Home Support

Cara Hapus Plugin (Cukup 5 Detik Saja)

Terlalu banyak menggunakan plugin terkadang membuat kita merasa sudah tidak memerlukan plugin tersebut, selain karena untuk menghemat space hosting, alasan lainnya adalah kita telah menemukan plugin yang lebih baik dari yang digunakan saat ini. Untuk menghapus plugin terdapat 2 cara yaitu Menghapus atau uninstall plugin dari Dashboard dan Menghapus atau uninstall plugin melalui File Manager di Cpanel Apabila kita ingin menghapus dengan cepat dan mudah, kita bisa memilih hapus plugin dari dashboard saja, tetapi cara tersebut seringkali mengalami error sehingga cara yang aling aman adalah menghapus melalui file manager di Cpanel.

Ketika kita menggunakan banyak plugin, kadang kala halaman wp-admin sering kali mengalami loading yang lambat sehingga kita perlu menghapus plugin yang pernah di install.

Terlalu banyak menggunakan plugin terkadang membuat kita merasa sudah tidak memerlukan plugin tersebut, selain karena untuk menghemat space hosting, alasan lainnya adalah kita telah menemukan plugin yang lebih baik dari yang digunakan saat ini.

Untuk menghapus plugin terdapat 2 cara yaitu:

  • Menghapus atau uninstall plugin dari Dashboard
  • Menghapus atau uninstall plugin melalui File Manager di Cpanel Apabila kita ingin menghapus dengan cepat dan mudah, kita bisa memilih hapus plugin dari dashboard saja, tetapi cara tersebut seringkali mengalami error sehingga cara yang aling aman adalah menghapus melalui file manager di Cpanel.

Berikut cara menghapus plugin dari Dashboard:

  1. Masuk ke cPanel Cara masuk ke cPanel bisa dengan dua cara: Pertama, kamu bisa login melalui NamaWebsiteAnda/cpanel atau melalui member area. Kali ini saya akan memberikan contoh masuk melalui NamaWebsiteAnda/cpanel

wordpress pos

  1. Kemudian masuk ke Softaculous

Langkah kedua setelah masuk ke cPanel yakni cari softaculous dan klik Wordpress. Setelah masuk ke bagian tersebut klik plugin

pilih-wordpress

  1. Hapus Plugin Langka terakhir yang harus kita lakukan yakni menghapus plugin sesuai kebutuhan. Hapus plugin apapun yang sudah tidak kita butuhkan lagi.

hapus plugin

Setelah itu plugin tersebut akan terhapus dari blog. Jika cara menghapus plugin dari Dashboard gagal, maka kita harus menghapus plugin tersebut melalui File Manager di Cpanel. Caranya :

  1. Silahkan masuk Cpanel lalu buka File Manager
  2. Lalu masuk ke direktori /public_html/wp-content/plugins
  3. Pilih folder sesuai nama plugin yang ingin di hapus, lalu klik delete untuk menghapus folder tersebut.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang