus bisa terjawab saat itu juga. Dengan hal ini maka website Anda tetap bisa berjalan baik apabila ada sedikit kendala. Website yang sering mengalami troble dikhawatirkan akan mengurangi jumlah pengunjung yang datang.

Penutup

Inilah beberapa kriteria memilih hosting yang terbaik. Hosting yang baik harus disesuaikan dengan harga dan kebutuhan. Apabila Anda memerlukan bantuan silakan saja chat pada website. Terimakasih.

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang