Home Support

Cara Mudah Membalas Email Otomatis (Autoresponder) di cPanel

Email Otomatis (autoresponder) adalah fitur yang terdapat pada cPanel, yang fungsinya dapat menjawab email secara otomatis

cara mudah membalas email otomatis

Email merupakan sarana komunikasi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena email merupakan pintu gerbang kesuksesan sebuah perusahaan. Untuk mendapatkan client pertama kali adalah dengan mengirimkan email ke perusahaan. BiasanyabBukan hanya hanya satu client yang akan mengirimkan email ke perusahaan kamu, tetapi banyak sekali. Cara membalas yang baik adalah dengan manual, namun membutuhkan waktu yang lama bukan? untuk itu diperlukan balasan email secara cepat dan otomatis (autoresponder).

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan email otomastis? Email Otomatis (autoresponder) adalah fitur yang terdapat pada cPanel, yang fungsinya dapat menjawab email secara otomatis. Contoh kegunaannya, misal kamu ingin mengirimkan pemberitahuan kepada client, namun saat itu kamu sedang pergi liburan sehingga tidak dapat mengakses email, dan mengirimkan promo secara berkala.

Dengan membuat email otomatis, kamu dapat membalas dengan cepat, sehingga client merasa respon kamu baik. Sebelum kamu bisa membalas email autoresponder, kamu harus sudah memiliki akses ke cPanel hosting dan sudah membuat akun email

Bagaimana caranya untuk membuat email otomatis? kamu bisa mengikuti Langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1: Login ke cPanel

Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting. Kemudian klik menu Autoresponders.

autoresponders

Langkah 2: Membuat Email Auto Reply/Autoresponder

subject

Langkah 3: Membalas Email Otomatis

Kita akan diarahkan ke halaman Modify/ Add Autoresponder. Isi sesuai gambar berikut ini. Tulis nama email dari domain, pengirim email, judul email serta isi email yang akan dikirimkan. Bagi kamu yang belum tahu, cara membuat email dengan domain sendiri, silahkan baca Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri. Setelah selesai, jangan lupa klik Create/ Modify.

membalas-email-otomatis

Keterangan

  1. Character Set : daftar karakter yang didefinisikan atau diakui oleh hardware komputer dan software. Silakan isi dengan utf-8.

  2. Interval : waktu tunggu dari Autoresponder membalas email. Jika disi dengan angka 0, Autoresponder akan membalas email dalam waktu yang hampir sama dengan saat si pengirim mengirimkan email. Kebanyakan penyedia hosting mengisikan limit di sini untuk pengiriman email. Value 0 sebenarnya tidak direkomendasikan. Untuk menghindari gangguan pada layanan email, Sarannya adalah mengisi 1 jam atau lebih, tergantung kebutuhan.

  3. Email : berisi nama email. Jika email adalah test@jogjahost.co.id, berarti hanya mengisi ‘test’ saja di sini.

  4. Domain : Silakan isi dengan nama domain email. Apabila nama email test@jogjahost.co.id, isi kolom ini dengan jogjahost.co.id

membalas email otomatis 2

  1. From : Kolom ini menunjukkan nama pengirim dari Autoresponder. Silakan isi dengan nama Anda.

  2. Subject : subject dari Autoresponder. cPanel juga memungkinkan menggunakan tag %subject%, yang akan sesuai dengan subyek si pengirim. Sebagai contoh, jika subyek dari pengirim adalah “Bertanya” dan subject balasan dari email auto reply adalah re:%subject%, subyek yang tampil akan menjadi “re:Bertanya“

subject auto reply 1

  1. Klik maka pesan email akan dikirim dalam bentuk HTML. Jika tidak, pesan akan dikirim dalam bentuk Plain Text.

  2. Body : pesan dari email yang dikirimkan.

  3. Start : berisi tanggal ketika Autoresponder aktif. Sebagai alternatif, Immediately dapat dipilih untuk aktivasi secara instan.

  4. Stop : berisi tanggal berakhir dari Autoresponder. Jika memilih Never, Autoresponder akan selalu aktif.

  5. Setelah semuanya sudah selesai dikonfigurasi, silakan klik tombol Create/Modify. Selanjutnya akan tampil pesan sukses seperti pada gambar di bawah ini:

subject auto reply 2

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang