Apa itu Copywriter? Mengenal Tugas, Skill dan Prospek Kerjanya

Copywriter bertanggung jawab atas setiap tulisan untuk pemasaran. Profesi ini mendalami teknik penulisan khusus, yang disebut copywriting.

Kebanyakan copywriter bekerja di suatu agency (digital agency, advertising agency, creative agency). Sebagian lainnya masuk di tim marketing suatu perusahaan. Selain itu, ada juga yang bekerja secara freelance.

Profesi sebagai copywriter sedang naik daun di era ini. Untuk para mahasiswa jurusan bahasa atau ilmu komunikasi, profesi ini mungkin bisa jadi pilihan.

Artikel ini akan membahas definisi, tugas, skill, hingga prospek kerjanya. Anda bisa membacanya sebagai referensi.

3.8/5 - (10 votes)

Apa itu Copywriter?

Copywriter adalah seorang penulis profesional yang bertugas menulis copy atau copywriting

Copy di sini bukan menyalin tulisan orang lain ya! Kalau begitu, gampang banget kerjanya.

Pada konteks ini, copy artinya teks bersifat persuasif, yang bisa mendorong seseorang melakukan suatu tindakan. Hal ini jadi elemen penting untuk menunjang kegiatan pemasaran/marketing.

50 brilliant billboard ads that will stop you in your tracks (and what you  can learn from them)
Sumber: Canva

Contohnya: 

  • Tagline suatu brand. Contohnya “Semakin di depan” dari Yamaha.
  • Script iklan untuk TV, radio, dll.
  • Teks pada Email marketing.
  • Teks pada iklan billboard.
  • Postingan sosial media.
  • Teks pada landing page.
  • Press release.
  • Deskripsi produk
  • dll.

Orang-orang kerap membandingkan copywriter dengan content writer. Perbedaan copywriter dan content writer yang paling mudah untuk Anda identifikasi yaitu apa yang mereka tulis.

Kita sudah membahas apa yang copywriter tulis.

Di sisi lain, seorang content writer umumnya bertanggung jawab menulis artikel web. Mereka biasanya membuat artikel web yang informatif dan mengedukasi. 

Artikel tersebut biasanya akan jadi materi untuk menunjang strategi SEO.

Namun, jangan melihat perbedaan tersebut secara “saklek”. Pada kenyataannya, kedua hal tersebut mulai melebur.

Tugas Copywriter

Man, Writing, Laptop, Computer, Write, Studying
Sumber: Pixabay

Di poin ini, kami akan mengulas lebih detail  tentang tugas copywriter.

Apakah tugas copywriter cuma menulis saja? Pada praktiknya, copywriter menjalankan tugas yang lebih kompleks dari sekedar menulis.

Jika Anda menjadi copywriter, kira-kira seperti berikut inilah tugas dan tanggung jawabnya:

1. Copywriting 

Seperti yang kami sebutkan di bagian definisi, tugas utama seorang copywriter yaitu menulis copy.

Setidaknya ada tiga target yang harus Anda capai dengan copy tersebut:

  • Menggerakan target audiens ke marketing lifecycle milik perusahaan atau klien.
  • Membangun citra perusahaan atau klien, hingga menjadi otoritas di industri yang mereka geluti. 
  • Memupuk kepercayaan dan loyalitas target audiens.

Di atas kami sudah memberikan beberapa contoh copy.

Mengenai jenis copy mana yang harus Anda kerjakan, itu tergantung perusahaannya.

Misalnya Anda bekerja di tim marketing suatu perusahaan skala menengah. Anda mungkin akan lebih banyak membuat copy untuk landing page, email marketing, postingan media sosial, dll. 

Kemungkinannya sangat kecil untuk Anda diminta mengerjakan script iklan TV. 

Nah, jika Anda bekerja di agency, kemungkinan besar Anda akan dituntut untuk menguasai seluruh bidang copywriting. 

2. Proofreading & Editing

Setelah materi tulisan sudah selesai, pekerjaan copywriter belum selesai.

Anda masih harus melakukan proofreading dan editing.

Proofreading artinya Anda harus membaca ulang seluruh teks copy dan memastikan bahwa pemilihan katanya sudah pas dan tata bahasanya sudah tepat.

Apabila kata-katanya kurang padat, diksinya kurang sesuai, ada typo, atau masalah tata bahasa lainnya, Anda harus mengeditnya hingga benar-benar beres.  

3. Researching

Sebelum mulai menulis, Anda juga wajib melakukan riset.

Hasil riset tersebut nantinya bisa jadi referensi hingga landasan untuk menghasilkan copy. 

Biasanya, klien akan meminta hasil riset Anda. Dari situ klien bisa memiliki gambaran, apa yang akan Anda kerjakan.

Apakah mempresentasikan konsep ke klien tidak cukup? Biasanya klien juga butuh insight tambahan berupa data, statistik, atau trend. Jadi konsepnya punya landasan yang jelas, tidak mengawang.    

4. Manage Project

Copywriter juga bertanggung jawab mengelola proyek copywriting dari awal hingga mencapai hasil akhir. Intinya, pekerjaan Anda harus optimal dan selesai sebelum deadline. 

Maka dari itu, Anda harus bisa membuat timeline kerja yang sesuai dan bisa Anda pertanggung jawabkan. 

Jika Anda bekerja di suatu perusahaan, Anda juga wajib berkoordinasi dengan bagian lain. Terutama content creator, seperti graphic designer, content strategist, editor, dll.

Skill untuk Menjadi Seorang Copywriter

Computer, Pc, Workplace, Home Office, Desktop Computer
Sumber: Pixabay

Untuk bisa menjalankan tugas-tugas di atas, Anda harus memiliki skill khusus.

Menurut Entrepreneur.com, setidaknya ada 7 essential skill yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang copywriter, yaitu:

  • Content Creations Fundamentals. Membuat konten marketing dalam bentuk tulisan, dengan berbagai format, untuk berbagai media.
  • Writing craft & creativity. Memiliki referensi kosakata yang luas dan mampu merangkai kata-kata tersebut secara kreatif. Selain itu, Anda juga perlu memahami tentang tone tulisan dan POV untuk bisa menarik audiens dari berbagai kalangan.
  • SEO. Memahami konsep SEO untuk mengoptimalkan penulisan copy atau konten di ranah online.
  • Conversions. Mampu memilih kata atau frasa persuasif yang tepat untuk mendorong pembaca, melakukan aksi.
  • Communication. Bisa mengkomunikasikan pesan secara efektif dan mempresentasikan sesuatu yang kompleks jadi mudah dicerna. 
  • Online Research & Sourcing. Mampu mengumpulkan referensi, hingga berbagai data statistik secara efektif menggunakan berbagai platform online. Dalam konteks ini, Anda juga harus melek terhadap trend.
  • Editing & Proofreading. Mengerti betul tentang penggunaan tata bahasa yang tepat. Serta mampu mengedit hasil tulisan agar sesuai dengan tata bahasa dan bisa menjadi lebih efektif.

Lalu bagaimana dengan gelar pendidikan? Apakah lulusan SMA bisa menjadi copywriter?

Sayangnya, rata-rata perusahaan masih menerapkan syarat minimal lulusan S1 untuk jadi copywriter. Jika requirement nya sudah seperti itu, mau bagaimana lagi. Sangat sulit untuk menembusnya, kecuali Anda punya orang dalam.

Meskipun bisa, peluangnya cukup kecil.

Lain cerita jika Anda ingin bergelut di dunia freelance. 

Di ranah freelance, seorang copywriter tidak dituntut gelar pendidikan tertentu. Selama portofolio pekerjaan Anda cukup oke, klien biasanya tidak akan ambil pusing dengan gelar pendidikan.

Semuanya kembali lagi ke skill dan kemampuan Anda “menjual diri”. 

Prospek Menjadi Copywriter

Meeting, Brainstorming, Business, Teamwork, Team
Sumber: Pixabay

Copywriter biasanya bekerja dimana? Apakah pekerjaannya cukup menjanjikan? 

Secara umum, copywriter banyak bekerja di:

  • Agency (creative agency, advertising agency, digital agency, dll.)
  • Bagian marketing di suatu perusahaan.
  • Perusahaan media.
  • dll. 

Anda bahkan bisa bekerja secara freelance. Saat ini sudah banyak platform yang mewadahi para freelancer untuk mencari kerja, misalnya: Sribulancer, Freelance.co.id, Projects.co.id, dll. 

Beberapa agency juga ada yang mempekerjakan para copywriter secara freelance. 

Jadi, profesi ini masih besar peluangnya. Apalagi copywriter termasuk pekerjaan yang sulit tergantikan oleh robot. 

Bagaimana dengan gajinya?

Gaji copywriter pemula umumnya ada di kisaran 3 – 4 juta per bulan. Sedangkan gaji copywriter senior bisa lebih dari 6 juta. 

Angka tersebut hanya kisaran kasar. Perkara gaji tentu saja tergantung juga dengan skala perusahaan dan UMR. 

Copywriter: Marketer Bersenjatakan Kata-kata

Pada hakekatnya, copywriter merupakan seorang marketer yang spesialisasinya ada di bidang penulisan/copywriting. 

Selain mengerjakan copywriting, copywriter juga memiliki tugas lain, misalnya: proofreading, editing, researching, dan manage project.

Maka dari itu, copywriter butuh lebih dari sekedar skill menulis/copywriting. Masih ada beberapa skill penunjang lain, misalnya: content creation fundamentals, writing craft & creativity, SEO, conversion, communication, research &sourching, editing & proofreading.

Penutup

Profesi sebagai copywriter semakin menjanjikan di era internet ini. Selain ladang kerjanya yang luas, potensi pendapatannya juga cukup oke. 

Apabila Anda tertarik, biasakan diri untuk melihat materi iklan atau promosi. Dari situ Anda bisa mendapat banyak insight seputar karya copywriting. Tapi Anda tentu harus belajar basis skill-nya juga. 

Kami sudah membahas sedikit tentang apa itu copywriter, tugas, skill, dan prospek kerjanya. Semoga ulasan ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda yang sedang bingung dengan karir di masa depan.

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost