Home Support

Instal OS di VPS

Operating System atau biasa disebut OS adalah sebuah program yang didesain untuk melakukan pekerjaan yang telah didesain khusus untuk keperluan tertentu.

instal os di vps

VPS merupakan pilihan yang dapat diambil bagi Anda yang ingin memiliki hosting. Anda dapat memiliki sebuah hosting personal denagn beragam kelebihan di dalamnya. Jika dibandingkan dengan Shared Server, VPS justru lebih handal dan lebih fleksibel. Selain itu, VPS juga memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Dedicated Server.

Sebelum Anda menggunakan VPS sebagai pilihan hosting, tentunya Anda akan diharuskan melakukan proses instal operating system agar VPS dapat beroperasi. Langkah yang dituliskan di dalam artikel ini dapat Anda jalankan dengan cepat karena memang sejatinya proses instal OS di VPS dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menikmati layanan VPS.

Daftar OS VPS JogjaHost

Sebelum Anda melakukan order VPS di JogjaHost, alangkah lebih baiknya jika Anda mengenal lebih mendalam beberapa OS yang disediakan oleh JogjaHost. OS yang tersedia di VPS JogjaHost tersedia dengan beberapa pilihan dan dengan fasilitas tertentu sesuai pilihan tersebut. Setelah membaca dan memahami OS apa saja yang tersedia, maka Anda dapat menentukan pilihan untuk menggunakan OS mana yang memenuhi kebutuhan Anda.

Centos 7 64Bit

Centos adalah akronim dari Community Enterprise Operating System. OS ini dikelola oleh The CentOS yang berafilisasi dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Versi pertama dari Centos dirilis pada tahun 2014 yang lalu dengan versi Centos 2. Saat ini Centos telah berkembang pesat sehingga versinya yang terkini adalah Centos 7 yang dapat berjalan di versi 32 bit dan 64 bit.

Debian 9 x64

Debian dikembangkan oleh sebuah komunitas yang di dalamnya terdapat orang-orang dengan keresahan yang sama. Mereka ingin menciptakan sebuah operating system yang tidak berbayar sehingga dapat digunakan oleh banyak orang di dunia. Debian menggunakan kernel Linux dan juga kernel FreeBSD. JogjaHost menyediakan OS Debian dengan versi terbarunya, yaitu Debian 9 yang stabil jika dibandingkan versi yang lebih lama.

Fedora 23 x64

Sama seperti Centos, Fedora juga merupakan sebuah OS yang disponsori oleh Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Para pengembang Fedora bertujuan untuk memberikan sebuah operating system gratis untuk semua orang. Versi pertama dari Fedora adalah Fedora 2 yang dirilis pada tahun 2004 dengan nama Fedora 2 Yarrow. Saat ini, JogjaHOst menawarkan OS Fedora versi 23 untuk menunjang VPS para costumer.

OpenSuse 42.1 x64

OS ini dikembangkan oleh openSUSE Project yang berawal dari tahun 2005. Pada awalnya, OS ini bernama SUSE Linux. Versi pertama dari openSUSE adalah SUSE Linux 10. Hingga saat ini, openSUSE terus berkembang dengan versi terbarunya yang terbagi menjadi dua kategori berdasarkan target market yang ingin dituju, yaitu openSUSE Tumbleweed dan openSUSE Leap.

Keempat OS yang telah dibahas tersebut dapat digunakan dengan baik untuk VPS. Tampilan interface dari OS tentunya tidak sama satu sama lainnya. Masing-masing operating system memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan tetap tergantung pada Anda sebagai user. Setiap user memiliki preferensi masing-masing untuk memilih OS VPS.

Pilihan Paket SSD VPS di JogjaHost

JogjaHost memberikan penawaran paket VPS terbaik di kelasnya. VPS di JogjaHost telah terbukti handal dalam urusan penyediaan server bagi website. Saat ini setidaknya terdapat 4 pilihan paket VPS di JogjaHost. Paket ini dimulai dari RAM berkapasitas 2 GB dan SSD 40 GB hingga RAM berkapasitas 8GB dengan SSD sebesar 160 GB. Berikut ini sedikit penjelasan tentang pilihan paket VPS yang ditawarkan oleh JogjaHost.

SSD VPS 2 GB

Paket SSD VPS 2 GB memberikan penawaran dengan detail sebagai berikut: 2 CPU Core, RAM dengan kapasitas 2 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 40 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4 dengan menggunakan data center yang berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 2 GB ini per bulannya adalah Rp 750.000 dengan biaya pendaftaran sebanyak Rp 200.000 yang dibayarkan satu kali saat pertama kali order.

SSD VPS 4 GB

Paket SSD VPS 4 GB menawarkan paket dengan detail sebagai berikut: 4 CPU Core, RAM dengan kapasitas 4 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 60 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4 dengan menggunakan data center yang berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 4 GB ini per bulannya adalah Rp 1.250.000. Biaya pendaftaran untuk paket ini sebesar Rp 200.000 yang Anda bayarkan satu kali saat pertama kali melakukan order.

SSD VPS 8 GB

Paket SSD VPS 8 GB menawarkan paket dengan detail sebagai berikut: 8 CPU Core, RAM dengan kapasitas 8 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 80 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4, dan menggunakan data center yang berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 8 GB ini per bulannya adalah Rp 2.250.000. Biaya pendaftaran untuk paket ini sebesar Rp 200.000 yang Anda bayarkan satu kali saat pertama kali melakukan order VPS.

SSD VPS 16 GB

Paket SSD VPS 8 GB menawarkan paket dengan detail sebagai berikut: 8 CPU Core, RAM dengan kapasitas 16 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 160 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4 yang menggunakan data center berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 16 GB ini per bulannya adalah Rp 4.000.000. Biaya pendaftaran untuk paket ini sebesar Rp 200.000 yang Anda bayarkan satu kali saat pertama kali melakukan order di.

Instal OS di VPS

Proses Instal OS di VPS sangat mudah. Jogjahost menyediakan pilihan paket VPS dengan layanan terbaik. Layanan VPS yang ditawarkan oleh JogjaHost beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Harga yang ditawarkan JogjaHost untuk VPS bersaing dengan berbagai layanan terbaik yang dapat Anda nikamati. Langkah-langkah di bawah ini dapat Anda ikuti untuk melakukan proses instal OS di VPS yang akan Anda pesan.

1. Sign Up di JogjaHost

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan proses pendaftaran atau Sign Up sebagai member di JogjaHost. Banyak keuntungan yang Anda dapat rasakan jika melakukan proses pendaftaran di JogjaHost. Sebagai member JogjaHost, Anda akan mendapatkan penawaran menarik berupa potongan harga terhadap layanan yang akan Anda pesan.

2. Pilih Menu Server > SSD VPS

Setelah proses Sign Up, arahkan kursor Anda pada menu Server yang ada di bagian header website. Di menu Server tersebut terdapat dua pilihan yang dapat anda gunakan, yaitu SSD VPS dan Dedicated Server. Jika Anda menghendaki menggunakan VPS, maka pilih SSD VPS. Namun, jika Anda ingin menggunakan layanan Dedicated Server, Anda dapat menggunakan pilihan Dedicated Server.

3. Lakukan Proses Order VPS

JogjaHost menawarkan produk VPS dengan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Layanan VPS di JogjaHost ditangani oleh para profesional yang handal dan telah memiliki banyak pengalaman di dalam bidang VPS. Anda dapat menikmati layanan yang maksimal dengan memesan VPS di JogjaHost. Cermati pilihan yang tersedia, termasuk dengan pilihan OS yang akan Anda gunakan sebelum melakukan penyelesaian order.

4. Proses Akhir

Langkah terakhir adalah melakukan proses pembayaran. Pastikan bahwa Anda telah memilih paket yang tepat. Anda diharapkan teliti dalam membaca semua pilihan yang ada di dalam paket yang Anda pilih. Setelah Anda menyelesaikan proses pembayaran, maka secara otomatis OS telah aktif di VPS yang telah Anda bayar. Anda tidak perlu melakukan proses instal manual dan dapat langsung menggunakan layanan VPS tersebut.

Instal Ulang OS di VPS

Sebelumnya, Anda telah memilih menggunakan VPS dengan OS tertentu yang ada di dalamnya. Seiring berjalannya waktu, Anda ingin mengubah OS karena menemukan sebuah ketidakcocokan dengan OS yang telah Anda instal sebelumnya. OS baru yang akan Anda instal memiliki kelebihan yang tidak terdapat di OS lama. Anda juga menemukan beberapa kekurangan dengan menggunakan OS yang lama.

Jika demikian yang Anda rasakan, Anda tidak perlu risau dan khawatir. Anda dapat melakukan proses instal ulang OS untuk VPS yang Anda gunakan. Namun, sebelum melakukan instal ulang, pastikan bahwa Anda telah melakukan backup data. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki persiapan yang lebih matang apabila OS baru terjadi kesalahan maupun kegagalan dalam proses instalasi. Barikut ini cara untuk instal ulang OS di VPS:

1. Log In ke Member Area JogjaHost

Menu untuk Log In terdapat di bagian header sebelah kanan website JogjaHost. Untuk lebih memudahkan Anda, klik Log In. Masukkan username dan password scara tepat agar Anda dapat masuk ke Member Area JogjaHost. Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat melakukan reset ulang password dengan mengikuti Link Berikut Ini.

2. Masuk ke Service

Setelah berhasil Log In, maka Anda diharapkan menuju bagian Service. Di bagian tersebut, Anda akan menjumpai layanan apa saja yang aktif. Di dalam menu Service tersebut, JogjaHost menyediakan bagian berupa manajemen VPS. Di manajemen VPS itulah, Anda dapat melakukan proses instal ulang. Anda dapat memilih OS baru yang menurut Anda dapat memberi nilai lebih daripada OS sebelumnya.

3. Tahap Akhir

Tunggu beberapa saat sampai OS terinstal sempuran di VPS Anda. Pastikan koneksi internet Anda lancar dan dapat diandalkan. Koneksi yang lambat akan mengganggu proses instal ulang OS. Perlu diperhatikan juga, bahwa lebih baik untuk Anda melakukan backup data terhadap OS lama.

Jika Anda masih mengalami kendala setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tim support dari JogjaHost dengan senang hati membantu Anda. Kami siap dihubungi 24 jam dalam sehari, 365 hari dalam setahun untuk membantu mengatasi masalah Anda. Silahkan hubungi kami dengan cara Klik di Sini. Nikmati banyak kemudahan dengan mempercayakan hosting Anda bersama JogjaHost. JogjaHost memastikan layanan yang kami berikan akan maksimal untuk menjaga kepuasan Anda.

support

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang