Home Support

Lengkap! Cara Mudah Membuat dan Memasang Favicon di WordPress

Favicon merupan kependekan dari *favorite icon*, maksudnya adalah sebuah gambar ikon pada website yang berfungsi untuk menjadi identitas visual pada website. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark pada browser ketika mengakses website tersebut.

Apa itu Favicon?

Sebenarnya apa itu favicon? Favicon merupan kependekan dari favorite icon, maksudnya adalah sebuah gambar ikon pada website yang berfungsi untuk menjadi identitas visual pada website. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark pada browser ketika mengakses website tersebut.

Coba perhatikan tab browser di bawah ini ketika digunakan untuk membuka website jogjahost!

favicon x

Seberapa perlunya website atau blog menggunakan favicon? Favicon memudahkan pengunjung untuk mengingat blog atau website sehingga tampilan web kamu unik di banding punya orang lain dan memudahkan orang untuk menemukan situs kamu.

Pada WordPress, biasanya template yang digunakan sudah tersedia pilihan untuk menambahkan favicon blog atau site icon. Tapi, sebelum membahas cara memasang favicon di WordPress, kita akan membahas cara membuat favicon dengan menggunakan favicon generator.

Cara Membuat Favicon Blog dan Website

Mengakses Favicon.cc

Favicon dapat dibuat melalui software pengolah gambar seperti Corel Draw atau Photoshop, untuk hasil terbaik maka harus menerapkan ukuran standar pemasangan favicon di WordPress. Ukuran Favicon yang terbaik yaitu menggunakan gambar persegi dengan rasion 16x16 pixel.

Ubah format file gambar menjadi .ico agar bisa terbaca oleh browser internet. Cara merubah mudah merubah format salah satunya dengan mengunjungi web Favicon.cc. Berikut tutorialnya:

Melakukan Import Gambar

favicon 1

1.) Akses favicon.cc (untuk mengaksesnya silahkan ikuti link berikut ini : Favicon.cc.

2.) Pilih menu “Import Image”. Kemudian unggah gambar yang akan dijadikan favicon, ubah dimensinya menjadi rasio persegi atau menggunakan dimensi aslinya.

favicon 2

3.) Pada contoh berikut ini Kami tetap membiarkan dimensi gambar tersebut seperti aslinya.

favicon 3

favicon 4

4.) Yang terakhir lakukan proses download file favicon tersebut. Kamu juga bisa melihat preview favicon sebelum mengunduhnya.

Memasang Favicon pada WordPress

Jika sebelumnya membuat Favicon secara online, maka sekarang cara memasang Favicon melalui WordPress.

1.) Login ke dalam sistem WordPress.

login

2.) Setelah login,silahkan memilih menu “Tampilan => Sesuaikan”.

dashboard

3.) Kemudian akan dialihkan ke dalam menu penyesuaian tema dengan konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get) dimana kita bisa mengedit tampilan WordPress secara real-time.

sesuaikan

4.) Pilih menu “Identitas Situs” kemudian melakukan upload file icon.ico yang akan dijadikan sebagai favicon.

pilih file

5.) Pilih file icon.ico yang ada di file manager.

upload file

6.) Jika sudah selesai, maka Favicon akan tampil seperti tampilan gambar di bawah ini.

hasil


Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang