Apa Itu Entry Processes cPanel & Hubungannya Dengan Visitors

Ketika Anda membuka dasbor cPanel, di sebelah kanan layar ada informasi umum dan statistik layanan web host yang Anda gunakan.

Di sana, terdapat statistik indikator bernama Entry Process.

Entry Processes adalah indikator yang perannya menunjukkan seberapa banyak skrip PHP yang berjalan dalam satu waktu.

Tergantung layanan web hosting yang Anda gunakan, Entry Process itu punya limit. Kalau melebihi limit, akan muncul notifikasi eror pada web.

Penjelasan Entry Processes cPanel di sini akan membantu Anda memahami cara kerja, hubungannya dengan pengunjung (visitor) website, dan langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan ketika error (biasanya: “508 Resource Limit Is Reached“) terjadi.

Apa Itu Entry Processes cPanel

Entry Process adalah sebuah indikator yang menunjukkan seberapa banyak skrip PHP berjalan secara real-time. Setiap layanan hosting punya jumlah Entry Process berbeda, contohnya: paket SSD Unlimited Jogjahost punya batasan 100 PHP skrip dalam satu waktu.

Yang harus digarisbawahi:

“Entry Proses” hanya butuh sepersekian detik untuk berjalan sampai prosesnya selesai. Ketika pengunjung website (visitor) Anda melakukan request ke halaman web, hitungan Entry Process akan bertambah satu, setelah request yang diminta selesai, Entry Process akan berkurang.

Semua proses tersebut terjadi secara real-time.

Hubungan Antara Entry Process dan Visitor Website

Setiap layanan web hosting punya batasan Entry Process berbeda, tergantung kebijakan. Sebagai contoh, ketika menggunakan paket SSD Unlimited Jogjahost, Anda punya kuota 100 Entry Proses.

100 Entry Process bukan berarti web Anda hanya bisa diakses oleh 100 pengunjung secara bersamaan. Umumnya, 100 Entry Limit bisa menangani 250 sampai 300 (bahkan lebih) kunjungan sekaligus.

Jumlah 100 Entry Limit itu termasuk cukup besar untuk sebuah layanan web hosting — Sebagai patokan, layanan Shared Hosting (rata-rata) hanya memberikan Entry Process Limit sebesar 10 sampai 20.

Penyebab Terjadinya Entry Process Failure

entry processes cpanel
wphosting.com.au

Tujuan adanya pembatasan (limit) pada Entry Process adalah untuk melindungi server dari lonjakan kunjungan secara tiba-tiba (short spike traffic).

Ketika web mendapat banyak kunjungan secara bersamaan, Entry Process akan membatasi hal ini dengan cara menunjukkan error (508 Resource Limit Is Reached).

Mengacu pada dokumen Cloud Linux, tujuan limitasi adalah melindungi web server dari serangan DoS.

Kalau web muncul eror dengan kode 508, artinya terjadi Entry Process Failure pada hosting; Anda tidak perlu khawatir, karena:

  • Berarti web Anda banyak mendapat kunjungan baru secara bersamaan
  • Kunjungan ini bisa jadi serangan DoS, eror kode bertujuan melindungi server Anda
  • Eror ini (biasanya) terjadi tidak terlalu lama dan akan selesai dengan sendirinya tanpa harus melakukan perubahan teknikal pada server

Cara Mengurangi Entry Process cPanel Website

“Adakah langkah praktikal untuk website yang memiliki Entry Process limit sedikit dan ingin mengurangi Entry Process yang berjalan?”

Langkah praktikal ini bisa Anda coba untuk menurunkan Entry Process web:

  • Pastikan web Anda murni menggunakan HTML dan CSS dan tidak dibuat dengan ekstensi .php — Semua request yang meminta file berekstensi .php akan menambah jumlah Entry Process yang berjalan (walaupun file tersebut tidak berisi skrip PHP)
  • Kurangi penggunaan AJAX yang berjalan di latar belakang (background process) — Misalkan Anda punya banyak skrip yang berjalan di background ketika pengunjung mengakses web, hal ini bisa jadi penyebab utama Entry Process melebihi limitnya.

Cara Meningkatkan Jumlah Kuota Entry Process Web

“Bagaimana cara meningkatkan batasan (limit) Entry Process web hosting?”

Sebuah layanan web host tidak bisa asal-asalan meningkatkan Entry Process. Kebijakan terhadap kuota Entry Process sudah tersedia ketika Anda memilih layanan hosting.

Jogjahost memberikan fleksibilitas untuk Anda memilih kuota Entry Process dari beberapa paket hosting, contohnya:

Penutup

Daripada mengganggu tidur nyenyak Anda karena website eror ketika traffic sedang banyak-banyaknya, Anda bisa meminimalisir resiko ini dengan cara pilih layanan web hosting yang memberikan opsi Unmetered Entry Processes (contoh: Dedicated Hosting Jogjahost).

Menimbang kuota Entry Process ketika memilih web hosting itu penting karena terdapat batasan yang membuat web Anda tidak bisa terakses untuk sementara waktu ketika melebihi limit.

Setelah kenal dengan Entry Processes cPanel, Anda bisa mendalami fitur dan fungsi di dalam cPanel lewat artikel ini.

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost