5 Platform Cek Plagiarisme Terbaik untuk Konten Blog/Web

Untuk menjaga kepercayaan audiens dan menghindari penalti Google, Anda wajib membuat konten yang bebas plagiarisme. 

Anda wajib melakukan cek plagiarisme untuk setiap konten yang akan Anda terbitkan di blog/web. Ada banyak plagiarism checker yang bisa Anda gunakan.

Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan 5 platform untuk Anda. 

Anda yang mengelola blog/web atau berprofesi sebagai content writer pemula, mungkin bisa melihat artikel ini sebagai referensi.

Jangan permalukan diri Anda dengan konten blog/web yang terbukti plagiat. Pastikan Anda melakukan “cek plagiarisme” pada konten Anda, sebelum menguploadnya.

Plagiat atau plagiarisme adalah suatu tindakan menjiplak atau menyalin karya orang lain dan mempublikasikannya atas nama Anda. 

Hal itu merupakan suatu kecurangan. 

Jangan sampai reputasi blog/web Anda rusak karena melakukan hal itu. 

Memang, menulis artikel dengan pembahasan yang 100% original itu sangat sulit. 

Hampir setiap blogger, bahkan content writer profesional pun pasti mengambil referensi dari artikel lain, kemudian mengemasnya menjadi konten baru. 

Ya setidaknya, tulislah dengan kata-kata yang baru. Apabila menggunakan material (gambar, video, potongan teks) milik orang lain, jangan lupa berikan kredit.

Web cek plagiarisme berikut ini akan jadi tools penting untuk Anda para blogger dan content writer. Dengan tools cek plagiarisme online berikut ini, Anda bisa menguji konten Anda, dan memastikannya bebas dari aturan plagiarisme.

Tools Plagiarism Checker

1. Copyscape

Bagi kalangan blogger, content writer, dan pemilik web, Copyscape sangatlah populer. 

Tools ini memiliki layanan gratis dan premium.

Namun, versi gratisannya agak sedikit berbeda. Anda hanya bisa mengecek plagiarisme untuk konten yang sudah publish secara online. 

Sumber: Copyscape

Jadi, fitur gratisannya bukan untuk memeriksa plagiarisme pada konten yang Anda buat. Tapi untuk memfasilitasi Anda menemukan blog/website lain yang memplagiat konten Anda.

Anda harus menggunakan layanan premium untuk bisa mengecek plagiarism pada konten yang Anda tulis. 

Sumber: 97Unique.com

Paket premium Copyscape menggunakan sistem kredit. Anda bisa membeli kredit premium di muka dengan kartu kredit dan Paypal. Setiap kali Anda melakukan pengecekan, kredit premium akan terpotong sesuai beban biayanya.

Per 200 kata, biayanya $ 0,03. Untuk setiap tambahan 100 kata, biayanya  $ 0,01.

2. Grammarly

Sebenarnya, Grammarly merupakan aplikasi grammar checker (pemeriksa tata bahasa) teks berbahasa Inggris. 

Plagiarism checker jadi salah satu fitur tambahan. Meski begitu, fitur plagiarism checker dari Grammarly (versi premium), keandalannya sudah mendapat banyak pengakuan.

Sumber: Master Blogging

Grammarly mampu membandingkan teks Anda dengan 16 miliar halaman web dan database ProQuest. ProQuest merupakan database untuk jurnal akademik. 

Terdapat versi gratisan di sini, tapi hanya untuk pemeriksaan level basic.

Untuk pemeriksaan yang lebih advance, Anda perlu menggunakan paket premium. Biayanya $12.00 per bulan yang akan ditagih per tahun.  

3. Quetext

Teknologi Deep Search pada Quetext membuat platform ini masuk dalam jajaran plagiarism checker terandal.

Teknologi tersebut membuat pengecekan plagiarisme semakin akurat. Apabila fitur ini Anda aktifkan, waktu pengecekannya akan sedikit lebih lama. Tapi hal itu sangat sebanding dengan akurasinya.

Sumber: Quetext

Selain Deep Search, Quetext juga memiliki fitur Citation Assistant. Salah satu fitur unggulan Quetext ini bisa membantu Anda dalam membuat kutipan yang tidak melanggar aturan plagiarisme.

Platform ini menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Untuk layanan gratis hanya bisa Anda gunakan untuk mengecek 2.500 kata/bulan per satu pengguna. 

Di sisi lain, layanan premium nya, $9,99 untuk 100 ribu kata per bulan. Apabila pengecekan bulanan Anda melebihi kuota tersebut, Anda bisa menambah kuotanya dengan membeli kredit tambahan.

4. PlagScan

Platform ini sudah beroperasi sejak tahun 2009 dan masih tetap andal hingga saat ini. 

Akurasi dan kecepatan dalam pengecekan jadi salah satu keunggulan dari PlagScan

Sumber: Plagscan

Platform ini juga unggul dalam hal fleksibilitas.

Anda bisa mengatur sumber pembanding untuk pengecekan. Misalnya Anda atur hanya membandingkan teks dengan sumber dari web. 

Sensitivitas pengecekan juga bisa Anda atur. Maka dari itu, hasilnya bisa bervariasi tergantung bagaimana Anda mengaturnya.

Pilihan paketnya juga sangat variatif, memberi Anda fleksibilitas lebih untuk memilih.   

Misalnya untuk Private Plans/PlagScan One, terdapat 4 opsi: 

  • $5.99 per 6.000 kata,
  • $12.99 per 17.500 kata, 
  • $24.99 per 40.000 kata,
  • $49.99 per 100 ribu kata.

PlagScan One ini sifatnya prabayar. Artinya Anda hanya membayar paket sesuai kebutuhan, tanpa perlu berlangganan.  Apabila kuota pengecekan habis, Anda bisa membeli ulang paketnya.

Ada juga paket Business/PlagScan Pro yang menyediakan 3 paket langganan bulanan: Lite, Professional, Enterprise. Anda bisa mengatur sendiri berapa banyak kata untuk pengecekan per bulan. Nanti biayanya akan menyesuaikan.

5. Copyleaks

Copyleaks mengklaim memiliki milyaran database dan menggunakan AI untuk menjalankan pengecekan plagiarisme. Hal tersebut akan menunjang akurasi pengecekan plagiarisme. 

Platform ini menjadi semakin istimewa karena kemudahan akses di perangkat mobile. 

Sumber: Copyleaks

Anda juga bisa mengecek plagiasi dalam berbagai bentuk file, termasuk file gambar. Dengan demikian Anda jadi bisa mengecek plagiarisme pada dokumen fisik. Anda bisa memfoto atau menscannya untuk melakukan pengecekan.

Skema pembiayaannya hampir mirip seperti PlagScan Pro. Anda bisa mengatur sendiri berapa banyak halaman yang bisa Anda cek per bulannya. Nanti biayanya akan menyesuaikan. 

Secara umum, Copyleaks menyediakan dua paket yaitu paket Education/Academic dan Business/Enterprise.

Jenis Plagiarisme

Anda mungkin sudah cukup yakin tidak copy-paste artikel orang. Tapi kenapa ketika Anda cek plagiarisme, terdapat beberapa bagian yang plagiat?

Jangan panik! Ada beberapa bentuk plagiarisme. Hal ini pun bisa terjadi secara tidak sengaja.

Itulah kenapa Anda harus melakukan cek plagiarisme meski sudah yakin tidak menjiplak. Apabila ada plagiarisme tidak sengaja, Anda bisa memperbaikinya.

Ada beberapa jenis plagiarisme yang dikenal secara umum, yaitu:

  • Verbatim Plagiarism – Menyalin konten orang lain dengan sama persis atau full copy-paste.  
  • Mosaic Plagiarism – Menyalin sebagian teks dari suatu sumber dengan sama persis, kemudian menggabungkannya ke konten yang Anda tulis sendiri. Contoh plagiarisme mozaik, misalnya menyalin teks definisi ahli tanpa memberikan kredit dan tanda petik. 
  • Global Plagiarism – Mengklaim langsung seluruh karya orang lain, sebagai milik pribadi.
  • Self Plagiarism – Mengirimkan karya milik Anda pribadi, tapi karya tersebut sudah pernah digunakan. Misalnya, Anda mengirim artikel yang pernah termuat di media A ke media B. Tapi, ke media B Anda mengakui artikel tersebut sebagai artikel baru. 
  • Accidental Plagiarism – Suatu plagiarisme tidak sengaja, terjadi tanpa intensi untuk menjiplak. Contoh plagiarisme tidak sengaja, misalnya ada kesamaan frasa di artikel yang Anda tulis dengan artikel lain.   

Cek Plagiarisme: Pastikan Konten Anda Orisinil

Platform plagiarism checker sangatlah esensial bagi blogger atau pemilik web agar terhindar dari penalti Google. 

Bagi Anda yang bekerja sebagai content writer profesional, optimalkan tools ini untuk menunjang pekerjaan Anda. Meski Anda hanya pekerja freelance, tetap upayakan untuk menggunakan plagiarism checker premium. Anda bisa mencari tools yang harganya relatif murah. Kami pastikan, value Anda akan meningkat di mata klien.

Penutup

Pada prinsipnya, tidak ada tools yang benar-benar sempurna. Semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan. 

Kami pastikan, kelima tools di atas memiliki akurasi tinggi. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget.

Semoga artikel ini bisa jadi referensi bermanfaat. Apabila Anda memiliki rekomendasi platform cek plagiarism lain, silahkan sampaikan di komentar.  

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost