Home Support

Cara Mudah Melakukan Remote pada VPS-Jogjahost Menggunakan Putty

VPS memang lebih powerful dibandingkan dengan Hosting biasa. Remote VPS berguna agar anda dapat melakukan konfigurasi dan pengaturan di Virtual Server sesuai kebutuhan

jogjahost-mysql-1

Sudah tahu apakah itu VPS dan kelebihannya bukan? Yah, memang benar VPS memang lebih powerful dibandingkan dengan Hosting biasa. Tidak seperti pada hosting biasa yang memiliki fitur yang sangat terbatas, dengan menggunakan VPS, Anda bisa mendapatkan hak kuasa penuh atas server seperti mengubah sitem operasi, menginstal beberapa perangkat lunak pada VPS, melakukan set up konfigurasi pada VPS dan lain-lain. Pada panduan kali ini akan dijelaskan bagaimana caranya melakukan remote VPS menggunakan terminal pada Linux.

Mengenal sistem remote di VPS
Melakukan sistem remote dapat diartikan bahwa kita mengoperasikan sistem komputer kita (dalam hal ini adalah server) dari jarak jauh. Sama seperti proses hosting, kita bisa melakukan akses remote melalui SSH. Remote VPS berguna agar anda dapat melakukan konfigurasi dan pengaturan di Virtual Server sesuai kebutuhan. Layaknya server sendiri, anda dapat melakukan instalasi sesuka hati. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti panduan di bawah ini :

1. Akses VPS Via SSH

Bagi Anda yang menggunakan Linux, melakukan remote VPS (Virtual Server) sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan terminal Linux yang mana didalamnya sudah terinstal OpenSSH, memiliki akses internet dan IP Address VPS. Ketika anda memilki ke-3 hal tersebut anda sudah dapat meremote kapanpun dan di manapun.

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan melakukan login ke dalam sistem VPS anda dengan jalan mengaksesnya lewat remote VPS via SSH. Jangan lupa bahwa akses SSH di VPS menggunakan login root!

ssh root@IP VPS

contoh : ssh root@129.123.113.221

Tunggu hingga beberapa saat. Pada saat pertama kali ingin melakukan remote, maka server akan melakukan sinkronisasi RSA Key. Silahkan tulis “yes” lalu enter.

Setelah selesai, silahkan tekan Enter. Kemudian anda diminta untuk memasukkan password. Silahkan tuliskan password VPS yang anda miliki. Karena bersifat hidden password, pada saat memasukkan password VPS maka password anda tidak akan tampak. Jangan khawatir, tetap tuliskan password VPS hingga selesai. Kemudian tekan Enter.

jogjahost-mysql-1

Setelah VPS berhasil anda remote, itu berarti anda bebas melakukan apapun terhadap server.

Sekian untuk tutorial berikut ini, terima kasih, selamat mencoba!

2. Kesimpulan
Cara remote VPS dapat dilakukan via SSH melalui Terminal Linux. Setelah melakukan remote VPS, maka anda dapat melakukan konfigurasi atau instalasi apapun ke dalam virtual server. Perlu diingat bahwa semua Virtual Server berbasis Unix dan menggunakan sistem operasi Linux dengan berbagai distro. Untuk itu, dalam melakukan konfigurasi di server harus menggunakan perintah/ command Linux.


Jika Anda masih mengalami kendala setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tim support dari Jogjahost dengan senang hati membantu Anda. Kami siap dihubungi 24 jam dalam sehari, 365 hari dalam setahun untuk membantu mengatasi masalah Anda. Silahkan hubungi kami dengan cara Klik di Sini.

support

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang