Apa itu Blog? Kenali juga Jenis, Manfaat & Platform Blog

Blog termasuk salah satu jenis web yang bisa Anda buat dengan mudah dengan Blogger, Wordpress, Medium, dll. 

Anda bisa mengelolanya menjadi media Anda sendiri. Dari situ Anda bisa berbagi pemikiran Anda, mendukung pemasaran online bagi bisnis Anda, hingga memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan definisi blog, jenis-jenisnya, fungsi, manfaat, dan platform untuk membuat blog. 

Artikel ini bisa jadi referensi dasar untuk Anda para mahasiswa atau ibu rumah tangga yang tertarik menjadi blogger.

Apa itu Blog?

Menurut WPBeginner, Blog adalah salah satu jenis web yang kontennya tersaji secara reverse chronological (postingan terbaru muncul di bagian teratas). 

Hal ini ibarat suatu jurnal online yang secara umum, kontennya berbasis teks. Tapi bisa juga dikombinasikan dengan gambar ilustrasi, infografis, bahkan video untuk membuatnya lebih menarik.

Blog sendiri merupakan istilah lain dari “web log”. Blogging adalah istilah untuk mendeskripsikan suatu kegiatan mengelola blog. Sedangkan Blogger adalah istilah yang merujuk pada orang-orang yang memiliki atau mengelola blog.

Pada suatu blog terdapat “Blog Post” dan “Pages”. 

Blog post adalah konten utama yang akan terupdate secara reverse chronological. Anda bisa melihat keseluruhannya di bagian “Home”

Blog post juga bisa Anda masukan dalam kategori tertentu. Kemudian, kategori tersebut bisa Anda jadikan Menu.

Di sisi lain, Pages merupakan “halaman statis” yang ada dalam suatu blog. Pages biasanya orang-orang gunakan untuk membuat halaman About Us, Contact, dll.

Jenis-jenis Blog

Technology, Laptop, Woman, Girl, Hands, Work, Working
Sumber: Pixabay

Blog ada banyak jenisnya. Setidaknya ada 4 jenis blog yang orang-orang kenali secara umum:

1. Personal Blog

Personal blog adalah sebuah blog yang fokus pada author-nya. Kontennya bisa berupa pengalaman hidup, opini, atau sharing pengetahuan.

Maka dari itu, pada personal blog, pembahasannya bisa sangat beragam. Semuanya tergantung dari minat sang author. Tapi yang jadi ciri utamanya yaitu, kontennya banyak menggunakan perspektif personal.

Beberapa contoh personal blog misalnya: dadoralive.com, agusmulyadi.web.id, galadarling.com, dll.

2. Niche Blog

Niche blog adalah suatu blog yang membahas satu “topik” khusus. Misalnya topik seputar internet, makanan, travelling, fashion, kesehatan, dll.

Sebuah personal blog ada juga yang mengarah ke suatu niche tertentu. Contohnya yaitu blog Naked Traveler. Naked Traveler merupakan personal blog milik Trinity yang banyak membahas seputar dunia travelling.

Contoh lainnya yaitu:

3. Blog Perusahaan

Blog perusahaan adalah blog yang dikelola perusahaan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing. Blog ini biasanya terhubung dengan websitenya.

Blog perusahaan biasanya memiliki niche yang sejalan dengan bisnis perusahaan. 

Misalnya, Jogjahost yang mengelola blog: jogjahost.co.id/blog. 

Jogjahost menjalankan bisnis hosting dan registrasi domain. Maka dari itu, blog milik Jogjahost mengambil niche seputar website, internet, digital marketing, dan topik-topik yang berkaitan dengan hal itu. 

Contoh lainnya yaitu Tokopedia yang mengelola blog: tokopedia.com/blog.

Blog tersebut membahas banyak topik. Tapi setiap topiknya selalu mengarah ke layanan Tokopedia. 

Misalnya membahas tentang rekomendasi dispenser dengan galon bawah, kemudian mengarahkan pembaca untuk membeli dispenser di Tokopedia. Contoh lainnya yaitu membahas suatu film, kemudian mengarahkan pembaca untuk top up saldo MTix melalui Tokopedia. 

4. Blog Affiliasi  

Blog afiliasi adalah sebuah blog yang secara khusus untuk menjalankan affiliate marketing. 

Konsepnya yaitu membuat suatu review untuk mempromosikan layanan. Pada konten tersebut author akan menyematkan suatu kode referral. Jadi saat ada pembaca yang menggunakan kode referral itu, author bisa mendapatkan komisi.

Beberapa contoh blog afiliasi, misalnya:

  • Consumer Search, blog afiliasi untuk produk-produk di Amazon.
  • Nerdwallet, blog afiliasi yang mengambil niche produk keuangan. Misalnya, kartu kredit, hipotek, asuransi, investasi, dll.
  • Wirecutter, blog afiliasi ini mengambil ceruk gadget, barang-barang elektronik, dan perkakas rumahan. Sekarang, Wirecutter sudah menjadi bagian dari perusahaan New York Times. 

Fungsi & Manfaat Blog

Wordpress, Blogging, Writing, Typing, Macbook, Laptop
Sumber: Pixabay

Secara umum, fungsi blog adalah sebagai media yang bisa dikembangkan oleh khalayak luas untuk mempublikasikan suatu informasi, opini, cerita, pengetahuan, dll, di ranah online.

Dengan kata lain, siapa saja bisa membuat blog, dan menjadikannya medianya sendiri.

Selain itu, blog juga memiliki banyak manfaat. Beberapa contoh manfaat blog adalah sebagai berikut:

  • Wadah untuk mengekspresikan diri.
  • Sebagai wadah untuk menuangkan buah pikiran. 
  • Menjadi tempat untuk memajang portofolio.
  • Tempat untuk membangun reputasi dan meningkatkan exposure.
  • Sebagai sarana untuk menghasilkan pundi-pundi uang secara online.
  • Mendukung upaya branding suatu perusahaan.
  • Menjadi sarana untuk mengembangkan skill menulis.
  • Menunjang pemasaran bisnis di ranah online.
  • Menunjang strategi SEO suatu website.
  • dll.

Ada begitu banyak manfaat blog yang bisa Anda rasakan. Ayo coba untuk membuat blog Anda sendiri. 

Jangan khawatir, caranya tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Platform Blog

Wordpress, Hand, Logo, Background Image, Blogging
Sumber: Pixabay

Untuk membuat blog, Anda tidak harus memiliki skill membuat website. 

Ada banyak platform blog yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Anda bahkan bisa membuat blog gratis dengan platform-platform tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa platform blog gratis terbaik yang bisa Anda gunakan:

  • WordPress
  • Blogger
  • Medium

Tenang saja, cara mengoperasikan platform-platform tersebut relatif mudah. Anda tidak harus bisa bahasa pemrograman. 

Sudah ada template blog yang tersedia. Anda bisa memilih desain template-nya sesuai keinginan Anda. Setelah itu, Anda tinggal mengatur template tersebut sesuai kebutuhannya.

Jika secara teknis Anda masih awam, ada banyak tutorial yang bisa Anda temukan. 

Apabila Anda sudah merasa advance dalam blogging, sebaiknya upgrade blog Anda jadi profesional. Gunakan domain profesional dan hosting premium.

Di Jogjahost, Anda bisa membeli paket SSD Hosting untuk menyewa hosting premium dan registrasi domain profesional. Paket dari Jogjahost tersebut relatif murah tapi performa hostingnya tetap andal dan layanannya juga optimal. 

Blog: Jurnal Online dengan Banyak Manfaat

Blog merupakan salah satu jenis website yang bisa jadi jurnal online. Semua orang bisa dengan mudah membuatnya dan menggembangkannya sebagai media milik sendiri.

Blog bisa menjadi suatu media personal, media dengan niche tertentu, media milik suatu perusahaan, hingga media untuk menjalankan affiliate marketing.

Selain berfungsi sebagai media yang bisa dikembangkan sendiri oleh orang-orang. Blog juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari wadah untuk berbagi pemikiran, tempat untuk mengembangkan skill penulisan, sarana mendukung pemasaran digital, hingga sarana untuk mendapatkan uang tambahan.

Anda bisa membuat blog secara gratis menggunakan platform seperti WordPress, Blogger, Medium, dll. Jika ingin mengembangkannya jadi blog profesional, registrasikan top level domain dan gunakan layanan hosting dari Jogjahost.

Penutup

Di era ini, popularitas blog sudah kalah dari sosial media. Tapi blog masih bisa Anda optimasi fungsinya untuk menunjang bisnis dan berbagai hal lain.

Bagaimanapun, blog tidak bisa Anda sepelekan manfaatnya.

Semoga ulasan tentang apa itu blog, jenisnya, fungsi, manfaat, dan platform blog, bisa jadi referensi bermanfaat.

 

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost