Home Support

Mengenal JetPack Plugin Security Terbaik untuk WordPress

JetPack merupakan Plugin yang digunakan WordPress untuk mengoptimasikan security pada sistem web. Dengan menggunakan plugin ini maka website bisa lebih aman dan terbebas dari virus

apa itu plugin jetpack

Berkenalan dengan Plugin JetPack

Dapat dikatakan, JetPack ini plugin keamanan terbaik untuk Wordpress. Plugin JetPack adalah plugin yang sangat ampuh dalam menangani hal security pada sistem WordPress anda. Oleh karena itu Anda bisa mengimprovisasi keamanan, performa dan juga manajemen sistem WordPress apabila Anda bisa menggunakan plugin tersebut.

Plugin JetPack menyediakan detail tools keamanan pada sistem Anda, memberi pertahanan dari serangan brute-force dan juga login yang tidak terauthorisasi. Tidak hanya itu, Plugin JetPack merupakan software yang gratis namun demikian jika Anda ingin mendapatkan fasilitas yang penuh Anda bisa memilih versi yang premium. Tiap plugin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk lebih lengkapnya Anda bisa ulasan berikut ini.

Kelebihan Plugin JetPack

Plugin keamanan ini memiliki keunggulan yang tidak kalah dengan plugin lainnya, adapun kelebihan dari plugin JetPack ini antara lain:

  1. Filter Otomatis
    JetPack ini dapat mengatasi dan mempertahankan sistem web dari serangan Brute-Force, memfilter spam dan juga dapat memonitor pada waktu sistem sedang down. Dengan adanya plugin ini maka website akan aman dari spam sepanjang waktu.

  2. Website otomatis terback up, bisa diset-up harian ataupun real-time
    Plugin ini mampu mengbackup data secara otomatis, selain itu website juga dapat diset secara real time dalam waktu yang ditentukan.

  3. Sistem login yang aman, dengan opsi menggunakan 2 autentifikasi
    Tidak semua orang bisa masuk dengan mudah. Apabila Anda hendak login maka cukup menggunakan 2 autentifikasi. Dengan sistem login semacam ini akan membuat website Anda lebih aman dari oknum yang ingin menggunakan data Anda secara sembarangan.

  4. Free Scan Malware
    Plugin ini juga bekerja seperti mesin antivirus, secara otomatis akan menyecan virus malware dengan sangat baik. Keberadaan plugin ini sangat aktif dan menguntungkan untuk website Anda.

  5. Bekerja dengan cepat
    Plugin ini mampu bekerja dengan hitungan detik saja. Anda tidak perlu menunggu lama untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang dilakukan JetPack ini. Hanya cukup menunggu beberapa detik pekerjaan scan atau filter bisa selesai dalam sekejap.

Kekurangan Plugin JetPack

  1. Ukurannya besar
    JetPack berisi lebih 30 modul dan sangat mungkin jika Anda tidak membutuhkan semua modul tersebut. Dengan adanya beberapa modul ini maka secara permanen ukuran plugin ini sangat besar. Hanya saja hal ini tidak perlu dipikirkan dengan begitu cepat, tetap saja plugin ini lebih memiliki keunggulan dibandingkan kekurangan ini.

  2. Ada Fitur yang memberatkan kinerja Blog Anda
    Terdapat laporan dari pengguna JetPack bahwa plugin JetPack ternyata memperlambat performa blog mereka secara signifikan, yaitu menambahkan sebanyak 8 sampai 10 detik untuk waktu loading. Bahkan dikatakan bahwa beberapa modul memiliki efek lebih dari apada yang lain. Editor CSS misalnya, yang bekerja dengan menyimpan kode CSS ke dalam database sebagai jenis Custom Post. Dengan begitu, setiap kali membuka halaman diperlukan query untuk mengambil CSS. Hal inilah yang mana secara tidak langsung dapat menambah beban pada saat loading blog.

  3. Ada kemungkinan Berpengaruh Buruk Terhadap SEO
    Apabila diakali dengan cukup baik maka plugin ini tetap bisa bersahabat dengan SEO. Meski tidak berjalan dengan cukup kuat tetap saja plugin ini dapat dipertimbangkan dengan baik.

Menginstal Plugin JetPack di WordPress

Cara Install plugin JetPack ini cukup mudah, silakan lihat dan ikuti beberapa langkah berikut ini:

a. Memilih Menu Plugin

apa itu plugin jetpack

Hal yang pertama dilakukan adalah memilih Menu Plugin pada Dashbor. Namun demikian, sebelumnya pastikan Anda sudah melakukan login ke dalam sistem Wordpress admin dengan melakukan akses ke halaman wp-admin.

b. Memilih Menu Plugin dan Menginstal plugin JetPack di WordPress

apa itu plugin jetpack

Setelah berhasil masuk ke dalam sistem WordPress dengan melakukan login dari halam wp-admin dan masuk ke dalam tab Plugin. Silahkan untuk memasukan input data dengan keyword JetPack di dalam kolom pencarian. Maka, plugin JetPack akan otomatis muncul pada halaman tab Plugin.

Kemudian silahkan menekan tombol Pasang Sekarang maka plugin All in One SEO akan otomatis terpasang. Silahkan tunggu, jika muncul notifikasi seperti di bawah ini

apa itu plugin jetpack

Setelah ada notifikasi seperti gambar di atas, silahkan Anda mengaktifkan plugin tersebut dengan menekan tombol Aktifkan.

c. Check Plugin

apa itu plugin jetpack

Pada tutorial kali ini kita akan melihat apakah plugin JetPack telah terinstal dengan baik apa belum. Caranya gampang sekali. Yang perlu dilakukan adalah dengan dengan membuka tab Plugin dan melihat plugin apa saja yang telah terinstal di sana. Dan jika ternyata plugin JetPack telah terinstal dengan baik plugin tersebut akan muncul pada halaman tersebut seperti gambar di atas.

Kesimpulan

Jetpack memberikan banyak sekali manfaat. Dapat dilihat dari seluruh fitur-fitur yang diberikan, tidak bisa disangkal bahwa Jetpack merupakan plugin multi-fungsi terlengkap menurut kami. Namun demikian, dibalik seluruh fitur-fitur yang diberikan, Jetpack juga memiliki kelemahan. Kita sebagai pengguna harus cermat dalam memilih, apakah kita membutuhkan Jetpack ataukah tidak. Karena pada dasarnya setiap blogger memiliki kebutuhan masing-masing. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.


Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang