Home Support

Mengenal Virtual Server JogjaHost

Visrtual Private Server atau bisa disingkat VPS adalah sebuah layanan yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah server yang handal dan dapat diandalkan.JogjaHost memberikan layanan VPS terbaik untuk Anda dengan harga yang terjangkau untuk semua.

mengenal vps jogjahost

Menggeluti sebuah bisnis online merupakan suatu pekerjaan yang menyenangkan. Bisnis online dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Anda dapat mengerjakannya di rumah tanpa harus meninggalkan keluarga. Waktu yang fleksibel membuat Anda leluasa mengatur ritme pekerjaan. Dari bisnis online pula, banyak potensi membuka lapangan pekerjaan untuk membantu memberi dampak positif bagi sesama.

Bisnis online juga membutuhkan infrastruktur yang tentunya juga bersifat online. Salah satu infrastruktur online yang Anda butuhkan untuk melakukan bisnis online adalah sebuah server. Server dibutuhkan untuk menampung semua data-data Anda secara online. Data-data ini termanifestasi seperti katalog produk, informasi pribadi konsumen, detail transaksi, dan masih banyak lagi lainnya.

Pengertian VPS

Sebuah server sangat menentukan jalannya bisnis online yang Anda geluti. Server yang tidak kuat menampung banyaknya informasi maka secara otomatis akan menimbulkan kekacauan di mana-mana. Transaksi yang seharusnya dapat berjalan dengan semestinya harus terhambat karena adanya kesalahan yang terjadi di server. Hal ini sungguhlah merupakan kerugian tersendiri untuk keberlangsungan bisnis Anda.

VPS merupakan salah satu jenis teknologi server yang banyak digunakan di seluruh dunia. Istilah VPS juga bisa disebut dengan VDS (Virtual Dedicated Server). VPS memberikan layanan server secara virtual dan didedikasikan secara khusus untuk penyewa jasanya. VPS dapat menampung banyaknya traffic yang mengunjungi website Anda. Traffic yang tinggi merupakan salah satu pertanda baik untuk perkembangan bisnis Anda.

Pada dasarnya, konsep VPS dapat diilustrasikan sebagai mesin virtual yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. sama seperti komputer dalam bentuk fisik terpisah yang didedikasikan untuk satu orang. VPS menyediakan fungsi dan keamanan privasi yang sama dengan komputer fisik pada umumnya. Beberapa VPS dapat diinstal pada satu server fisik dengan masing-masing VPS menjalankan sistem operasinya sendiri.

Sebuah VPS dapat diperuntukkan untuk beragam kebutuhan si penyewa jasa. Beberapa hal yang dapat dikerjakan oleh VPS: untuk keperluan perangkat lunak server website, program File Transfer Protocol (FTP), program server email dan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi untuk blogging, vlogging, hingga e-commerce.

VPS juga berfungsi untuk menghubungkan layanan shared server dan layanan dedicated server dengan mengisi kekosongan di antara keduanya. Pada praktiknya, dedicated server dapat memiliki salinan sistem operasinya sendiri. VPS memberikan akses kepada penggunanya dalam sistem operasi. VPS memungkinkan pengguna untuk menginstal segala jenis perangkat lunak yang mampu berjalan pada sistem operasi yang telah terinstal di VPS.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, sejumlah besar perusahaan menawarkan layanan VPS dengan biaya yang bersaing secara sehat antara satu web hosting dengan web hosting lainnya. Web hosting hanya menyediakan akses menuju penyedia VPS. Tanggung jawab terhadap VPS sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari penggunanya.

Ambil Diskon VPS Sekarang Juga

Cara Kerja VPS

Pada dasarnya, istilah Server adalah istilah yang merujuk kepada sebuah komputer yang menjadi tempat untuk menyimpan file dan database yang diperlukan untuk website Anda. Setiap kali pengunjung mengakses website Anda, browser mengirim permintaan ke server lalu mentransfer file yang diperlukan.

Dengan penggunaan teknologi virtual, penyedia hosting Anda memasang lapisan virtual di atas operating system (OS) server. Layer ini membagi server menjadi beberapa partisi dan memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri.

VPS adalah virtual dan bersifat pribadi karena Anda memiliki kontrol penuh terhadap keseluruhan isinya. Satu VPS dipisahkan dari pengguna server lain di level OS. Teknologi VPS mirip dengan membuat partisi di komputer Anda sendiri ketika Anda ingin menjalankan lebih dari satu OS (mis. Windows dan Linux) tanpa reboot.

Menjalankan VPS membuat Anda dapat mengatur website dalam wadah yang aman dengan sumber daya (memori, ruang disk, inti CPU, dll.) yang telah dijamin dan tidak harus Anda bagikan dengan pengguna lain. Dengan hosting VPS, Anda memiliki akses tingkat root yang sama seperti jika Anda menyewa server khusus, tetapi dengan biaya yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan dedicated server.

Perbedaan VPS, Shared Server, dan Dedicated Server

Selain VPS, JogjaHost juga menawarkan server dengan jenis shared hosting dan dedicated server. Ketiga jenis ini berbeda satu sama lain. Masing-masing server memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Namun, pada dasarnya ketiga server tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu menjadi tempat menyimpan database website.

Shared hosting adalah solusi untuk Anda yang mempunyai website dengan traffic yang masih rendah. Shared hosting biasanya adalah titik awal dari kebanyakan bisnis kecil dan blogger. Dengan shared hosting, Anda membagi server fisik yang sama dengan sejumlah klien lain dari perusahaan hosting. Anda tidak mendapatkan sumber daya khusus yang dialokasikan untuk Anda, karena website Anda berjalan pada sistem operasi yang sama dengan orang lain.

Memori dan daya komputer yang dapat digunakan website Anda dipengaruhi oleh kebutuhan pengguna layanan lainnya. Misalnya, jika ada peningkatan jumlah traffic secara tiba-tiba di website yang dihosting di server yang sama, waktu buka halaman website Anda akan semakin lama. Anda tidak dapat memilih sistem operasi dan perangkat lunak server lainnya, karena semua pengguna menggunakan konfigurasi yang sama.

Anda dapat menganggap shared hosting sebagai sebuah aula yang digunakan banyak orang. Anda tidak dapat mendekor aula secara leluasa. Jika diilustrasikan, Anda yang menggunakan VPS memiliki kamar sendiri di mana Anda dapat menyesuaikan kamar tersebut sesuai dengan keinginan.

Kaetika memilih dedicated server, itu berarti Anda menyewa seluruh server fisik untuk Anda. Dedicated server cocok untuk Anda yang memiliki website dengan traffic tinggi karena dedicated server aksesnya cepat, fleksibel, dan dapat disesuaikan sepenuhnya. Namun, layanan ini masih mahal. Sehingga tidak cocok untuk semua orang, terutama jika Anda memiliki situs website dengan traffic kecil atau menengah.

VPS memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri sistem operasi dan aplikasi server yang akan Anda gunakan, dedicated server memiliki satu kelebihan jika dibandingkan VPS. Dedicated server tidak hanya memungkinkan Anda mengkonfigurasi perangkat lunak tetapi juga perangkat keras. Anda dapat meletakkan dedicated server di suatu tempat yang Anda inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan VPS. VPS memberikan kelancaran traffic untuk Anda yang memiliki website dengan pengunjung yang jumlahnya banyak. VPS juga dapat Anda setting sendiri sistemnya. Berikut ini penjabaran beberapa keuntungan lain yang Anda rasakan ketika menggunakan VPS di JogjaHost.

  • Salah satu keuntungan menggunakan VPS jika dibaningkan dengan layanan hosting web lainnya adalah Anda memiliki akses penuh ke OS VPS. Dengan demikian, izin root atau administrator yang tidak terbatas. Tingkat akses ini memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi VPS untuk memenuhi persyaratan unik sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Anda juga dapat memilih untuk menentukan hosting layanan tambahan di server. Layanan tambahan untuk VPS seperti situs File Transfer Protocol (FTP), server email, dan aplikasi khusus untuk kebutuhan lainnya seperti e-commerce dan blogging.
  • Keuntungan lain menggunakan VPS adalah memungkinkan Anda untuk membuat hosting beberapa website sekaligus. Sebagai contoh adalah sebagai berikut, sebuah organisasi dapat membuat host website produksinya dan website research and development pada VPS yang sama.
  • VPS lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada shared hosting.
  • Karena sumber daya server seperti memori atau daya pemrosesan dijamin, maka tidak ada fluktuasi minimum ke sumber daya yang tersedia.
  • Masalah dan lonjakan traffic kunjungan dari pengguna server lain tidak memengaruhi website Anda.
  • Anda mendapatkan akses superuser (root) ke server milik Anda sendiri.
  • Anda mendapatkan privasi yang lebih baik, karena file dan database Anda dikunci dari pengguna server lain..

Banyak keuntungan yang dapat Anda nikmati ketika sudah memutuskan untuk menggunakan VPS sebagai layanan server. Namun, VPS juga memiliki sisi kelemahan. Beberapa kelemahan VPS jika dibandingkan dengan produk server lainnya adalah

  • Hal pertama yang menjadi kekurangan VPS adalah karena harganya yang bisa dibilang cukup mahal untuk bisnis dengan skala kecil. Jika dibandingkan dengan shared hosting, harga VPS bisa mencapai tiga kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting. Pastinya hal ini memberatkan bagi Anda yang masih dalam tahap awal membangun website dan belum memiliki revenue yang besar.
  • Selain harga yang mahal, VPS memerlukan pengetahuan yang lebih mendalam. Banyak aspek teknis yang harus diperhatikan ketika menggunakan VPS. Hal teknis seperti tentang operating system (OS) yang digunakan di dalam VPS, faktor security agar database aman, dan masih banyak lagi faktor teknis lainnya.
  • Jika salah urus dalam hal teknis, kemungkinan besar VPS Anda akan mudah terjadi kebocoran database. Apabila hal ini terjadi, maka Anda akan dihadapkan pada sebuah potensi kerugian besar yang dapat mengganggu jalannya bisnis Anda.

Baca juga Konfigurasi Dasar VPS

Paket VPS JogjaHost

JogjaHost sebagai web hosting terbaik di Indonesia memberikan penawaran paket VPS yang menarik untuk Anda. Terdapat 4 pilihan paket VPS di JogjaHost. Pilihan paket VPS mulai dari RAM dengan kapasitas 2 GB dan SSD dengan kapasitas 40 GB. Teliti lebih dalam lagi kebutuhan Anda sebelum menentukan sebuah layanan VPS di JogjaHost. Berikut ini sedikit penjelasan tentang pilihan paket VPS yang ditawarkan oleh JogjaHost.

Paket SSD VPS 2 GB

Paket SSD VPS 2 GB memberikan penawaran dengan detail sebagai berikut: 2 CPU Core, RAM dengan kapasitas 2 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 40 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4 dengan menggunakan data center yang berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 2 GB ini per bulannya adalah Rp 750.000 dengan biaya pendaftaran sebanyak Rp 200.000 yang dibayarkan satu kali saat pertama kali order.

Paket SSD VPS 4 GB

Paket SSD VPS 4 GB menawarkan paket dengan detail sebagai berikut: 4 CPU Core, RAM dengan kapasitas 4 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 60 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4 dengan menggunakan data center yang berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 4 GB ini per bulannya adalah Rp 1.250.000. Biaya pendaftaran untuk paket ini sebesar Rp 200.000 yang Anda bayarkan satu kali saat pertama kali melakukan order.

Paket SSD VPS 8 GB

Paket SSD VPS 8 GB menawarkan paket dengan detail sebagai berikut: 8 CPU Core, RAM dengan kapasitas 8 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 80 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4, dan menggunakan data center yang berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 8 GB ini per bulannya adalah Rp 2.250.000. Biaya pendaftaran untuk paket ini sebesar Rp 200.000 yang Anda bayarkan satu kali saat pertama kali melakukan order VPS.

Paket SSD VPS 16 GB

Paket SSD VPS 8 GB menawarkan paket dengan detail sebagai berikut: 8 CPU Core, RAM dengan kapasitas 16 GB,, SSD DISK Space dengan kapasitas 160 GB, Unlimited Bandwidth, Anda juga akan mendapatkan satu ip4 yang menggunakan data center berada di Indonesia. Biaya yang dikenakan per bulan untuk paket SSD VPS 16 GB ini per bulannya adalah Rp 4.000.000. Biaya pendaftaran untuk paket ini sebesar Rp 200.000 yang Anda bayarkan satu kali saat pertama kali melakukan order di.

Order Paket SSD VPS JogjaHost

Alasan Memilih VPS JogjaHost

JogjaHost merupakan perusahaan web hosting yang telah berpengalaman dalam bidangnya. JogjaHost telah melayani ratusan klien dalam memajukan bisnisnya melalui bidang online. Percayakan VPS Anda bersama JogjaHost. Banyak keuntungan yang Anda dapatkan dengan mempercayakan urusan VPS anda bersama JogjaHost.

Keuntungan memilih VPS di JogjaHost

  • Produk VPS yang berkualitas.
  • Pilihan paket yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda.
  • Harga yang terjangkau.
  • Beragam diskon dan potongan harga.
  • Didukung oleh tim support yang siap membantu Anda 24 jam.

Diskon VPS

Jika Anda masih merasakan keraguan untuk memutuskan, tim support JogjaHost siap membantu Anda memilih paket VPS yang sesuai kebutuhan Anda. Silahkan hubungi JogjaHost dengan cara Klik di Sini. Nikmati banyak kemudahan dengan mempercayakan hosting Anda bersama JogjaHost. JogjaHost memastikan layanan diberikan akan maksimal untuk menjaga kepuasan Anda.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang