Search
Close this search box.

8 Cara Optimasi Tiktok Datangkan Banyak View, Follower & Engagement

Untuk bisa mencari uang melalui Tiktok, jumlah view, follower, dan tingkat engagement yang tinggi jadi syarat utama.

Untuk bisa mencapai hal tersebut, Anda harus melakukan sejumlah strategi optimasi Tiktok. Target awal dari strategi optimasi yaitu bisa masuk di FYP milik banyak orang.

Anda yang ingin berpenghasilan melalui internet wajib menyimak ulasan ini. Artikel ini akan membahas strategi optimasi Tiktok. Jika berhasil menjalankannya, Anda bisa mendapatkan penghasilan sebagai Tiktokers.

5/5 - (1 vote)

Kunci utama optimasi Tiktok datangkan banyak view, engagement, dan follower adalah menembus For-You Page (FYP).

Percuma saja konten Anda spektakuler tapi tidak berhasil menembus FYP. Jangkauan konten Anda tidak akan maksimal. 

Konten yang masuk FYP berarti banyak muncul di beranda orang-orang. Kondisi itu tentu sangat berperan penting untuk meningkatkan view, engagement, dan follower.

Bagaimana orang-orang bisa menonton video, memberikan like atau komen, dan mengikuti akun Anda, jika konten tersebut tidak pernah muncul di hadapan mereka.

Sudah paham ya, kenapa menembus FYP itu penting.

Sebelum membahas cara optimasi Tiktok lebih jauh, kita kenalan dulu dengan apa itu FYP.

Apa itu FYP

FYP atau For-You Page pada dasarnya adalah halaman beranda dari Tiktok. 

Namun, halaman beranda milik Tiktok ini berbeda dari sosial media lain. Di Instagram atau Twitter misalnya, halaman beranda akan berisi postingan dari akun yang Anda follow.

Sumber: Play Store

Sedangkan FYP di Tiktok menampilkan rekomendasi video dari Tiktok. Dengan kata lain, FYP ini seperti tab Explore di IG. Tapi posisinya sebagai beranda atau halaman awal.

Untuk rekomendasi video yang muncul di FYP, Tiktok sesuaikan dengan minat yang dipilih user dan kebiasaan user ketika berinteraksi di Tiktok.

Cara Masuk FYP Tiktok: Strategi Optimasi Jangkauan Konten

Pada poin sebelumnya, kami sudah menjelaskan bahwa FYP akan menyesuaikan minat dan kebiasaan user.

Artinya, Anda harus membuat jenis konten yang banyak peminatnya, supaya konten Anda berpotensi masuk ke FYP banyak orang. 

Berikut ini beberapa optimasi yang bisa Anda lakukan:

#1. Memilih Niche

Jika ingin serius bermain Tiktok, buatlah itu terkonsep. Maka dari itu, Anda harus memilih niche tertentu. 

Lihatlah beberapa contoh Tiktoker populer berikut ini:

Mereka memiliki niche yang jelas. 

Sebagian besar konten mereka dikonsep sesuai dengan niche tersebut. 

Meski ada beberapa konten yang sekedar mengikuti tren, tapi DNA mereka tetap jelas. 

Akun dengan niche yang jelas biasanya tingkat engagement nya akan lebih tinggi. Pasalnya, audiens mereka akan terbentuk dan bisa jadi lebih militan.

Anda masih bingung memilih niche apa?

Jika mengacu pada data di 2020, jenis konten dengan popularitas tertinggi yaitu: comedy, education, fashion/beauty, talent, & food. 

#2. Mengoptimasi Konten

Sumber: Youtube.com/SyedMuktasid

Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan ketika membuat konten, misalnya:

  • Format video. Di Tiktok, format vertikal lebih disarankan daripada horizontal. Hal itu untuk meningkatkan experience penonton. Menonton video vertikal akan lebih nyaman dan bisa terlihat full di HP.
  • Kualitas video. Maksimalkan production value dari konten Anda. Sama seperti Anda, orang-orang tentu akan lebih menikmati video yang gambarnya jernih dan editingnya bagus.
  • Kreativitas. Buatlah konten yang kreatif. Optimalkan editing dan terapkan konsep yang menarik. 

Tapi jangan terlalu eksplore berlebihan. Karakter penonton Tiktok kurang tertarik dengan sesuatu yang terlalu “berat” konsepnya.

  • Manfaat. Konten bermanfaat tidak hanya menarik bagi penonton, tapi juga berpotensi mendapat share tinggi. Sekali waktu Anda bisa membuat konten berupa tips, tutorial, informasi penting, dll.

Semua aspek tersebut bisa Anda optimalkan supaya konten Anda bisa mendapat like, comment, atau share yang banyak (tingkat engagement).

#3. Mengikuti Trend & Challenge

Sumber: Hit.com

Apabila ada suatu jenis konten yang sedang trend, coba ikuti.

Apalagi jika ada challenge yang sedang hype. Jangan sampai melewatkan itu. Terlibat dalam challange berpotensi meningkatkan jangkauan profil Anda.

Supaya tidak skip dengan trend yang sedang berlangsung, Anda harus terus mengobservasi dengan cermat. 

Ikut-ikutan trend itu tidak dosa. Tidak usah merasa risih. Jika ingin terlihat berkelas, Anda masih bisa mengemas konten yang mengikuti trend dengan lebih kreatif.

#4. Menggunakan Sound yang Sedang Trend

Sumber: Later.com

Sebenarnya poin ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Kami membuatnya terpisah supaya hal ini jadi highlight tersendiri.

Sama seperti challenge, sound yang sedang hype juga sudah teroptimasi. 

Orang-orang pasti sedang intens berinteraksi dengan sound tersebut. Maka dari itu, ketika Anda ikut menerapkannya, potensinya lebih besar untuk masuk FYP banyak orang.

#5. Kolaborasi

Sumber: Youtube.com/ItsMe

Sumber: 

Ada sebuah terminologi di sosial media, yaitu “cross-pollination”. 

Terminologi merujuk pada kegiatan kolaborasi para content creator di sosial media. Tujuannya adalah untuk mendapatkan akses ke lebih banyak follower. 

Logikanya kurang lebih seperti ini. Misalnya Anda berkolaborasi dengan content creator lain bernama Jumadi. 

Pada saat Jumadi mengupload konten kolaborasi tersebut, follower Jumadi pasti akan melihat Anda. Harapannya di antara follower-follower Jumadi itu ada yang penasaran, kemudian mencari tahu, jadi tertarik, lalu mem-follow akun Anda.

Nah, Tiktok memiliki fitur kolaborasi yang unik yaitu “Duet”.

Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk merespon video dari Tiktokers lain dan mengemasnya jadi suatu kolaborasi. Dengan kata lain, fitur ini memfasilitasi Tiktokers untuk saling berkolaborasi secara tidak langsung.

Nah, Anda bisa mengoptimalkan fitur Duet ini untuk “Panjat Sosial” dan mendulang lebih banyak follower

#6. Optimasi Hashtag & Caption

Sumber: Later.com

Di Tiktok, hashtag memiliki peran yang sangat krusial. Jangan sampai Anda melewatkan hal ini. Pastikan konten yang Anda publish mengandung beberapa hastag yang relevan.

Lalu bagaimana dengan optimasi hastag?

Nah, optimasi pada hastag masih berkaitan dengan poin ketiga. Dengan kata lain, Anda bisa membuat konten yang serang trend supaya bisa memasukan hastag yang sedang populer juga.

Terdapat fitur “Temukan” di Tiktok yang bisa menampilkan berbagai hashtag yang sedang hype. 

Untuk bagian caption juga perlu Anda optimasi. Anda tidak perlu membuat caption yang njlimet dan panjang. 

Buat saja yang sederhana, tapi membangun rasa penasaran. Jadi audiens Anda tertarik menontonya hingga video selesai.

#7. Jadwal Upload

Sebenarnya ini adalah strategi basic dari optimasi sosial media.

Anda harus tahu kapan user Tiktok sedang aktif-aktifnya. Jadi pada saat Anda upload konten, orang-orang bisa langsung melihat konten Anda.

Ada beberapa pihak yang merumuskan jadwal upload TikTok agar FYP. Anda bisa mengacu dari penemuan tersebut. Kira-kira seperti inilah jadwalnya:

Sumber: Ponselio

#8. Share

Jangan malas untuk share konten Tiktok Anda di berbagai kanal sosial media yang Anda miliki. 

Hal itu berguna untuk menggaet lebih banyak audiens. Semakin luas kontenmu tersebar, setidaknya ada potensi untuk meningkatkan jumlah view. 

Optimasi Tiktok untuk Menjadikannya Sebagai Tambang Emas

Di Tiktok, Anda bisa mendapatkan uang dari kerjasama dengan brand. Maka dari itu, Anda harus mengoptimasi akun Tiktok hingga mendapatkan follower, view dan engagement tinggi.

Pada masa-masa merintis, tujuan Anda adalah masuk ke FYP banyak orang. Adapun strategi yang bisa Anda kerjakan, misalnya:

  • Memilih niche yang populer,
  • Mengoptimalkan konten,
  • Mengikuti trend & challenge,
  • Menggunakan sound yang sedang hype,
  • Banyak kolaborasi dengan memanfaatkan fitur Duet,
  • Mengoptimalkan penggunaan hastag,
  • Upload di jam yang tepat,
  • Share konten ke berbagai kanal yang Anda punya.

Penutup

Sudah ada semakin banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. Salah satunya dengan Tiktok.

Saat ini brand sedang banyak masuk ke Tiktok. Potensi perputaran uang di Tiktok akan semakin besar. Maka dari itu, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan ini.

Semoga artikel cara optimasi Tiktok ini bisa jadi panduan untuk Anda dan Anda bisa segera mencobanya.

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

1 thought on “8 Cara Optimasi Tiktok Datangkan Banyak View, Follower & Engagement”

Leave a Comment

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost