Home Support

Instal SSL di VPS

SSL adalah sesuatu yang cukup penting dalam sebuah website. Ibarat pagar, SSL ini akan memberikan proteksi terhadap segala hal yang masuk dan mengarah ke website.

support

support SSL adalah hal yang sangat penting dalam sebuah website. Ibarat pagar, SSL ini akan memberikan proteksi terhadap segala hal yang masuk dan mengarah ke website. Pada tutorial kali ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan instalasi SSL di VPS. Kalau anda belum memesan memiliki VPS, anda bisa memesannya dengan panduan berikut ini : Cara Memesan VPS di Jogjahost. Berikutnya kita ikuti tutorial berikut ini!

Web-Server Apache

Melakukan instalasi SSL pada web-server Apache sangatlah mudah. Silahkan mengikuti step by step di bawah ini. Dan pastikan web-server Apache sudah aktif di VPS anda! Jika belum silahkan mengikuti tutorial berikut ini : Cara Mudah Menginstal Apache di VPS.

1. Mengaktifkan SSL di Apache

Untuk mengaktifkan SSL di Apache, silahkan masukan perintah berikut di terminal.

a2enmod ssl

Namun sebelumnya, pastikan anda sudah login di VPS anda. Jika anda belum bisa login, silahkan mengikuti tutorial berikut ini : Cara Mudah Melakukan Remote pada VPS.

Namun jangan lupa untuk melakukan restart service apache dengan memasuka kode berikut :

service apache2 restart

2. Membuat Folder SSL

Pada tahap ini anda diharuskan untuk membuat folder SSL yang mana berisi file .crt, .key, dan .ca-bundle. Silahkan masuk ke dalam folder /etc/apache2 dengan cara memberikan perintah berikut ini :

cd /etc/apache2

Kemudian silahkan masuk ke dalam folder ssl dan silahkan membuat file .crt, .key dan ca-bundle. Silahkan masuk ke dalam folder etc/apache2 dengan perintah berikut ini :

mkdir ssl

jogjahost-apache

Setelah itu masuk ke dalam folder ssl dan silahkan membuat file .crt, .key, dan .ca-bund dengan menggunakan perintah touch.

touch [NAMA FILE].crt
touch [NAMA FILE].key
touch [NAME FILE].ca-bundle

jogjahost-2 Perlu diingat bahwa anda harus membuat 3 file, sehingga ketika dilihat nanti akan muncul seperti berikut, Untuk nama filenya bebas, silahkan tulis sesuai dengan keinginan. jogjahost-3

3. Menyalin File .crt, .key dan .ca-bundle

Segera persiapkan file .crt, .key dan .ca-bund dari SSL anda. Kemudian copy ketiga file tadi satu persatu ke dalam file tadi.

nano [NAMA FILE.crt]

Lalu copy sesuai file .crt kamu.
Note! Jika Anda menggunakan text-editor nano, maka silahkan klik kanan paste. Kemudian save dengan cara menekan ctrl+x lalu tekan “Y” dan enter.

4. Melakukan instalasi SSL

File .crt, .key dan .ca-bund sudah selesai dipersiapkan. Sekarang saatnya kamu mengarahkan Apache ke ketiga file tadi. Caranya dengan memberikan perintah pada terminal :

cd /etc/apache2/sites-enabled/

Kemudian anda cari file default-ssl.conf yang mana nantinya, kamu harus mengedit konfigurasi dalam file tersebut. Untuk melakukan editing pada konfigurasi silahkan masukan perintah berikut ini :

nano default-ssl.conf

jogjahost-2 Setelah itu pada bagian SSLCertificateFile, SSLCertificateKeyFile,dan SSLCertificateChainFile diisi dengan path pada masing-masing path (lokasi) file.

SSLCertificateFile /etc/apache2/ssl/[NAMA FILE].crt
SSLCertificateKeyFile /etc/apache2/ssl/[NAMA FILE].key
SSLCertificateChainFile /etc/apache2/ssl/[NAMA FILE].ca-bundle

Jangan lupa untuk menghilangkan tandap # (pagar) sebelum tulisan SSLCertificateFile, SSLCertificateKeyFile dan SSLCertificateChainFile.

jogjahost-5 Kemudian pastikan Anda telah mengaktifkan SSLEngine, Caranya adalah dengan menghilangkan tanda pagar sebelum kata SSLEngine. jogjahost-6

5. Merestart Service Apache

Setelah konfigurasi selesai diaplikasikan jangan lupa untuk melakukan restart sistem,

6. Pengecekan SSL

Nah sekarang saatnya, kamu melakukan pengecekan apakah SSL berhasil terpasang atau belum. Adapun perintahnya yaitu,

openssl s_client -connect [NAMA DOMAIN]:443

jogjahost-5 Maka akan muncul rincian seperti di bawah ini. Pastikan bahwa ada nama provider SSL yang tertera di sana. Misalnya, SSL yang digunakan merupakan Comodo PositiveSSL. Maka akan muncul tulisan provide “COMODO” di dalamnya. jogjahost-5 Cara melakukan instalasi pada SSL di VPS dengan web server Apache sudah selesai. Silahkan mencoba!


Jika Anda masih mengalami kendala setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tim support dari JogjaHost dengan senang hati membantu Anda. Kami siap dihubungi 24 jam dalam sehari, 365 hari dalam setahun untuk membantu mengatasi masalah Anda. Silahkan hubungi kami dengan cara Klik di Sini. Nikmati banyak kemudahan dengan mempercayakan hosting Anda bersama JogjaHost. JogjaHost memastikan layanan yang kami berikan akan maksimal untuk menjaga kepuasan Anda.

support

Ingin dapat Hosting Paling Murah, Untung Berlipat?

Dapatkan layanan Unlimited SSD Storage, Unlimited Bandwidth, Unlimited Database, Unlimited Website, Litespeed Webserver dan Imunify360

Pesan Sekarang