Search
Close this search box.

Cara Mendesain WordPress Agar Menarik

Pada kesempatan kali ini, akan membahas cara mendesain WordPress agar menarik dengan beberapa tips dan trik. Dalam mendesain WordPress, pastikan untuk memilih theme yang sesuai, membuat tampilan yang bersih dan minimalis, membuat konten yang mudah dibaca dan dipahami, menambahkan visual yang menarik, membuat navigasi yang mudah dipahami, dan menambahkan widget.

Dalam dunia digital, keberadaan website sangatlah penting bagi bisnis dan personal branding. Salah satu platform website yang populer digunakan adalah WordPress. Namun, desain yang menarik juga menjadi kunci penting agar website dapat menarik perhatian pengunjung. Dalam artikel ini, akan dibahas cara mendesain WordPress agar menarik dengan beberapa tips dan trik.

1. Memilih Tema

Langkah utama dalam membuat sebuah website adalah memilih atau menentukan tema. Pemilihan Theme yang sesuai sangatlah penting. Theme adalah kerangka atau template dasar yang digunakan dalam membuat tampilan website.

Pilihlah theme yang responsif dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan website Anda. Anda bisa memilih theme gratis atau berbayar yang tersedia di dalam WordPress, atau bisa juga membeli theme premium dari website seperti Themeforest atau Elegant Themes.

2. Mengelola CSS

Bagian kedua dari pembuatan sebuah website agar bisa menarik adalah mengenai CSS. Kebutuhan ini berkaitan dengan membuat tampilan yang bersih dan minimalis namun tetap menampilkan informasi yang menarik.

Desain website yang bersih dan minimalis menjadi tren populer dalam beberapa tahun terakhir. Tampilan yang minimalis dan tidak terlalu ramai dapat membuat pengunjung lebih fokus pada konten dan informasi yang disajikan. Pastikan untuk menghindari penggunaan terlalu banyak warna atau font yang berlebihan.

3. Membuat Konten

Membuat Konten yang Mudah Dibaca dan Dipahami Desain yang menarik saja tidak cukup, konten yang mudah dibaca dan dipahami juga harus menjadi perhatian utama. Pastikan untuk menggunakan font yang mudah dibaca dan memiliki ukuran yang cukup besar agar pengunjung tidak kesulitan membaca konten pada website Anda. Gunakan juga format teks yang jelas dan mudah dipahami seperti menggunakan heading, paragraf yang tidak terlalu panjang, dan bullet point.

4. Menambahkan Visual

Menambahkan visual yang menarik seperti gambar dan video juga dapat meningkatkan daya tarik website Anda. Pastikan untuk menggunakan visual yang berkualitas dan relevan dengan konten yang disajikan. Jangan gunakan gambar yang terlalu besar atau memakan waktu loading yang lama sehingga membuat pengunjung tidak sabar menunggu. Anda juga bisa menggunakan plugin seperti Smush untuk memperkecil ukuran gambar pada website Anda.

5. Membuat Navigasi

Navigasi yang mudah dipahami dapat membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah. Pastikan untuk menyusun menu navigasi yang terstruktur dengan baik dan mudah dipahami oleh pengunjung. Gunakan juga breadcrumb navigation atau navigasi cookiee untuk membantu pengunjung mengetahui letak mereka pada website Anda.

6. Menambahkan Widget

Widget adalah fitur yang memungkinkan Anda menambahkan konten atau informasi kecil pada halaman website. Anda bisa menambahkan widget seperti recent posts, archive, atau tag cloud untuk memberikan informasi tambahan bagi pengunjung.

Kesimpulan

Mendesain WordPress yang menarik dapat meningkatkan daya tarik website guna membantu meningkatkan pengunjung. Dalam mendesain WordPress, pastikan untuk memilih theme yang sesuai, membuat tampilan yang bersih dan minimalis, membuat konten yang mudah dibaca dan dipahami, menambahkan visual yang menarik, membuat navigasi yang mudah dipahami, dan menambahkan widget. Dengan mengikuti beberapa tips dan trik ini, diharapkan website Anda dapat menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan pengalaman pengunjung pada website Anda.

Dalam hal mendesain WordPress, tidak ada aturan yang pasti. Yang terpenting adalah mengikuti prinsip-prinsip desain yang baik dan menciptakan tampilan website yang sesuai dengan brand yang Anda miliki. Anda juga bisa mencari inspirasi desain dari website lain yang serupa dengan produk atau nama brand yang dianggap keren.

Namun, jangan sampai terlalu fokus pada desain saja sehingga mengabaikan kualitas konten dan informasi yang disajikan pada website Anda. Pastikan konten yang disajikan berkualitas dan relevan dengan brand Anda agar pengunjung tidak hanya tertarik dengan tampilan website saja, tetapi juga dengan informasi yang disajikan.

Dalam hal optimasi SEO, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal seperti menggunakan heading dengan benar, menambahkan meta description, dan menggunakan alt text pada gambar dan video. Hal-hal ini dapat membantu meningkatkan SEO pada website Anda dan membuat website Anda lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.

Terakhir, pastikan untuk selalu memonitor kinerja website Anda secara rutin dan melakukan perbaikan atau perubahan yang diperlukan agar website Anda selalu up-to-date dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung.

Catatan Ringkas

Heading:

  • Memilih Theme yang Sesuai
  • Membuat Tampilan yang Bersih dan Minimalis
  • Membuat Konten yang Mudah Dibaca dan Dipahami
  • Menambahkan Visual yang Menarik
  • Membuat Navigasi yang Mudah Dipahami
  • Menambahkan Widget

Subheading:

  • Pilihlah Theme yang Responsif dan Mudah Disesuaikan dengan Kebutuhan Website Anda
  • Hindari Penggunaan Terlalu Banyak Warna atau Font yang Berlebihan
  • Gunakan Font yang Mudah Dibaca dan Memiliki Ukuran yang Cukup Besar
  • Gunakan Visual yang Berkualitas dan Relevan dengan Konten yang Disajikan
  • Susun Menu Navigasi yang Terstruktur dengan Baik dan Mudah Dipahami oleh Pengunjung
  • Tambahkan Widget seperti Recent Posts, Archive, atau Tag Cloud

Related Post:

Leave a Comment

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost