Home Support

Mengenal Fungsi Media pada WordPress Lebih Dekat

Fitur Media di WordPress dapat dikatakan sebagai tempat menyimpan dan mengupload berbagai file baik itu berupa image, dokumen, maupun video. Kemudian semua image dan video yang ada pada postingan disimpan dalam media.

media wordpress

Apa Itu Fitur Media

Wordpress memiliki banyak fitur yang sangat lengkap dan beragam, apabila semua fitur ini dibahas secara detail maka tidak akan cukup hanya dengan sehari saja. Inilah pentingnya mengenal salah satu fitur wordpress dengan baik. Apabila semua fitur dipelajari secara tuntas maka penggunaan wordpress akan lebih optimal. Kedepannya, semua hal yang berkaitan dengan website akan menuai hasil yang memuaskan juga.

Semua postingan yang berkaitan dengan gambar dan video ada hubungannya dengan menu media ini. Media berfungsi sebagai tempat menyimpanan berbagai image dan video. Baik foto yang akan ditampilkkan, sudah ditampilkan maupun yang belum ditampilkan dapat disimpan dalam menu ini. Adapun dalam menu ini masih ada 2 (dua) sub lagi yakni:

a. Pustaka (Library)
Pada bagian pustaka ini berisi informasi mengenai media atau berkas yang kita upload di blog kita. Semua media gambar dan video yang ada pada postingan ada disini dengan baik.

b. Tambah Baru (Add new)
Seperti pada menu yang menyediakan tambah baru, artinya tempat ini berfungsi untuk mengupload berkas-berkas yang dipersiapkan untuk di posting. Berbagai berkas atau dokumen tersebut bisa Anda masukkan sekarang meski muncul pada postingan nanti atau sudah diurutkan sesuai dengan tanggal yang sudah Anda atur.

Fungsi dan Manfaat Media pada Wordpress

Seperti konten pada umumnya, sebuah media baik itu tulisan, gambar maupun video akan selalu menjadi buah bibir tersendiri bagi para pengunjung. Disinilah pentingnya membuat sebuah media yang pas untuk konten. Untuk itu kita dapat menarik sebuah fungsi dan manfaat dari media ini antara lain:

  1. Mempertegas Konten
    Sebuah Konten yang bagus akan dibuat dengan cara sempurna dan tidak asal muncul. Disinilah pentingnya muncul konten yang pas. Baik itu berupa, tulisan, gambar dan video yang nyambung atau sekedar video saja. Semua formula tersebut akan menguatkan dan bisa membuat konten menjadi lebih hidup.

  2. Menarik Perhatian
    Selain bisa mempertegas isi konten secara keseluruhan, sebuah media bisa menjadi pusat perhatian bagi para pengunjung. Terutama gambar dan video, apabila konten yang ditampilkan cukup asik dan menarik maka dapat dipastikan akan menduduki SEO paling atas. Artinya, konten Anda akan mudah terkenal.

  3. Membantu SEO Website
    Seperti apa yang sudah ada di poin sebelumnya bahwa media pada sebuah website itu sangat penting. Terutama untuk memudahkan mesin pencari dalam mencari konten yang pas bagi para pengunjung. Disinilah peran sebuah SEO dipertaruhkan. Sebab, konten yang bagus tanpa adanya SEO juga akan sangat percuma.

  4. Persiapan untuk Media Mobile dan Desktop
    Konten yang bagus sebaiknya disesuaikan dengan mobile dan desktop. Pada bagian ini fungsi media sangat mendukung sekali guna memberikan konten yang pas dengan alat yang pengunjung gunakan. Sebaiknya, konten yang disajikan dapat dinikmati oleh pengguna desktop maupun mobile agar keduanya dapat menikmati konten yang Anda sajikan dengan nyaman.

  5. Memilah Konten Berkualitas
    Media ini dapat menyimpan semua file yang hendak ditampilkan maupun yang tidak. Mulai dari menu inilah konten yang berkualitas dipilih dan ditentukan. Untuk itu teruslah berkreasi dan aktif membuat konten yang bagus dan berkualitas.

Cara Menambahkan Media pada WordPress

Pertama tentu saja kamu harus masuk WordPress (login) sebagai admin berbeda dengan masuk melalui WordPress biasa. Kamu hanya bisa mengakses administrasi website melalui panel dashboard. Kami menyarankan agar kamu masuk ke halaman admin, yang bisa diakses dengan menambahkan wp/wp-login di akhir domain website kamu.

contoh: https://www.jogjahost.co.id/wp/wp-login

Setelah masuk WordPress, kamu akan melihat tampilan seperti berikut:

media wordpress

Lalu pilih Media > Tambah Baru (Add New) pada dashboard WordPress:

media wordpress

Kamu dapat mengunggah Media Baru dengan cara Letakkan Berkas Disini (Drag and Drop) Media yang kamu inginkan atau pilih berkas (choose file), dengan ukuran maksimal adalah 2 MB

media wordpress

Setelah gambar muncul, kamu dapat melakukan Suting Gambar lalu mengisi kolom Keterangan, Teks Alternatif, Deskripsi. Jika sudah selesai kamu dapat klik Perbarui

media wordpress

Ketika kamu klik Sunting Gambar, kamu dapat melakukan Potong (crop) dan Putar (rotoate), mengubah Ukuran Gambar, Pangkasan Gambar, Pengaturan Miniatur, dan jangan lupa klik Perbarui

mengatur ukuran gambar

Setelah melakukan semua langkah diatas maka Anda bisa memulai dengan membuat konten baru lagi. Silakan saja dicoba.

Kesimpulan

Sebuah konten yang baik akan lebih maksimal lagi jika terdapat gambar dan video. Selain pengunjung merasa puas dan nyaman dengan konten yang Anda buat dapat disesuaikan dengan kebutuhan SEO. Inilah pentingnya membuat konten yang bagus dan menarik.

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang