Search
Close this search box.

10 Aplikasi Kasir Berbasis Android & iOS untuk Segala Bisnis

Aplikasi kasir atau POS (Point of Sale) secara umum berfungsi untuk memudahkan transaksi jual beli. Namun, aplikasi POS sudah berkembang pesat dan menyediakan banyak fitur untuk membantu pengelolaan bisnis Anda.

Di aplikasi POS yang premium, biasanya terdapat sejumlah layanan advance untuk membantu menjalankan manajemen bisnis Anda.

Anda yang menjalankan bisnis berbasis online maupun offline akan sangat termudahkan dengan aplikasi ini. Beberapa rekomendasi aplikasi kasir/POS berikut ini mungkin bisa referensi untuk Anda.

5/5 - (1 vote)

Apa itu Aplikasi Kasir/POS?

Sekarang ini, mesin kasir sudah so yesterday. Sebagai gantinya, sudah ada aplikasi kasir yang bisa Anda operasikan dengan tablet, bahkan HP.

Istilah lain untuk menyebut aplikasi kasir adalah aplikasi POS (Point of Sale).

Dengan aplikasi ini, transaksi jual beli akan menjadi lebih mudah. 

Manajemen produk, transaksi, inventori, staf, dll juga bisa Anda kelola dengan lebih efektif dan efisien. 

Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan report hingga analytic yang akan membantu memantau perkembangan bisnis Anda.

Berbisnis di era ini harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Ayo, coba manfaatkan aplikasi POS untuk mendukung manajemen bisnis Anda. Anda bisa mulai dulu dengan yang versi gratisan sebelum upgrade ke versi premium.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

Aplikasi POS yang kami rekomendasikan, semuanya sudah support perangkat Android. Beberapa sudah support iOS dan bisa Anda buka dengan PC melalui browser

Biasanya, aplikasi tersebut akan dioperasikan menggunakan tablet.

Berikut inilah beberapa aplikasi kasir pilihan kami.

1. Kasir Pintar

Sumber: Kasir Pintar

Aplikasi Kasir Pintar terdapat versi gratis dan pro/berbayar.

Anda yang baru merintis bisnis, bisa menggunakan versi gratis dulu. Setelah bisnis berkembang, Anda bisa langsung upgrade ke versi pro.

Untuk versi gratis, Anda sudah bisa mendapatkan beberapa fitur standar, misalnya: laporan semua transaksi, laporan umum, kelola pesanan, manajemen barang standar, e-katalog standar, barcode, integrasi e-wallet, dll. 

Jika Anda menggunakan ke versi pro, berbagai fitur standar akan upgrade menjadi lebih advance.

Selain itu, ada banyak fitur tambahan yang akan Anda dapatkan, misalnya: kapasitas inventory lebih banyak, multi-user, struk bebas watermark, dll.

Untuk melihat detail perbedaannya, Anda bisa melihatnya di sini.

Lalu bagaimana dengan harganya?

Untuk Kasir Pintar Pro, harga langganannya yaitu 50 ribu per bulan. Tetapi, Kasir Pintar juga memiliki beberapa layanan tambahan, misalnya: aplikasi desktop, business account, kitchen management, dll. 

Untuk mengetahui semua detail harganya, lihat di sini.

2. Qasir

Sumber: Qasir

Qasir adalah pilihan lain untuk Anda yang mencari aplikasi kasir gratis selamanya. Aplikasi ini memang memfokuskan diri untuk membantu para pelaku usaha mikro. Jadi mereka cukup menonjolkan layanan gratisnya.

Fitur gratisan dari Qasir sebenarnya relatif standar, tapi sudah cukup memenuhi kebutuhan usaha mikro.

Fitur standar dari aplikasi Qasir versi gratis misalnya: laporan penjualan dasar, struk digital, pembayaran digital (QRIS), transaksi digital, pengelolaan produk & stok, dll.

Bahkan di versi gratisan ini sudah ada manajemen staff dan outlet.

Namun, Qasir juga menyediakan versi Pro dan Premium Feature untuk Anda yang butuh fitur yang lebih advance. 

Untuk Qasir Pro, biaya langganannya hanya 30 ribu per bulan. 

Di sisi lain, Premium Feature tersedia secara terpisah. Setiap fitur tambahan yang Anda pilih, harganya akan berbeda.

Tidak seperti Kasir Pintar yang tersedia di iOS, Qasir baru tersedia di Android.

3. Moka POS

Sumber: MokaPOS

Aplikasi kasir Moka POS kini sudah berkembang menjadi merchant super app dan tergabung dengan ekosistem Gojek sejak tahun 2020.

Layanan dari Moka POS sudah sangat komprehensif

Coba pikirkan semua fitur advance dari aplikasi kasir. Moka Pos hampir memiliki semuanya. 

Namun, hal tersebut tentu saja sejalan dengan biaya yang harus Anda keluarkan. 

Moka POS hanya menyediakan layanan berbayar, dengan biaya langganan 299 ribu per bulan. Tenang saja, terdapat free trial. Jadi Anda bisa melakukan uji coba dulu sebelum berlangganan.

Selain layanan standar, Moka POS juga menyediakan layanan tambahan yang lebih advance lagi, misalnya: manajemen staf, CRM pro, manajemen stok, dan manajemen meja. 

Moka POS juga terintegrasi dengan GoStore. Melalui GoStore, Anda bisa membuat toko online sendiri dan semua transaksi akan tercatat di Moka POS. 

Tapi tentu saja setiap layanan tambahan tersebut juga butuh tambahan biaya.

4. Majoo

Sumber: Majoo

Butuh aplikasi kasir yang andal, tapi Moka POS terlalu mahal untuk Anda? 

Majoo mungkin bisa jadi pilihan. Ini merupakan aplikasi POS terbaik dengan harga yang lebih affordable.

Fitur-fitur di Majoo pun cukup komprehensif. Mulai dari aplikasi kasir online, CRM, manajemen inventori, laporan lengkap, manajemen karyawan, keuangan, QRIS, dan fitur-fitur lainnya sudah tersedia di sini.

Pembedanya, Majoo menyediakan paket Starter yang lebih murah. Paket Starter dari Majoo biaya langganannya hanya 129 ribu per bulan. Fitur-fitur aplikasi kasir yang premium sudah bisa Anda gunakan.

Jika ingin upgrade, paket Advance harga langganannya 249 ribu per bulan. 

Sayangnya, Majoo hanya bisa Anda gunakan dengan perangkat Android. Tapi Majoo juga menyediakan aplikasi kasir berbasis PC yang bisa Anda akses melalui browser.

5. Pawoon

Sumber: Pawoon

Pawoon menyediakan 3 pilihan paket sesuai kebutuhan Anda.

Terdapat paket Free, bisnis skala kecil. Paket Basic, untuk bisnis berkembang yang sudah mulai memiliki cabang. Paket Pro, untuk bisnis skala besar atau waralaba.

Pada paket gratisannya, Pawoon memberlakukan sejumlah batasan. Misalnya, maksimal transaksi hanya 500 per bulan, produk terbatas, laporan umum, dan penyimpanan data hanya satu bulan.

Mulai dari paket Basic, Anda sudah mendapatkan fitur aplikasi kasir yang lebih advance dan komprehensif.

6. Olsera

Sumber: Olsera

Butuh aplikasi kasir terbaik di Android yang harganya bersahabat? Olsera menawarkan paket Premium dengan harga terjangkau. 

Anda bisa mendapatkan paket premium hanya dengan biaya langganan 140 ribu per bulan. 

Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan berbagai fitur seperti: Aplikasi Back Office, laporan professional, manajemen staf, manajemen produk, manajemen inventori, CRM, dll.

Semuanya sudah lengkap. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk add on tambahan.

Olsera bahkan menyediakan fasilitas Go Online. Adanya fasilitas tersebut memungkinkan Anda untuk menerima layanan online delivery, take away, dine in, dan reservation

Anda bahkan bisa membuat toko online sendiri. Fasilitas ini kurang lebih seperti Go Store milik Moka POS.

7. iReap

Sumber: iReap POS

Aplikasi mesin kasir satu ini cukup terkenal dengan harganya yang affordable. Sangat membantu pelaku bisnis mikro untuk bisa lebih berkembang.

iReap Pro bisa Anda nikmati hanya dengan biaya langganan sebesar 99 ribu per bulan. iReap juga menyediakan aplikasi versi Lite untuk Anda yang ingin menggunakan layanan gratisan.

Fitur-fitur dari aplikasi ini pun relatif lengkap. Mulai dari store management, transaction, report & analytics semua sudah tersedia. 

Aplikasi Kasir untuk Mengelola Bisnis Lebih Profesional

Aplikasi POS (Point of Sales) merupakan bentuk pembaruan dari mesin kasir. Dengan aplikasi ini, bisnis Anda bisa terkelola dengan lebih baik. 

Aplikasi kasir terbaik di Indonesia ada banyak sekali. Ada yang menyediakan versi gratisan dengan fitur terbatas, ada juga yang menyediakan versi premium dengan fitur lebih advance.Rata-rata, setiap aplikasi sudah berbasis cloud dan bisa digunakan baik secara offline maupun online. Semua aplikasi bisa beroperasi di perangkat Android. Hanya beberapa yang sudah support dengan iOS dan desktop/PC.

Penutup

Banyaknya pilihan aplikasi kasir, mungkin akan membuat Anda bingung. 

Pilih layanan yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, sesuaikan juga dengan skala bisnis yang Anda jalankan. 

Jika bisnis Anda sudah mulai membesar, jangan ragu untuk menggunakan layanan yang lebih lengkap. Meski harganya lebih mahal, itu semua akan worth it untuk mendorong perkembangan bisnis Anda.

Semoga rekomendasi aplikasi kasir dari kami bisa sedikit membantu Anda dalam menentukan pilihan.

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

1 thought on “10 Aplikasi Kasir Berbasis Android & iOS untuk Segala Bisnis”

Leave a Comment

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost