Apa itu Brainware? Mengenal Fungsi & Jenisnya

Secara umum, sistem komputer terdiri dari tiga elemen utama, yaitu hardware, software, dan brainware. Brainware merupakan manusia yang menjalankan sistem komputer tersebut.

Brainware sendiri ada banyak jenisnya. Klasifikasi brainware tergantung peran mereka ketika menggunakan komputer.

Pembahasan tentang brainware termasuk dalam materi dasar-dasar TIK. Artikel ini akan cocok untuk para pelajar atau guru TIK. Di sini kami akan menjelaskan mulai dari pengertian brainware, fungsi brainware dan jenis atau contoh brainware.

Apa itu Brainware?

Pengertian brainware adalah perangkat intelektual yang berperan sebagai pengguna perangkat komputer (hardware dan software).

Singkatnya, yang dimaksud dengan brainware adalah manusia yang menggunakan komputer. 

Contoh brainware yang paling sederhana ya Anda sendiri yang sedang membaca artikel ini melalui perangkat komputer. 

Brainware termasuk 3 elemen atau komponen utama pada sistem komputer. 

Kok seperti itu? 

Memangnya siapa yang mau menjalankan sistemnya jika bukan manusia. 

Bagaimanapun, hanya komponen brainware atau manusia lah yang bisa mengoperasikan hardware dan software.

Fungsi Brainware

Sumber: Freepik

Manusia yang mengoperasikan komputer memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Maka dari itu, fungsi brainware juga bermacam-macam. 

Secara umum, fungsi brainware terdiri dari 5 hal, yaitu:

1. Merancang Sistem

Seorang sistem analis bertugas mendesain suatu sistem. Mereka berperan pada proses perancangan sistem hingga sistem bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, seorang sistem analis harus menguasai setiap aspek komputer. Dengan demikian, mereka bisa membuat rancangan sistem yang solid.

2. Membuat Program/Aplikasi Komputer

Pada suatu unit komputer biasanya terdapat program atau aplikasi. 

Program tersebut tidak tiba-tiba ada dong. Tentu saja ada orang yang membuatnya.

Orang yang berperan membuat program merupakan seorang programmer.

Untuk menunjang pembuatan program atau aplikasi, seorang programmer wajib menguasai penggunaan bahasa pemrograman. Serangkaian bahasa pemrograman itulah yang akan mereka susun menjadi suatu aplikasi yang bisa Anda gunakan. 

3. Mengelola Sistem Komputer

Suatu sistem membutuhkan suatu pengelolaan. Maka dari itu, perlu adanya seorang brainware yang berfungsi sebagai administrator.

Seorang administrator akan mengelola semua hal yang ada di sistem komputer. Misalnya, mengelola hak akses, sistem operasi, program, data, menjaga alur sistem, dll.

4. Melakukan Maintenance

Tidak ada suatu sistem yang sempurna. Selalu ada potensi masalah yang akan muncul. Oleh sebab itu, butuh seseorang yang berfungsi dalam menjalankan maintenance.

Seorang teknisi lah yang akan menjalankan tugas maintenance.

Cakupan tugas teknisi meliputi perawatan sistem dan melakukan perbaikan jika terjadi error. 

Seorang teknisi juga berperan pada proses perancangan sistem komputer. Merekalah bertugas melaksanakan instalasi, baik itu instalasi hardware maupun software sistem operasi.

5. Sebagai Operator/User

Operator merupakan seseorang yang menjalankan komputer, melalui program di dalamnya, untuk berbagai kebutuhan. Dengan kata lain, operator merupakan user secara umum.

Jenis-jenis Brainware

Sumber: Freepik

Setiap orang yang menggunakan komputer merupakan komponen brainware. Maka dari itu, contoh brainware sebenarnya sangat banyak sekali. Jenisnya pun bervariasi.

Jika berbicara tentang jenis-jenis brainware, biasanya berkaitan dengan profesi yang banyak bersinggungan dengan sistem komputer.

1. Web Programer

Seorang programmer web menggunakan sistem komputer untuk membuat aplikasi berbasis web. Seorang programmer web banyak bergelut dengan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, PHP, Java Script, AJAX, dll.

Supaya aplikasi web bisa diakses secara online, web tersebut harus di hosting dan perlu registrasi domain.

Jogjahost merupakan penyedia layanan hosting dan registrasi domain untuk berbagai skala. Mulai dari skala personal, bisnis rintisan, hingga enterprise.

2. Gamers & Game Developer

Saat ini, e-sport sedang naik daun. Para gamers e-sport tentu saja termasuk dalam klasifikasi brainware. 

Bagaimanapun, game yang mereka mainkan merupakan program komputer. 

Selain para gamers, pembuat game atau game developer juga termasuk brainware. Mereka menggunakan game engine untuk memprogram game.

3. Teknisi Jaringan

Seorang teknisi jaringan berperan mengurusi masalah teknis seputar jaringan komputer dan internet. Maka dari itu, mereka banyak bersinggungan dengan kabel LAN, router jaringan, repeater, switch, hub, modem internet, komputer server, dll.

Mereka tidak hanya bersinggungan dengan hardware. Teknisi jaringan juga harus menguasai beberapa program komputer yang berkaitan dengan jaringan. 

4. Security Specialist

Saat komputer sudah terhubung ke jaringan internet, sangat rawan terjadi peretasan. Maka dari itu, munculah seorang security specialist yang memiliki peran krusial di bidang keamanan jaringan. 

Semua masalah teknis yang berkaitan dengan keamanan jaringan, masuk dalam cakupan tugasnya.

Seorang security specialist biasanya juga memiliki skill di bidang hacking.

5. Desainer Grafis & Illustrator

Seorang desainer grafis dan ilustrator banyak menggunakan aplikasi desain di komputer. 

Meski sama-sama di bidang desain, desainer grafis dan ilustrator memiliki peran spesifik yang berbeda.

Tugas seorang desainer grafis yaitu membuat suatu materi visual grafis, misalnya: desain poster, logo, spanduk, banner, dll.

Di sisi lain, seorang ilustrator bertugas membuat suatu gambar ilustrasi seperti gambar karakter, karikatur, wajah, dll. Untuk menunjang tugasnya, seorang ilustrator harus bisa menggambar. 

6. Database Administrator

Suatu organisasi besar biasanya memiliki suatu sistem database untuk menyimpan seluruh data-data berharganya. Seorang database administrator lah yang bertanggung jawab mengelola sistem database tersebut.

Tugas mereka meliputi pengelolaan hak akses terhadap suatu data, mendokumentasikan data dengan teratur, memantau perubahan data, memantau server database, dll.

7. Blogger

Blogger merupakan sebuatan untuk seseorang yang aktif menjalankan blog. Mereka banyak menggunakan komputer untuk menulis di platform blog, tentu saja. 

Blogger yang sudah cukup mapan biasanya akan mengupgrade blog mereka dengan self hosting dan domain profesional. Layanan Jogjahost bisa jadi pilihan tepat untuk itu. 

8. Netter

Istilah netter merujuk pada setiap orang yang aktif mengakses internet. Dengan kata lain, netter cakupannya sangat luas karena hampir semua kalangan sudah bisa terhubung ke internet.

Brainware Komponen Penting untuk Mengoperasikan Sistem Komputer

Brainware pada dasarnya mengacu pada setiap manusia yang menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. 

Fungsi brainware sendiri tidak sebatas user biasa yang mengoperasikan komputer. 

Setiap brainware memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Selain jadi user atau operator, masih ada beberapa fungsi lain, misalnya: membuat rancangan sistem komputer, membuat program/aplikasi komputer, mengelola sistem komputer, dan menjalankan tugas maintenance pada sistem komputer.

Maka dari itu, ada beberapa jenis brainware yang memiliki title khusus tergantung kapasitasnya, misal: web programmer, game developer, teknisi jaringan, security specialist, desainer grafis, ilustrator, database administrator, blogger, netter, dll.

Penutup

Terus kembangkan kapasitas Anda dalam mengoperasikan komputer. Dengan demikian, Anda bisa mengoptimalkan kinerja perangkat komputer untuk menunjang kebutuhan Anda.

Itu dia sekilas artikel tentang apa itu brainware, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bisa jadi materi referensi pembelajaran Anda.

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost