Home Support

Rahasia Website dapat Muncul di Halaman Pertama Google? Ini Kuncinya!

Tips agar website tampil di halaman pertama Google yaitu harus memilih tema dan domain yang unik, memiliki konten yang berkualitas, mengetahui adanya seo.

rahasia website

Hallo, Bolo JH!

Jika ingin mencari info biasanya kita akan membuka mesin pencarian seperti Google, info yang kita klik biasanya adalah halaman pertama dari mesin pencarian itu. Bagi pembuat website, artikel, atau bahkan pembisis online mendapatkan urutan pertama pada google merupakan hal yang sangat penting, semakin banyak pengunjung maka akan semakin banyak juga peluang website kita menjadi terkenal.

Tetapi untuk mendapatkan peringkat pertama di google bukanlah hal yang mudah, kamu harus mengetahui beberapa tips nya. Okeh, kali ini kita akan membahas Bagaimana Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google

Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google

Tema Dan Domain Yang Unik

tema domain yang unik

Ketika ingin membuat sebuah Website maka menentukan Tema atau Judul merupakan hal yang sangat wajib. Fokus dalam pembuatan Tema atau Judul terletak pada Satu Kunci, hal ini lebih baik dibanding membangun website dengan kata kunci yang beragam, karena ketika berkutat pada Keyword itu saja akan kalah bersaing dan menjadi membosakan.

Selain Tema, pembuatan Domain yang khusus dan unik akan menarik pengunjung karena berbeda dengan website yang lain. Jika terjadi kesamaan pada nama Domain, konten website, ataupun keyword dengan situs website yang lainnya, maka akan berdampak pada peringkat website di Google, yang membuat Google kesulitan menampilkan Website yang telah di tulis ke dalam mesin pencarian.

Konten Artikel yang Berkualitas

konten artikel yang berkualitas

Artikel harus dibuat dengan kualitas isi dan nilai yang berbobot, sehingga akan lebih mudah dikenali Google. Setidaknya Artikel yang dibuat terdiri dari 500 kata atau bahkan lebih 1000 kata, menurut Google, jika semakin panjang isi konten maka kualitas juga akan semakin baik. Google tidak akan bisa membaca Artikel yang berisi konten plagiat sehingga Kata-kata yang ditulis harus merupakan kata-kata sendiri, bukan hasil dari copy-paste artikel lain.

Template

template yang menarik

Template sudah masuk kepada tata letak dan tampilan website yang dibangun. Template sangat penting dan harus diperhatikan jika Website ingin menjadi urutan pertama dalam Google. Maka tampilan yang sederhana dan memiliki kecepatan loading tidak lebih dari 5 detik setiap kali di akses merupakan faktor yang harus di fokuskan.

internal link

Internal Link adalah link penghubung antara satu artikel dengan artikel lain dalam satu website, internal link bertujuan untuk mendapatkan banyak pengunjung, internal link menunjukkan kepada Google bahwa artikel tersebut ada, dan merupakan faktor yang terpenting agar website dapat menjadi urutan teratas Google.

Gunakanlah SEO

kenalan dengan seo

SEO singkatan dari Search Engine Optimization merupakan proses mempengaruhi besarnya Website yang kita buat pada hasil mesin pencari. SEO penting digunakan dalam setiap konten yang dibuat, karena Google akan menampilka website yang kamu buat ketika penggunan internet lain mencari sesuatu yang berhubungan dengan website kamu.

Yuuk kenalan lebih lanjut dengan SEO!

Kenalan dengan SEO!

cover seo

Pengertian SEO menurut Wikipedia, SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui search engine menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan algoritma tertentu. Jika website berada di halaman pertama dalam search engine (baca: Google), dan menempati posisi teratas maka peluang datangnya pengunjung sangat besar. Jika pengunjung website banyak, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapat. Website kamu semakin terkenal, blog kamu semakin banyak yang baca serta jualan kamu semakin laris.

Optimalisasi Kecepatan Akses Website

optimalisasi kecepatan akses website

Ketika membuka website terkadang ada website yang loadingnya terlalu lama, ini juga alasan kenapa website yang kamu buat tidak muncul di halmaan pertama Google. Faktor yang mempengaruhi kecepatam akses ada beberapa misal ukuran gambar yang terlalu besar, dimensi gambar yang cukup besar, script yang berlebihan, tidak memperhatikan cache dan sebagainya.

Optimalisasi Gambar

Faktor pertama yang menggangu kecepatan website adalah ukuran gambar yang sangat besar, untuk itu dipastikan gambar yang ingin ditampilkan telah di optimasikan sebanyak 70-80% dari ukuran aslinya. Aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan kompres seperti Photoshop,Imageoptim atau JPEGMini, dan harus mempunyai format JPEG/ JPG atau PNGdan menggunakan dimensi gamabr yang tepat.

Optimalisasi Cache Browser

Cacche Browser menyimpan hal yang pernah diakses, sehingga penting dalam membuat website memiliki kecepatan akses yang tinggi. Pengguna WordPress dapat menggunakan plguin W3 Total Cache atau W3 Super Cache.

Optimalisasi Script Website

Ada website yang tampilan nya sangat bagus tetapi loadingnya sangat lama, hal ini dikarenakan website tersebut menggunakan berbagai jenis javascript atau CSS. Nah, terlalu banyak penggunaan aplikasi tersebut akan mmpengaruhi kecepatan akses website. Kamu dapat memperkecil ukuran script dengan teknologi minify atau minifying. Selain itu, lakukan satu panggilan ke server untuk mengambil semua script yang ada.

Optimalisasi Mobile

optimalisasi mobile

Hal lain yang harus diperhatikan selain optimalisasi kecepatan website adalah melakukan Optimalisasi Mobile, karena semua orang menggunakan smartphone untuk menamani aktifitas kerja. Maka dari itu, Google sudah menerapkan Mobile First Indexing atau bisa disebut MobileSEO. Metrik digunakan Google untuk menentukan peringkat website di berdasarkan kualitas versi mobile dari website tersebut. Kualitas mobile bisa dilihat dari tampilan versi mobile, performa website ketika dibuka dalam browser mobile serta konten yang ada.

Tampilan Website Versi Mobile

Ketika membuka website dari mobile terkadang kita merasa aneh dengan tampilannya. untuk itu pastikan tampilan untuk mobile sudah diterapkan agar enak di pandang mata, sehingga kostumer lebih mudah melihatnya.

Performa Website

Gambar yang terlalu besar mempengaruhi lamanya waktu loading dalam membuka website di mobile, untuk itu harus dipastikan kualitas gambarnya.

To the Point!

konten yang dibuat harus ringkas, padat, jelas dan to the point langsung ke intinya ya! Isinya jangan terlalu mempersulit, sehingga website kamu akan muncul di halamamn pertama Google

Perhatikan Konten!

Pastikan tulisan yang kamu buat gampang dibaca oleh orang lain, selalu ingat yang membaca adalah manusia bukan robot mesin. Konten harus sangat menarik, jangan sampai karena terlalu mengedepankan SEO maka konten kamu jadi susah dimengerti.

Kamu juga bisa melakukan research keyword dari konten yang ingin ditulis. Selalu berikan link yang sesuai dengan isi konten untuk mendukung apa yang telah ditulis, bisa juga menggunakan beberapa plugin seperti YoastSEO untuk membantumu dalam menuliskan meta description. Kamu bisa juga menggunakan AMP (Accelerated Mobile Pages) agar pengunjung dapat membaca sekilas dan cepat tanpa harus mengunjungi website terlebih dahulu.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang