Home Support

Plugin Wordfence

wordfence.jpg

Mengenal Lebih Dalam Tentang Wordfence

Banyak sekali pilihan Plugin yang berfungsi untuk mengamankan website, salah satunya adalah Wordfence. Plugin Wordfence ini membuat website yang berbasis wordpress menjadi lebih aman dari serangan yang dapat mengancam website. Plugin ini bekerja dengan mendeteksi sebuah IP yang memiliki potensi untuk melakukan serangan ke website Anda lalu memasukkan IP tersebut ke dalam blacklist.

Keistimewaan Wordfence

wordfence-map.jpg

Pengguna Plugin Wordfence lebih dari tiga juta pengguna di seluruh belahan dunia. Banyaknya pengguna tersebut membuktikan bahwa Wordfence dapat diandalkan untuk melakukan pencegahan terhadap serangan yang mengarah ke website Anda. Sampai dengan saat ini setidaknya 4,5 juta serangan dapat ditangkal dengan plugin Wordfence. Plugin ini juga telah memasukkan sebanyak lebih dari ratusan ribu IP yang disinyalir melakukan serangan ke beberapa website yang telah dipasangi Wordfence.

Wordfence untuk Beberapa Website Sekaligus

Keunggulan lain yang dimiliki oleh plugin Wordfence ini adalah adanya fitur yang memungkinkan untuk melindungi beberapa website sekaligus dalam satu monitoring. Dengan demikian, Anda sebagai pengelola website dimudahkan untuk melakukan monitoring terhadap beberapa website yang Anda kelola tersebut.

Kelebihan Wordfence

Setiap plugin tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari plugin Wordfence jika dibandingkan dengan plugin-plugin keamanan yang lain:

  • Sistem dari Wordfence dapat memblokir sebuah tindakan yang dianggap mengancam website Anda. Data potensi ancaman ini diperbarui secara real time. IP yang berpotensi mengancam juga diperbarui secara real time.
  • Firewall Wordfence bekerja di titik terakhir dari sebuah sistem website sehingga pihak-pihak yang berencana melakukan serangan akan mengalami kesulitan untuk melakukan pemecahan kode-kode rahasia yang telah dibuat oleh plugin Wordfence.
  • Wordfence memiliki program pemindai malware yang terintegrasi dan dapat memblokir permintaan yang menyertakan kode atau konten berbahaya.
  • Website akan dilindungi dari brute force attack (serangan yang membabi buta) dengan membatasi upaya login, memberlakukan kata sandi yang kuat, dan langkah-langkah keamanan login yang lainnya.
  • Pemindaian malware akan memeriksa file inti, tema, dan plugin untuk malware, URL buruk, backdoors, spam SEO, pengalihan berbahaya dan injeksi kode. Sehingga, apabila Anda menginstal tambahan dari pihak ketiga maka akan dipindai terlebih dahulu oleh sistem Wordfence apakah tambahan tersebut berbahaya atau tidak.
  • Plugin ini dapat memperbaiki file yang telah diubah dengan menimpa file-file tersebut dengan versi yang asli.
  • Wordfence dapat memeriksa website Anda untuk mengetahui potensi kerentanan keamanan dan memberi tahu Anda jika ada masalah. Juga memberi tahu Anda tentang masalah keamanan potensi ketika sebuah plugin telah ditutup atau ditinggalkan.
  • Sistem dari Wordfence akan memeriksa keamanan konten Anda dengan memindai konten file, pos, dan komentar untuk URL berbahaya dan konten yang mencurigakan. Siapa tahu terdapat kode-kode mencurigakan dalam file-file tersebut.

Cara Instal Plugin Wordfence

wordfence-pro.jpg

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan plugin Wordfence di wordpress. Cara pertama adalah dengan download folder ZIP dari plugin lalu menguploadnya secara manual ke menu plugin. Cara kedua adalah dengan melalui sub menu Tambah Baru yang ada di menu Plugin yang ada di wordpress. Cara kedua ini sangat mudah dan sangat praktis untuk dilakukan.

Untuk dapat membuat plugin Wordfence ini aktif, maka perlu dilakukan proses instalasi terlebih dahulu. Proses dari awal instalasi hingga tahap akhir cukup mudah dipraktikkan. Beberapa langkah saja untuk memberi rasa aman di wordpress Anda. Ikuti langkah berikut ini untuk mulai mengaktifkan plugin Wordfence.

Instal Melalui Menu Plugin

  1. Masuk ke wordpress: masuk ke wordpress dengan nama akun dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  2. Pilih Menu Plugin: menu ini dapat diakses dari sidebar di sebelah kiri.
  3. Sub Menu Tambah Baru: arahkan kursor ke sub menu Tambah Baru untuk menambahkan plugin baru.
  4. Cari Wordfence: untuk menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan, gunakan fasilitas pencarian (search) yang disediakan oleh wordpress. Tuliskan wordfence di kotak pencarian maka otomatis akan muncul plugin ini di baris teratas.
  5. Pasang dan Aktifkan: setelah plugin muncul, maka langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol Pasang Sekarang. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Lalu klik tombol Aktifkan maka plugin sudah siap digunakan.

Kesimpulan

Plugin Wordfence ini membuat website yang berbasis wordpress menjadi lebih aman dari serangan yang dapat mengancam website. Plugin ini bekerja dengan mendeteksi sebuah IP yang memiliki potensi untuk melakukan serangan ke website Anda lalu memasukkan IP tersebut ke dalam blacklist.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang