Home Support

Cara Mudah Menginstal Apache di VPS

Apache adalah software web server yang bersifat gratis dan open-source. Web server ini telah menjadi platform dari 46% website di seluruh dunia.

jogjahost-mysql-1

Cara Mudah Menginstal Apache di VPS
Apa itu Apache? Apache merupakan software web server yang bersifat gratis dan open-source. Web server ini telah menjadi platform dari 46% website di seluruh dunia. Nama resminya merupakan Apache HTTP Server dan software ini dikelola oleh Apache Software Foundation.

Di Jogjahost, infrastruktur web-hosting kami menggunakan Apache. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa melakukan instalasi Apache pada Web-Server.Lantas bagaimana caranya menginstal Apachee di VPS? Langsung saja ikuti panduan di bawah ini :

1. Akses VPS Via SSH

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan melakukan login ke dalam sistem VPS anda dengan jalan mengaksesnya lewat remote VPS via SSH. Jangan lupa bahwa akses SSH di VPS menggunakan login root!

ssh root@IP VPS

2. Melakukan Instalasi Instalasi Web-Server Apache Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan instalasi Apache. Caranya adalah dengan memberi perintah pada terminal sebagai berikut :

$sudo apt-get update

Perintah tersebut dilakukan untuk melakukan check pada repository Ubuntu. Kemudian diikuti dengan perintah berikut :

$sudo  install apache2

Perintah di atas merupakan perintah utama untuk melakukan instalasi Apache pada sistem VPS. Ketika proses instalasi berjalan, Anda akan diminta untuk memilih paket apa saja yang perlu diinstal dan menginputkan disk yang ingin Anda gunakan. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan kebutuhan sistem yang akan di-build up.

Setelah proses instalasi Apache selesai, anda bisa memastikan bahwa Apache telah benar-benar terinstal di sistem VPS anda. Caranya adalah dengan menuliskan alamat IP VPS pada browser anda :

http://<your_vps_ip_address_here>

contoh -> http://10.11.12.13

Selanjutnya, browser akan mengakses halaman index pada Apache Default Page.

jogjahost-mysql-1

Sekian untuk tutorial berikut ini, terima kasih, selamat mencoba!


Jika Anda masih mengalami kendala setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tim support dari Jogjahost dengan senang hati membantu Anda. Kami siap dihubungi 24 jam dalam sehari, 365 hari dalam setahun untuk membantu mengatasi masalah Anda. Silahkan hubungi kami dengan cara Klik di Sini.

support

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang