Home Support

Cara Ubah Permalink (Sangat Mudah)

Permalink berfungsi untuk memudahkan siapa saja dalam mencari halaman di website. Keberadaan permalink ini juga sangat berpengaruh pada SEO.

permalink adalah

Permalink perpendekan dari Permanent Link, yakni sebuah URL yang dapat mengarahkan ke suatu website tertentu. Permalink ini telah digunakan oleh banyak website termasuk di wordpress. Jenis website lain menggunakan istilah link permanen, tetapi istilah permalink paling umum digunakan dalam blogosphere. Permalinks sering digunakan agar pengguna mudah membaca URL.

Bagi sebagian orang, keberadaan permalink ini memiliki hal khusus yang harus diatur dengan cara yang tepat. Apabila tidak, maka akan sangat berpengaruh pada website. Padahal, tidak sebegitunya juga. Memang benar sebuah permalink itu memiliki peran penting bagi sebuah website, hanya saja bukan hal pokok. Tetap saja masalah konten itu yang utama bagi sebuah website. Dan hubungan antara permalink dan konten ini saling berpengaruh.

Sesuai dengan pengertiannya, sebuah permalink memiliki manfaat dan fungsi sebagai berikut:

  1. Identitas Unik
    Layaknya sebuah alamat rumah, maka permalink ini dapat disebut juga alamat khusus per RT atau RW dari sebuah website. Bayangkan saja jika dalam satu website terdapat banyak konten maka robot akan lebih mudah mencari dengan permalink ini.

  2. Berperan dalam SEO
    Dapat dikatakan sebuah permalink bisa menjadi kata kunci atau keyword dari sebuah konten. Apabila orang hendak mencari sesuatu di google maka sang robot akan mencari dari permalink ini terlebih dahulu. Nah, jadi jangan sembarangan mengatur sebuah permalink ya. Disini punya peran yang hebat juga loh.

  3. Deskripsi Konten
    Sebuah permalink dapat menjadi deskripsi singkat sebuah konten. Mulai dari permalink inilah orang-orang biasanya akan mengenali website Anda dengan baik, sebab dari sini sering kali halaman website dibagikan. Baik share melalui media sosial atau sekedar pesan singkat.

Anda dapat mengatur sendiri permalink di wordpress yang sedang Anda kelola. Permalink ini berpengaruh terhadap SEO dan mudah tidaknya wordpress diakses banyak orang. Di wordpress, pengaturan permalink dapat dilakukan dengan dua cara (Pengaturan Umum dan Pengaturan Opsional). Detail keduanya adalah seperti berikut ini:

Pengaturan Umum

Pada bagian ini Anda dapat mengatur secara umum permalink yang ada pada website. Dengan mengatur pada bagian ini maka permalink dapat diatur secara otomatis berdasarkan opsi yang sudah dipilih. Adapun opsi pengaturan umum ini antara lain:

  1. biasa \
  2. tanggal dan nama \
  3. bulan dan nama \
  4. numerik \
  5. nama tulisan \
  6. struktur tersurai

Pengaturan Opsional

Apabila memilih pengaturan permalink secara opsional, maka dapat diatur berdasarkan kategori dan tag. Contohnya sebagai berikut.

Contoh Tampilan Permalink

Misal diatur berdasarkan tanggal dan nama
maka URL akan menjadi : 
https://www.jogjahost.co.id/wordpress/menu/2019/11/1/wordpress-pengaturan/

Misal diatur berdasarkan nama tulisan
maka URL akan menjadi : 
https://www.jogajahost.co.id/wordpress/menu/wordpress-pengaturan/

Terkadang, saat sudah posting dan direview beberapa kali ada beberapa hal yang kurang pas pada postingan. Hal ini mungkin akan membuat kreativitas meningkat sehingga ingin mengubah judul dan permalink agar sesuai dengan SEO dan pas dengan judul. Nah, ternyata untuk mengubah permalink ini sangat mudah sekali.

  1. Pilih edit terlebih dahulu pada postingan

Tentu saja setelah masuk ke halapan wp admin Anda bisa mengubah bagian apa saja dan kapan saja. Termasuk juga mengubah isi postingan website. Disini, Anda bisa memulainya.

  1. Klik Permalink

Anda bisa memilih menu permalink pada bagian kanan atas, kemudian atur permalink sesuai dengan yang diinginkan.

klik permalink

  1. Ketik Perubahan

Apabila sudah menemukan menu permalink segera ketik perubahan yang hendak dilakukan. Misalnya, permalink sebelumnya “tutorial-mengganti-font-di-wordpress” menjadi “tutorial-registrasi-domain-melalui-facebook”

klik permalink

  1. Lihat hasil perubahan

Kemudian klik update dan lihat pada halaman tayangnya. Perhatikan antara judul dan permalink sudah sama

klik permalink

Kesimpulan

Pada dasarnya, sebuah permalink ini sangat penting dan berguna. Begitu juga dengan keberadaan beberapa pengaturan yang lain erat kaitannya dengan konten yang sedang Anda bagikan, maka dari itu tetap terus gali kreativitas agar website Anda selalu unggul.

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang