Home Support

Virtualisasi KVM

Virtualisasi merupakan suatu teknik untuk menyembunyikan karakter fisik dari sumber daya komputer atau pengguna yang berinteraksi dengan sumber daya tersebut

kvm

Pengertian Virtualisasi KVM

Virtualisasi merupakan suatu teknik untuk menyembunyikan karakter fisik dari sumber daya komputer atau pengguna yang berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Jadi, Virtualisasi merupakan suatu teknologi yang membuat sistem yang bekerja dalam mesin virtual.

Misalnya 1 komputer yang terdapat 1 OS utama (misalnya Windows 10). Lalu di dalam OS tersebut terdapat beberapa mesin virtual (komputer) dengan berbagai sistem operasi(OS) didalamnya. Misalnya Ubuntu Linux, Windows 8 dan sebagainya. Orang- orang biasa menyebutnya dengan komputer di dalam komputer. Sama halnya dengan VPS. Komputer yang menjadi komputer induk digunakan untuk membuat server. Sehingga mesin virtual yang berada di dalamnya disebut Virtual Server. Virtual Server akan berjalan pada suatu server induk yang biasa disebut Node/ Hypervisor.

Pembahasan kali ini mengenai teknologi virtualisasi KVM pada VPS Apa itu teknologi virtualisasi KVM ? KVM merupakan singkatan dari Kernel Based Virtual Machine (KVM). Mesin virtualnya berdasar dari kenel server. KVM menyebabkan user dapat leluasa menggunakan OS apapun yang mereka inginkan seperti linux, windows maupun yang lainnya. Oleh karena itu, virtualisasi KVM ini dikenal pula dengan istilah semi dedicated server.

KVM mempunyai performa yang baik karena KVM berdiri sendiri dan tidak menggangu VPS lain. Namun jika ingin merubah ukuran RAM, HDD dan lain sebagainya (setup), maka VPS ini harus direstart terlebih dahulu, harga yang ditawarkan oleh penyedia KVM biasanya lebih mahal karena VPS KVM tidak dapat melakukan overselling.

Keunggulan Teknologi Virtualisasi KVM ?

  1. Lebih Efisien Tipe KVM ini merupakan bentuk virtualisasi paling efisien karena aktivitas dari satu Virtual Server tidak akan berpengaruh terhadap Virtual Server yang lain dalam satu Hypervisor.
  2. Memiliki RAM dan CPU sendiri Setiap user memiliki RAM dan CPU nya masing- masing. Sehingga kinerja masing masing VPS (Virtual Server) tidak akan mengganggu aktivitas VPS lain.
  3. Penggunana sistem operasi yang bermacam-macam Dapat menggunakan bermacam- macam sistem operasi seperti Linux atau Windows
  4. Cocok digunakan untuk website yang membutuhkan resource tinggi
  5. Cocok digunakan untuk website yang ramai pengunjung tiap harinya

Semakin tinggi ukuran RAM dan core CPU maka performa Virtual Server menjadi lebih tinggi. Semakin besar ukuran SSD, maka semakin besar pula kapasitas penyimpanan file (storage) yang anda miliki. Dan semakin besar bandwidth, tentu saja akses VPS menjadi semakin cepat. Dengan teknologi virtualisasi KVM akan membuat performa Virtual Server anda menjadi cepat dan mumpuni. Karena, server merupakan jantung dari website maka jangan salah dalam memilih VPS atau Hosting Jangan sampai website down pada saat traffic pengunjung tinggi. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi bisnis anda!

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang