Sudah tahu bentuk copywriting? Contoh copywriting sangat mudah Anda temui di keseharian. Di billboard, caption Instagram, website, bahkan iklan di tv juga berawal dari script copy.
Kami sudah menjelaskan tentang copywriting sebelumnya. Baca-baca dulu ya, supaya lebih mengenal copywriting.
Copywriting itu susah gak sih? Kan cuma nulis-nulis doang!
Menyusun kata-kata yang powerful untuk pemasaran itu ada ilmu dan tekniknya. Membuat kata-kata persuasif saja tidak cukup. Lebih dari itu, Anda harus bisa menghadirkan kata-kata yang kreatif.
Meski cukup sulit, bukan berarti tidak bisa dipelajari.
Kami akan memberikan beberapa contoh copywriting yang menarik sebagai referensi.
Contoh Copywriting Jualan Online
Pelaku bisnis online mulai banyak yang ingin belajar copywriting. Mungkin Anda salah satunya.
Bisnis online sudah sangat menjamur. Persaingannya semakin ketat. Jadi, orang-orang mulai sadar bahwa jualan online perlu dioptimalkan dengan teknik marketing.
Saat ini Instagram jadi platform media sosial yang paling banyak digunakan untuk jualan online. Kami akan memberikan contoh copywriting Instagram untuk beberapa niche.
1. Produk Kecantikan
Contoh pertama merupakan copywriting untuk produk make up. Kami mengambil contoh dari Wardah.

Wardah menggunakan pendekatan situasional, yaitu make up untuk bukber.
Di paragraf kedua, Wardah menunjukan beberapa list produk. Cara menyampaikannya cukup menarik. Mereka mengaitkannya dengan hasil foto.
Call to action di bagian terakhir juga tidak hardselling. Mereka mengajak “recreate make up” seperti ilustrasi di foto.

Selanjutnya merupakan contoh copywriting skincare. Kami mengambil contoh dari Ms Glow.
Mereka lebih menonjolkan manfaat yang mendetail dari produknya.
Pendekatan seperti itu bisa juga Anda aplikasikan untuk menjual produk kesehatan. Anda bisa mengembangkannya dengan kata-kata yang lebih kreatif. Pasalnya, contoh copywriting produk kesehatan di Indonesia rata-rata agak “katrok”.
2. Produk Fashion
Kami mengambil contoh copywriting tudung dari akun IG Elita Kerudung.
Tone of Voice nya santai, sesuai dengan target pasar anak muda.

Pendekatan copywriting nya dengan memberi solusi. Masalahnya yaitu cuaca Jogja yang panas. Solusinya yaitu kerudung Adem Series dari Elita. Untuk meyakinkan audiens, Elita menjelaskan bahan dan teknologi di kerudung tersebut.

Selanjutnya, untuk contoh copywriting sepatu, caption dari Adidas Indonesia di atas cukup sederhana tapi powerful.
Adidas sedang mempromosikan The Ultraboost 12 sebagai sepatu lari. Mereka mengemasnya dengan pengandaian yang kreatif dan elegan.
3. Kopi
Bisnis kopi kekinian sedang begitu marak. Contoh copywriting kopi berikut ini kami ambil dari dua pemain besar di niche ini yaitu Janji Jiwa dan Kopi Kenangan.

Contoh di atas sebenarnya konvensional. Namun, eksekusinya cukup efektif.
Kopi kenangan langsung menyoroti “batas waktu” dan “promo menguntungkan”. Mereka bahkan memberikan pilihan. Hal tersebut sangat positif karena calon pembeli akan merasa dilibatkan.

Contoh di atas menginformasikan promo Monday Madness di Kopi Janji Jiwa.
Umumnya, copy untuk menginformasikan promo cenderung menyoroti isi promonya.
Janji Jiwa menggunakan “Attachment” sebagai senjata.
Di situ Janji Jiwa langsung menyoroti targetnya, yaitu para pekerja yang kesal menghadapi hari senin. Harapannya, orang-orang yang merasa relate akan langsung mengambil tindakan.
4. Makanan
Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang jualan makanan secara online. Baik itu snack, pastry, hingga makanan berat.

Contoh copywriting makanan dari Indomie ini bisa jadi salah satu senjata andalan.
Indomie mendeskripsikan setiap elemen rasanya. Anda yang membaca deskripsinya pasti tergiur dengan rasanya. Harapannya, pembaca yang penasaran dengan rasanya akan tertarik untuk membeli.

Selain mendeskripsikan rasa, Anda juga bisa melakukan pendekatan solutif.
Misalnya caption dari Mangkokku di atas. Mangkokku mempresentasikannya dengan tone of voice yang santai, sehingga kata-katanya lebih menarik.
5. Travel/Wisata
Pemasaran bisnis wisata biasanya menggunakan tone of voice yang lebih santai dan penuh energi.
Hal itu tergambar dari contoh pertama ini.

Traveloka terlihat menggunakan kata-kata yang cukup antusias. Antusiasme itu akan mentransferkan energi “bersenang-senang”. Jadi pembaca bisa tergerak membeli tiket untuk berwisata dan bersenang-senang.
Di sisi lain, pendekatan caption nya yaitu dengan “iming-iming”. Traveloka menunjukan hal-hal menarik di Jogja untuk mengiming-imingi pembaca. Kemudian, mereka menawarkan promo tiket penerbanagan ke Jogja.

Contoh kedua menggunakan kata-kata yang lebih kreatif.
Ladita Tour tampak ingin menyampaikan informasi bahwa mereka memiliki paket wisata 100 ribuan saja.
Sebagai awalan, Ladita Tour menggunakan kalimat persuasif yang soft. Mereka mengemasnya dengan quotes dari sebuah film yang mendorong orang-orang untuk keluar rumah.
Setelah itu mereka baru menginformasikan adanya paket Trip 100 ribuan.
Contoh Copywriting Berdasarkan Bentuknya
Selanjutnya kami akan memberikan contoh copywriting di berbagai platform.
1. Tagline

Tagline merupakan kalimat pendek yang menggambarkan brand secara keseluruhan. Ini merupakan salah satu elemen penting ketika Anda sedang membangun brand.
Di atas merupakan beberapa contoh tagline yang cukup populer.
Bisa Anda lihat kan, kata-katanya sederhana tapi nempel di pikiran.
Misalnya saat mendengar tagline “I’m lovin it”, pikiran Anda pasti langsung terasosiasi dengan McD.
2. Narrative/Storytelling
Seperti yang Anda lihat di contoh, tipe ini menggunakan cerita sebagai pengantar pesan. Ernest menggunakan kisah kedekatannya dengan keluarga sebagai bingkai.
Copywriting narrative biasanya digunakan di caption IG untuk endorsing, landing page atau artikel sponsorship di portal berita.
3. Headline
Headline merujuk pada “kalimat utama” di suatu materi informatif. Hal ini akan tampil paling menonjol untuk menarik perhatian orang.



Anda bisa melihat beberapa contoh di atas.
Headline bisa berbentuk judul artikel blog, judul berita, pesan promosi di billboard, hingga kalimat utama di homepage.
4. Naskah Iklan
Script untuk iklan TV atau radio juga termasuk bagian dari copywriting.
Misalnya contoh di bawah ini.
Sebagai audiens, Anda menikmati hasil akhirnya dalam bentuk video.
Tapi eksekusi video dan materi promosi yang narrator ucapkan itu mengacu pada script.

5. Banner Ads
Materi iklan digital berbasis gambar, pasti ditunjang dengan tulisan. Bagaimanapun, tulisan lebih efektif untuk menyampaikan pesan.
Nah, itu juga bagian dari copywriting.

Contoh di atas merupakan materi iklan di Facebook.
Bisa Anda lihat, isi pesannya cukup jelas dan pemilihan katanya efektif.
Di contoh sebelah kiri, pengiklan mencoba lebih kreatif dengan menghadirkan kata-kata yang berima.
Contoh Copywriting: Banyak Tipenya, Menyesuaikan Kebutuhannya
Kreativitas adalah kunci untuk membuat copywriting yang menarik. Lebih dari itu, kata-katanya harus efektif menyampaikan pesan.
Pada setiap niche dan kebutuhan, pendekatannya harus Anda sesuaikan.Copywriting ada dalam banyak bentuk, misalnya: Caption IG, tagline, storytelling, headline, naskah iklan, banner ads, dll.
2 thoughts on “10 Contoh Copywriting untuk Jualan Online Dengan Berbagai Niche”
Terima kasih banyak, artikel ini sangat bermanfaat untuk saya yang baru belajar copywriting.
thankyuuu , jadi bisa belajar berbagai naskah copywritting hehehe ……
karna belum pernah bikin copywritting sebelumnya..