Home Support

Perlukah Saya Menggunakan SSL?

Ssl adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih

perlukah-saya-membuat-ssl-1

Pernah gak sih mendengar kata SSL? kalo yang pernah denger, sebenernya apa sih yang dimaksud dengan SSL itu sendiri? terus fungsinya dan manfaatnya bagimana? Emang perlu ya saya menggunakan SSL? Okeh pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali di lontarkan ketika baru pertama kali menggunakan Blog maupun website, untuk menjawah pertanyaan tersebut kami akan menjelaskan rincian nya sebagai berikut.

Apakah SSL itu?

Okeh untuk pertama, kita harus tau dulu dong apa yang dimaksud SSL, ada pepatah yang bilang tak kenal maka tak sayang. Okeh siap,lanjut

SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Tujuan utama pemasangan SSL sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi HTTPS dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, dan dengan teknologi enkripsi yang dipakai dapat terlihat identitas pemilik website.

Pada umumnya URL website yang tidak ada SSL akan menggunakan protokol HTTP. Ketika masih menggunakan HTTP, Google secara otomatis menampilkan peringatan Not Secure (tidak aman). Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan HTTP DAN HTTPS?

perlukah-saya-membuat-ssl-2

HTTP (HyperText Transfer Protocol) dan HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure) merupakan protokol yang didesain khusus untuk mentransfer informasi dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet. Perbedaan HTTP dan HTTPS yang paling mencolok adalah dengan penambahan huruf S (Secure).

Penambahan satu huruf yaitu S, sangat penting karena menunjukkan bahwa website tersebut telah dipasang sertifikat SSL. Pemasangan sertifikat SSl ini menunjukkan komputer yang saling berhubungan telah setuju dengan sebuah kode yang mengahalau apapun yang berusaha membaca dan mengambil data yang mereka miliki.

Pertukaran data seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, membeli barang online, serta data-data penting perusahaan akan dienkripsi agar tidak ada oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menggunakan data-data tersebut secara ilegal.

Sedangkan HTTP merupakan versi URL yang tidak aman. Di dalam HTTP tidak terdapat autentikasi sehingga Anda tidak tahu berinteraksi dengan siapa selama berada di jaringan internet. Bisa jadi dia adalah Hacker yang sudah siap untuk menyimpan data-data penting Anda.

Apa Fungsi dan Manfaat SSL?

perlukah-saya-membuat-ssl-4

1. Melindungi Website

Manfaat utamanya adalah melindung Website Anda dari gangguan hacker sehingga melindungi data penting yang ada di halaman website.

2. Adanya Kepercayaan dari visitor

visitor akan percaya kepada anda ketika mengunjungi website. Keamanan bertransaksi yang terjamin Sebagai pemilik website tentu hal ini sangat membantu apabila Anda bertransaksi dengan klien Anda. Apalagi jika Anda memiliki website jenis bisnis, karena Anda dan klien akan sering bertukar informasi penting seperti data pribadi, nomor rekening, dan sebagainya.

3. Mendapat Ranking dari Google

Website yang menggunakan SSL/HTTPS mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google dibanding dengan website yang tidak diproteksi dengan SSL.

4. Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan atau conversion rate di website sebagai hasil dari kepercayaan konsumen yang meningkat.

Perlukah Saya Menggunakan SSL?

perlukah-saya-membuat-ssl-3

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya ada dua argumentasi yang akan kita bahas yaitu yang mengatakan tidak perlu dan mengatakan perlu.

Argumentasi Yang Mengatakan Tidak Perlu

Google mempunyai sistem perangkingan, tapi perangkingan tersebut bukan hanya terletak dari SSL saja. Tapi banyak faktor yang menentukan. Banyak sekali posisi web yang bagus tanpa menggunakan SSL.

Secured atau tidaknya sebuah website tidak dapat di generalkan bahwa website yang menggunakan SSL itu lebih secured sedangkan yang tidak menggunakan SSL itu tidak secured. Secured atau tidaknya website tergantung daripada aplikasi yang terdapat di dalamnya dan apakah website tersebut menyimpan data personal yang tidak boleh di ketahui publik atau tidak.

Jadi jika website Anda hanya website biasa semacam company profile, blog atau bahkan toko online yang tidak menyimpan data privacy pelanggan maka tidak menggunakan SSL pun bukan masalah besar.

Argumentasi yang Mengantakan Perlu

Menjaga informasi sensitif selama proses pengiriman melalui internet merupakan alasan utama kenapa SSL diperlukan. Proses pengiriman informasi di internet membutuhkan perjalanan dari komputer ke komputer untuk sampai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Adanya sertifikat SSL, maka informasi tersebut tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Sehingga informasi tersebut dilindungi dari hackers dan pencuri identitas.

Kesimpulan

Semua kembali kepada kebutuhan website itu sendiri, karena tujuan awal di buat SSL adalah untuk membuat website aman, sehingga apabila kegunaan dari website tersebut untuk menyimpan data pelanggan maka pemasangan SSL sangatlah penting. Tapi jika kegunaan website hanya website biasa, maka tidak apa-apa jika tidka menggunakan SSL dan tidak akan menimbulkan apa-apa.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang