Home Support

Cara Mudah Menginstal PHP di VPS

1-background.png

cara mudah menginstal PHP di VPS Apa itu PHP? PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan salah pemrograman berbasis web back-end yang berarti bekerja di sisi server. Beberapa keunggulan PHP adalah : PHP dapat digabungkan dengan HTML, di template website, web management system, CMS (Content Management System) maupun web frameworks. Karena sangat penting pada pengembangan software berbasis web maka PHP adalah salah satu hal yang wajib untuk di instal pada sebuah serer. Berikut adalah cara untuk menginstal php di VPS:

1. Askes VPS via SSH
Hal yang pertama dilkaukan adalah mengakses VPS via SSH. Caranya dengan membuka terminal pada sistem operasi anda kemudian masukan command seperti di bawah ini. Jangan lupa aksesnya menggunakan login root dan juga masukan password yang benar.

ssh root@IP VPS

2. Melakukan Instal PHP \ Setelah proses remote VPS berhasil, anda dapat melakukan instalasi PHP dengan command berikut ini.

Ubuntu/Debian

sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql

Ubuntu/Debian

yum install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql

Jangan lupa ditunggu sampai proses instalasi selesai!

3. Mengubah Urutan index.php
Secara default, yang akan ditampilkan di browser adalah index.html. Untuk itu, anda harus mengubah urutan halam index.php di direktori paling depan. Caranya adalah dengan memberi command

nano /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf

Kemudian pada “direktoryindex”, ubah index.php menjadi di depan seperti urutan berikut :

<IfModule mod_dir.c>
DirectoryIndex index.php index.html index.cgi index.pl index.xhtml index.htm
</IfModule>

4. Restart Apache
Merestart sistem adalah hal yang wajib dilakukan setelah melakukan konfigurasi ulang pada sistem. Caranya adalah dengan melakukan :

service apache2 restart

5. Menguji PHP Jika anda sudah selesai melakukan konfigurasi pada services di PHP anda bisa mengeceknya apakah sistem PHP sudah berjalan atau belum dengan jalan memberikan sebuah file index.php dengan instruksi/komando di bawah ini :

<?
phpinfo();
?>

Jika sistem PHP sudah terinstal dengan baik maka dia akan memberikan info yang terkait dengan server dan spesifikasinya, seperti gambar di bawah ini. 2-phpinfo.png

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang