Home Support

Apa Sih Perbedaan Blog dan Website

perbedaan blog dan website

Banyak orang salah kaprah mengenai dua hal ini, antara blog dan website. Seringkali orang menganggap bahwa keduanya memiliki kesamaan. Namun tahukan Anda bahwa blog dan website ini memiliki karakter yang berbeda.

Dunia teknologi memang terus berkembang dan selalu mengalami perbaikan. Dinamika perkembangan tersebut terus saja berjalan secara dinamis karena wawasan selalu saja bertambah.

Berikut ini ada beberapa kategori agar dapat membedakan blog dan website secara lebih detail.

Pengertian

Berdasarkan pengertian, antara blog dan website tentu saja berbeda. Blog adalah salah satu media guna memberikan informasi pribadi kepada masyarakat umum. Adapun informasi yang bisa dibagikan ini sesuai dengan keinginan pemilik blog. Beberapa pengelola blog yang sudah kita kenal biasanya menyesuaikan isi dengan hobi, misalnya traveller, sepak bola, atau makan. Keberadaan blog ini sempat heboh pada tahun 2007 lalu. Terutama saat Raditya Dika ditawari oleh sebuah penerbit karena suka dengan tulisan yang ada di blog pribadinya. Sontak para blogger baru mulai bermunculan. Seiring perkembangan zaman, apakah keberadaan blog ini sudah mulai dijauhi? Tentu saja tidak. Buktinya, masih banyak beragam tulisan yang muncul setiap hari. Apakah itu hanya berasal dari website? Bukan. Rupanya tulisan itu muncul dari beragam individu yang suka dengan menulis.

Nah, sedangkan website lebih mengarah pada efektivitas bisnis baik itu berupa produk atau jasa. Misalnya perusahaan tertentu memiliki website ini, kemudian toko itu memiliki website itu. Lalu, apakah sebuah website hanya untuk jualan saja? Tentu tidak. Ada beberapa website yang hanya memberikan informasi mengenai perkembangan bidang terkait seperti sekolah A, yayasan B atau kantor pemerintahan tertentu.

Melihat dari pengertian dari keduanya, tentu antara blog dan website memiliki fungsi yang berbeda. Apa saja perbedaan tersebut?

1. Konten

Dari segi konten biasanya sebuah blog berisi tentang cerita keseharian, baik itu berupa informasi, narasi maupun tips. Sedangkan sebuah website biasanya berisi tentang informasi layanan dan jasa

2. Subcribe

Sebuah blog biasanya akan ada notifikasi terkait postingan baru bagi mereka yang subcribe halaman tersebut. Sedangkan untuk sebuah website biasanya subcribe yang terhubung terkait dengan newsletter, promo atau diskon tertentu. Kedua hal tersebut jelas sangat berbeda sehingga Anda dapat membedakan dengan sangat baik.

3. Gaya Bahasa

Blog memiliki gaya bahasa bebas dan santai. Biasanya sebuah blog sering menggunakan bahasa gaul atau hastag tertentu agar semua orang mudah mengingat. Ada juga beberapa blogger yang sengaja membuat jargon tertentu agar lebih dikenal oleh banyak orang. Sedangkan gaya bahasa sebuah website biasanya formal dan tegas. Hal ini sesuai dengan isi konten yang diberikan berupa informasi seputar produk.

4. Update

Sebuah blog biasanya bersifat dinamis karena butuh update konten setiap hari. Sedangkan sebuah website biasanya sifatnya statis karena produk dan layanan tidak butuh update secara berkala. Kecuali jika harga sudah berbeda. Butuh update harga dalam beberapa waktu tertentu.

5. Pengelola

Sebuah blog dikelola oleh individu atau beberapa orang yang sifatnya sebagai penulis. Sedangkan untuk sebuah website biasanya dikelola oleh sebuah tim khusus dari perusahaan terkait.

6. Interaksi

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, masih ada arah komunikasi yang membedakan keduanya. Dalam hal ini, sebuah blog biasanya memberikan interaksi dua arah. Fungsi dari interaksi yang ada di blog tentu saja agar halaman tersebut dapat hidup sehingga informasi yang diberikan memberikan pesan positif kepada pembaca secara luas. Biasanya pembaca akan memberikan reaksi berupa like atau komentar di kolom yang sudah disediakan. Sedangkan website hanya memberikan interaksi satu arah. Adapun fungsi dari interaksi ini untuk dapat memberikan informasi dan solusi terkait layanan dan jasa.

Kesimpulan

Sebuah blog maupun website merupakan halaman yang ada dalam jaringan dunia maya. Tentu saja manfaat dan fungsinya sangat jauh berbeda. Hanya saja, hal utama yang perlu diketahui ialah sebuah blog itu bagian dari website. Sedangkan website belum tentu berupa blog.

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang