Teknologi Informasi: Fungsi, Manfaat, & Prospek Masa Depan

Teknologi informasi semakin akrab dengan kita seiring perkembangan zaman terjadi. Secara sederhana, hal ini berkaitan erat dengan sistem komputer. Mulai dari hardware, software, internet, dan teknologi turunannya.

Manusia mengembangkan teknologi informasi pada dasarnya untuk memudahkan beberapa aspek kehidupannya. 

Bidang ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Ada semakin banyak orang yang bergantung dengan teknologi informasi. Di sisi lain, prospek kerja di bidang ini pun mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Untuk Anda yang masih pelajar atau mahasiswa semester awal, artikel definitif ini mungkin bisa bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran Anda.

Apa itu Teknologi Informasi?

Pengertian teknologi informasi menurut kamus Merriam Webster, “Teknologi yang melibatkan pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sistem komputer (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan (network/internet) untuk pemrosesan dan distribusi data”.

Dari definisinya, teknologi informasi sangat identik dengan perangkat komputer. Contoh teknologi informasi yang cukup umum misalnya: PC, laptop, smartphone, smartwatch, tablet, dll. 

Sebenarnya, radio, telepon, dan televisi termasuk dalam teknologi informasi. 

Namun, sekarang ini, pembahasan tentang teknologi informasi cenderung mengarah ke perangkat komputer, internet dan seluruh teknologi turunannya.

Di sekolah, Anda mungkin pernah mendapat pelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK). Tapi percayalah, itu belum ada seujung kukunya.

Penerapan teknologi informasi di dunia bisnis akan jauh lebih kompleks. Mulai dari perusahaan besar hingga minimarket sudah mengaplikasikan teknologi informasi.

Saking kompleksnya, profesi di bidang ini pun ada banyak jenisnya. Namun, terdapat 4 kategori besar untuk profesi di bidang teknologi informasi, yaitu:

  • Computer scientists, 
  • Computer engineers, 
  • Systems analysts, 
  • Computer programmers.

Trivia: Istilah “Teknologi Informasi” disebutkan untuk pertama kali pada suatu artikel Harvard Business Review. Artikel tersebut rilis sekitar tahun 1958.

Fungsi Teknologi Informasi

Sumber: Pixabay

Dalam konteks pekerjaan, Anda menggunakan komputer untuk apa saja? Tentu ada banyak hal. 

Misalnya, mengetik, menyimpan dokumen, mengirim dokumen ke atasan, dll.

Apakah Anda terbantu dengan itu? Pastinya. Secara umum, tujuan teknologi informasi adalah untuk memudahkan hidup manusia.

Aspek apa saja yang akan termudahkan? Nah, Anda bisa melihat dari 6 fungsi teknologi informasi berikut ini. Dari situ akan tergambar, aspek mana dalam pekerjaan Anda yang akan jadi lebih mudah.

1. Menangkap (Capture)

Fungsi pertama ini artinya menangkap setiap inputan kemudian mengkompilasinya menjadi data digital. Inputan nya bisa dari mana saja. Misalnya: keyboard, microphone, camera, dll.

Contohnya, Anda mengetik dengan keyboard di Ms. Word. Setiap huruf di keyboard yang Anda tekan akan tercatat di aplikasi Ms. Word. 

Contoh lainnya, Anda ingin membuat voice over. Saat Anda berbicara melalui microphone, suara Anda bisa terekam dan bisa Anda putar melalui komputer.

2. Mengolah (Processing)

Setelah menerima input, teknologi informasi juga berfungsi untuk mengolah data yang sudah Anda input. Setelah pengolahan data selesai, akan ada informasi baru yang Anda dapatkan.

Bentuk pengolahan datanya bisa berupa perhitungan, penggabungan data, konversi, analisis, dll.

Contohnya, Anda menginput data pembukuan Cafe ke aplikasi Ms. Excel. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan berbagai penghitungan. Dengan demikian Anda bisa mengetahui seberapa banyak pendapatan Cafe per bulan, berapa biaya operasional harian, berapa besar pengeluaran untuk bahan baku, dll. 

3. Menghasilkan (Generating)

Setiap kumpulan informasi yang Anda olah di komputer awalnya pasti tampak tak teratur. Dengan teknologi informasi, Anda bisa mengorganisasikan kumpulan informasi tersebut menjadi suatu “sajian” yang lebih mudah untuk orang-orang pahami.

Contohnya, dari data pembukuan Cafe, Anda bisa membuat suatu grafik atau tabel. Hal itu akan menunjukan informasi yang lebih user friendly daripada sekedar susunan angka semata.

Dengan teknologi informasi, Anda bahkan bisa menciptakan berbagai karya kreatif seperti desain grafis, video, rekaman musik, dll. 

4. Menyimpan (Storage)

Teknologi informasi juga berfungsi untuk menyimpan data jadi lebih ringkas. 

Semua data akan berwujud digital. Anda bisa menyimpannya di dalam perangkat komputer, hingga perangkat penyimpanan eksternal. Dengan demikian, Anda bisa membawa data tersebut kemanapun. 

5. Mencari Kembali (Retrieval)

Anda tentu pernah kesulitan saat mencari barang. Misalnya, mencari dokumen hardcopy yang Anda letakan dalam lemari berkas. 

Hampir seluruh umat manusia mengalami masalah dengan mencari barang. Maka dari itu, teknologi informasi pun diciptakan untuk bisa menjalankan fungsi retrieval. 

Data yang Anda simpan di komputer bisa dengan mudah Anda temukan kembali.  

Bahkan dengan adanya teknologi internet, Anda bahkan bisa mencari sesuatu dalam jangkauan yang lebih luas..

6. Transmisi (Transmission)

Fungsi terakhir ini berkaitan dengan pengiriman data dan informasi. 

Dengan adanya teknologi jaringan, terlebih lagi jaringan internet, proses mengirim data dan informasi juga jadi lebih cepat. 

Contohnya karyawan Cafe cabang harus mengirim data pembukuan kepada Anda di Cafe pusat. Mereka tidak perlu mengirim dokumennya melalui kantor pos. Dengan email, dokumen tersebut bisa Anda dapat hanya dalam hitungan detik.

Tujuan & Manfaat Teknologi Informasi

Sumber: Unsplash.com

Sebelumnya, kami sudah sampaikan bahwa tujuan utama teknologi informasi adalah untuk memudahkan hidup manusia. Terutama yang berkaitan dengan aspek informasi. 

Dari situ, tujuan teknologi informasi bisa kita jabarkan jadi 3 poin yang lebih spesifik, yaitu:

  • Membantu manusia memecahkan masalah terutama yang berkaitan dengan aspek informasi atau komunikasi. 
  • Mendukung manusia untuk mengembangkan kreativitasnya. 
  • Membantu membuat berbagai pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien.

Lalu bagaimana dengan manfaat teknologi informasi? Sebenarnya saat tujuan itu tercapai, ya itulah manfaat yang akan Anda dapatkan.

Seiring perkembangannya, teknologi informasi tidak hanya bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Di sisi lain, hal ini juga bermanfaat untuk memberikan hiburan. 

Teknologi Informasi untuk Masa Depan

Sumber: Pixabay

Teknologi informasi memiliki peran penting untuk kehidupan manusia di era ini dan yang akan datang. 

Seiring percepatan pada perkembangan zaman, peran teknologi informasi akan jadi semakin krusial. 

Tak mengherankan jika penyebaran ilmu tentang teknologi informasi mulai semakin massive. Pada akhirnya hampir setiap profesi akan bergantung dengan hal ini. 

Jika Anda tertarik mendalami bidang ini, ada beberapa jurusan kuliah yang bisa Anda ambil, misalnya:

  • Informatika,
  • Sistem Informasi,
  • Manajemen Informatika,
  • Teknologi Informasi,
  • Teknik Komputer, 
  • Rekayasa Perangkat Lunak,
  • Ilmu Komputer.
  • dll.

Tapi bagaimana prospek pekerjaannya?

Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, proyeksi pertumbuhan pekerjaan di bidang teknologi informasi bisa mencapai 11 persen (2019 hingga 2029).

Jenis pekerjaan yang permintaannya cukup tinggi ada di seputaran teknologi cloud computing, big data, dan information security. 

Teknologi Informasi: Teknologi Era Digital, Membuat Banyak Hal Serba Mudah

Teknologi informasi dalam konteks era ini berhubungan erat dengan perangkat komputer (hardware & software), internet, dan berbagai teknologi turunannya.

Hal ini memiliki 6 fungsi utama, yaitu: capture, processing, generating, storage, retrieval, transmission.

Tujuan dari teknologi informasi ini mencakup: pemecahan masalah, menunjang kreativitas, dan efektivitas/efisiensi pekerjaan. 

Prospek pekerjaan untuk bidang ini terlihat cukup cerah. Jika ingin terjun, ada beberapa studi yang bisa Anda ambil, misalnya: Informatika,  Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, dll.

Penutup

Anda harus mau belajar tentang teknologi informasi apapun profesi Anda. Hidup Anda di masa depan akan semakin bergantung dengan hal ini. Tidak perlu mendalaminya, setidaknya Anda bisa memanfaatkannya secara optimal untuk kebutuhan Anda.

Bagaimanapun teknologi informasi memiliki sisi positif dan negatif. Pastikan Anda memahami etika penggunaannya. 

Itu dia artikel tentang pengertian teknologi informasi dan berbagai poin penunjangnya. Semoga setelah membacanya, Anda bisa mendapatkan insight baru.

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost