Home Support

Bagaimana Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di cPanel

Untuk membuat email dengan nama sendiri, kamu harus memiliki layanan hosting terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan layanan hosting terbaik dan berkualitas di Jogjahost

domain

Umumnya akun email dibuat dengan menggunakan penyedia layanan gratis seperti gmail atau yahoo. Namun jika kamu memiliki sebuah perusahaan, kamu harus memiliki email dengan nama domain perusahaan kamu. kenapa? karena perusahaan kamu akan jauh terlihat lebih profesional.

Untuk membuat email dengan nama sendiri, kamu harus memiliki layanan hosting terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan layanan hosting terbaik dan berkualitas di Jogjahost

Cara Membuat Email Menggunakan Custom Domain

Sebelumnya kita bisa memiliki akun email sendiri, kita harus tau apa saja yang dibutuhkan:

  • Domain dan Hosting

Domain dan hosting adalah syarat utama, dua elemen ini merupakan hal yang tidak terpisahkan, apabila membicarakan website maupun email. Saat pembuatan akun email, kita harus ada koneksi internet yang stabil.

Ketika kita memilih hosting yang menggunakan Cpanel seperti di Jogjahost, kita dapat mengelola hosting karena didukung dnegan fitur yang banyak dan bermanfaat, kita juga bisa membuat email dengan domain sendiri (costum domain)

Berikut adalah cara membuatan email custom domain khusus bagi pengguna hosting cPanel:

Langkah 1: Login ke cPanel

[Login ke cPanel]({{relref “/cpanel/cara-login-cpanel-hosting-jogjahost.md">}}) Cari kolom Email, dan klik menu E-Mail Accounts

akun-email

Langkah 2: Isi dan lengkapi form halaman tersebut

buat-akun-cpanel

E-mail : Isi dengan e-mail yang akan dibuat. Misal jika ingin membuat email dengan alamat sari@jojahost.co.id, isi dengan “sari” saja (tanpa tanda petik).

Domain : pilih opsi nama domain yang akan digunakan (jika domain yang ada pada akun hosting tersebut lebih dari satu).

Password : Isi dengan password dari e-mail account yang ingin dibuat, lalu isikan lagi password yang sama pada isian “Password (Again)”. *Password strength secara otomatis akan mengukur tingkat kesulitan password yang Anda buat. Semakin tinggi nilainya, semakin aman password Anda.

Mailbox Quota : isi dengan kapasitas email yang dikehendaki. *Mailbox quota harus disesuaikan dengan total kapasitas account hosting yang kamu miliki. Saran, jangan gunakan opsi Unlimited, kolom isian ini harus tetap diisi, tujuannya untuk memudahkan kita mengkontrol penggunaan kapasitas email pada hosting.

Langkah 3: Klik tombol Create Account

  • Akan muncul halaman berikutnya dengan keterangan “Account Created” yang artinya account email telah berhasil dibuat.

  • Sebagai tambahan, ada baiknya aktifkan fitur Apache SpamAssassin, tujuannya untuk menangkal email spam yang akan masuk ke akun kita.

  • Selanjutnya akses e-mail tersebut menggunakan webmail, Thunderbird, atau Outlook.

Related Tutorial:

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang