Home Support

Cara Mudah Posting di Wordpress

Untuk membuat website selalu unggul berada di halaman utama google maka harus sering memposting konten secara berkala. Berikut ini cara mudah posting di Wordpress yang baik dan benar.

w3 total cache

Posting sebenarnya tidak melulu mengenai tulisan kemudian submit, pasang gambar atau video lalu selesai. Nyatanya, sebuah postingan yang baik bukan hanya seperti itu. Posting yang baik harus memperhatikan tags, keyword dan kaidah SEO (Search Engine Optimization) yang sesuai dengan algoritma yang terkini. Artinya, tiap konten yang Anda bagi harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini baik mengenai isi maupun tata caranya. Dahulu, asal sudah mengulang keyword sebanyak 10% maka secara otomatis robot google dapat membaca dan langsung menjadi halaman pertama. Jika hal tersebut hari ini masih diterapkan maka akan sangat ketinggalan jaman. Inilah pentingnya belajar mengenai website secara berkala, mengikuti perkembangan yang ada.

Pada tulisan kali ini, pembahasan yang akan dilakukan yakni fokus mengenai Menu Pos. Dalam menu ini terdapat 4 sub menu lainnya : Sub Menu Semua Pos, Sub Menu Tambah Baru, Sub Menu Kategori dan Sub Menu Tag. Semua sub menu tersebut memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Berikut akan dijelaskan Sub Menu yang dimiliki oleh Menu Pos.

w3 total cache

Pertama pembahasan adalah Sub Menu Semua Pos. Pada Sub Menu Semua Pos kita bisa melihat semua postingan yang telah kita submit sebelumnya (baik dalam bentuk yang sudah ter-publish maupun masih dalam berbentuk draft). Selain bisa digunakan untuk melihat semua Pos, pada Sub Menu Semua Pos kita bisa melakukan operasi CRUD (Create, Update, dan Delete) pada pos.

-Create maksudnya adalah kita bisa melakukan proses pembuatan post melalui halaman Sub—Menu Semua Pos dengan menekan tombol Tambah Baru.

-Update maksudnya adalah kita bisa melakukan proses pengeditan post melalui halaman Sub—Menu Semua Pos dengan menekan tombol Edit.

-Delete maksudnya adalah kita bisa melakukan proses delete post melalui halaman Sub Menu Semua Pos dengan menekan tombol Delete.

Khusus untuk Update dan Delete, kita bisa melakukan secara serempak dengan melakukan centang di samping Judul.

wordpress pos

Yang kedua ada Sub Menu Tambah Baru. Maksudnya Tambah Baru di sini adalah kita bisa menambahkan pos (bukan page) pada website kita. Ada 2 hal yang sering membingungkan sebagai pengguna wordpress pemula yaitu page dengan post.

1. Post

Post pada Wordpress digunakan jika Anda ingin menerbitkan artikel atau konten yang sifatnya secara rutin di website anda. Contohnya adalah pengumuman dan berita. Biasanya pengumuman dan berita ditulis dalam selang waktu yang relative singkat.

Perlu diketahui juga bahwa post dibedakan berdasarkan kategori dan tag. Misalnya kalau punya website tentang hewan peliharaan dan anda punya artikel tentang kucing, anjing, dan burung. Artikel-artikel tersebut bisa dimasukkan ke dalam kategori hewan peliharaan supaya lebih mudah dicari oleh pengunjung.

Juga, kemudian post ke dalam RSS Feed. RSS (Rich Site Summary) adalah sebuah halaman yang berisi daftar post-post di website Anda. RSS feed tersebut biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin berlangganan dan menerima konten-konten terbaru dari website kita.

2. Page

Page digunakan untuk membuat halaman yang mana sifatnya statis atau tetap.

Tiap halaman dalam bentuk page tidak diurutkan berdasarkan tanggal. Urutannya bisa sesuai keinginan Anda dengan memberikan nomor kepada masing-masing page. Keberadaan page juga tidak disertakan ke dalam arsip dan RSS seperti Post. Sebaliknya anda bisa melakukan pembagian pada page biasa dikenal dengan istilah sub page. Misalnya untuk Indonesia masih bisa dibagi lagi ke Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sunda dan sebagainya.

wordpress pos

Yang ketiga ada Sub Menu kategori. Sub Menu kategori digunakan untuk mendefinisikan kelompok PADA tiap post yang Anda submit. Contohnya, Anda memiliki postingan terkait dengan Laptop, Smartphone, Mouse, Keyboard dan lain-lain. Anda bisa memasukannya ke dalam kategori yang Anda definisikan tadi, dalam hal ini Anda bisa mendefinisikan dengan nama “Elektronik”.

Caranya adalah anda bisa menginputkan data Nama, Slug dan deskripsi kemudian dengan menekan Tambah Kategori Baru. Maka sebuah kategori akan tercipta.

wordpress pos

Yang keempat ada Sub Menu Tag. Sub Menu Tag digunakan untuk mendefinisikan sebuah tanda. Kemudian tanda ini digunakan untuk menandai post untuk menjadi topik-topik tertentu. Topik dalam hal ini sifatnya lebih spesifik terhadap isi dari pada post Anda.

Contohnya seperti ini : Jika Anda memiliki website tentang resep makanan. Maka contoh tag yang bisa kita gunakan yaitu salah satu bahan dari resep tersebut.

Misalnya hidangan cumi diberi tag cumi.

Maka, dengan demikian pengunjung yang ingin membuat hidangan cumi (terlepas dari kategori hidangannya) bisa masuk ke tag cumi yang sudah terbuat.

Sama seperti kategori tujuan dari penggunaan tag adalah digunakan untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi situs Anda. Sebuah post juga lebih dari satu tag.

Kesimpulan

Postingan yang baik harus memuat aneka keyword dengan tepat, tags yang jelas dan kategori yang sesuai. Semua postingan Anda tidak akan dibaca orang banyak jika tidak memenuhi SEO google terkini. Jadi, jangan lelah untuk selalu belajar dan berusaha. Semoga sukses.

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang