Home Support

Cara Mudah Menginstal Mysql di VPS

Mysql adalah sebuah salah satu jenis database yang populer dari masyarakat. Menurut Insight Stackoverflow, database MySQL digunakan sekitar kurang lebih 55,6% pada tahun 2017 terakhir.

jogjahost-mysql-1

Cara Mudah Menginstal Mysql di VPS
Apa itu Mysql? Mysql adalah sebuah salah satu jenis database yang populer dari masyarakat. Menurut Insight Stackoverflow, database MySQL digunakan sekitar kurang lebih 55,6% pada tahun 2017 terakhir. Selain bersifat easy use, anda dapat mendapatkan software MySQL secara gratis. Kabar baiknya adalah anda bisa menginstal MySQL dengan mudah di VPS. Bagaimana caranya? Langsung aja ikuti panduin di bawah ini :

1. Akses VPS Via SSH

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan melakukan login ke dalam sistem VPS anda dengan jalan mengaksesnya lewat remote VPS via SSH. Jangan lupa bahwa akses SSH di VPS menggunakan login root!

ssh root@IP VPS

2. Melakukan Install MySQL

Ketika anda sudah melakukan proses login dengan benar maka anda bisa langsung melakukan instalasi MySQL. Adapun cara melakukan instalasi MySQL yaitu :

a. Ubuntu/Debian

sudo apt-get install mysql-server

b. CentOS

yum install mysql-server

Tunggu hingga proses instalasi MySQL selesai. Di tengah-tengah proses instalasi tersebut, anda harus memasukan password MySQL untuk username admin/root. Silahkan masukkan password yang anda inginkan. Untuk berpindah ke tombol <Ok>, silahkan gunakan tombol tab (anda tidak bisa menggunakan pointer mouse) pada keyboard lantas enter.

jogjahost-mysql-1

Kemudian jangan lupa untuk menulis ulang password MySQL (melakukan konfirmasi), dan sekali lagi anda harus menggunakan tab untuk pindah ke <Ok>. Tunggu hingga proses instalasi, dan jangan lupa juga untuk memastikan koneksi internet.

jogjahost-mysql-2

3. Uji Coba MySQL di VPS

Setelah proses instalasi MySQL selesai, anda bisa melakukan uji coba (apakah services pada MySQL sudah bisa diakses atau tidak). Silahkan menggunakan komando di bawah ini

mysql -u root -p

Tunggu beberapa saat, maka akan muncul seperti gambar berikut ini.

jogjahost-mysql-3

Yang berarti adalah, services MySQL anda sudah bisa diakses. Sebenarnya, anda bisa melakukan Query pada tahap ini. Anda bisa melakukan SELECT, DROP, ALTER dan sebagainya. Namun demikian, anda tidak bisa melakukan query langsung ke daam konsol karena anda memerlukan pengetahuan lebih terkait dengan database. Karena itu, jika query salah maka akibatnya sangat fatal. Untuk itu, dari pada melakukan query secara manual di sini, telah disediakan platform PHPMyAdmin untuk melakukan konstruksi database yang lebih mudah. Untuk keluar dari mode MySQL, silahkan ketikan :

exit

Sekian untuk tutorial berikut ini, terima kasih, selamat mencoba!


Jika Anda masih mengalami kendala setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tim support dari Jogjahost dengan senang hati membantu Anda. Kami siap dihubungi 24 jam dalam sehari, 365 hari dalam setahun untuk membantu mengatasi masalah Anda. Silahkan hubungi kami dengan cara Klik di Sini.

support

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang