Search
Close this search box.

WordPress: Platform Konten Populer untuk Membuat Website

1/5 - (807 votes)

WordPress adalah platform konten (content management system atau CMS) populer untuk membuat dan mengelola website.

Mulai pada tahun 2003 sebagai platform untuk membuat blog, tetapi sejak itu telah berkembang menjadi sebuah platform yang lebih kompleks dan fleksibel untuk membuat berbagai jenis website, dari blog pribadi hingga situs web bisnis dan e-commerce.

Apa itu WordPress?

Matt Mullenweg dan Mike Little adalah pembuat platform website WordPress. Platform ini membangun sistemnya di atas bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL, pada awalnya mereka merancang untuk menjadi platform blogging, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi kini telah menjadi platform website yang lebih luas dan beragam, seperti website e-commerce, galeri foto, forum, dan masih banyak lagi.

Mengenal WordPress: Platform Konten Populer untuk Membuat Website

CMS ini memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten dengan mudah, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman teknis.

Selain itu juga WordPress memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas website mereka sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu keunggulannya adalah memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai plugin dan tema, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas dan tampilan baru ke website mereka dengan mudah.

Serta memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif, yang terus mengembangkan plugin dan tema baru yang dapat membantu pengguna dalam membuat website mereka.

Keuntungan menggunakan WordPress

WordPress adalah platform website gratis dan open-source, semua dapat mengunduh dan menggunakannya secara gratis. Selain itu memiliki banyak keuntungan lain, seperti:

  1. Penggunaan Mudah
    Antarmuka WordPress cukup mudah sehingga pemula cukup mudah menggunakannya. Anda dapat membuat website Anda sendiri hanya dengan beberapa klik tanpa perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam.
  2. Fleksibilitas
    WordPress memiliki banyak tema dan plugin yang dapat digunakan untuk menyesuaikan website Anda. Tema mengatur tampilan dan gaya website, sementara plugin menambahkan fitur tambahan seperti formulir kontak, SEO, dan fitur e-commerce.
  3. SEO friendly
    WordPress dirancang cocok dengan SEO (Search Engine Optimization) sehingga Anda dapat mengoptimalkan website untuk mesin pencari dengan relatif mudah, meningkatkan peringkat website sehingga membantu meningkatkan traffic.
  4. Komunitas besar
    WordPress memiliki komunitas pengguna dan pengembang yang besar dan aktif, dengan forum dan dukungan yang tersedia untuk membantu Anda menyelesaikan masalah yang mungkin Anda hadapi saat mengembangkan website Anda.

Sebagai platform yang open-source, WordPress dapat digunakan secara gratis dan dikembangkan oleh siapa saja, tetapi ada juga layanan hosting dan fitur tambahan yang dapat kita beli untuk meningkatkan kinerja dan keamanan website.

Membuat website dengan WordPress

Membuat website dengan WordPress cukup mudah, bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam desain web/pemrograman.

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuatnya:

  1. Pilih nama domain dan hosting
    Domain adalah alamat website dan hosting adalah tempat menyimpan data website Anda, pilih nama domain yang sesuai dengan bisnis/topik, kemudian cari penyedia hosting yang terpercaya seperti JogjaHost.co.id
  2. Unduh
    Unduh dari situs resminya dan instal di hosting Anda.
  3. Pilih tema
    Pilih tema yang sesuai dengan kebutuhan dan tampilan website Anda.
  4. Menambahkan plugin
    Lalu Anda dapat menambahkan plugin yang sesuai dengan keperluan, seperti formulir kontak, SEO, dan e-commerce sesuai dengan yang kebutuhan.
  5. Buat konten
    Buat konten website Anda, termasuk halaman utama, halaman produk (jika ada), dan halaman kontak.

Kesimpulan

WordPress adalah platform konten populer yang sangat fleksibel dan dapat berguna untuk membuat berbagai jenis website.

Dengan kemampuan untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas, serta dukungan dari komunitas pengguna yang besar, menjadi pilihan yang baik bagi siapa saja yang ingin membuat website dengan mudah dan efisien.

Related Post:

1 thought on “WordPress: Platform Konten Populer untuk Membuat Website”

Leave a Comment

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost