Apa itu Marketplace? Jenis & Jajaran Top 5 di Indonesia!

Bisnis online di Indonesia berkembang sejak platform marketplace mulai menjamur. Platform ini memberikan fasilitas yang memudahkan transaksi jual beli online.

Banyak pelaku bisnis yang akhirnya memanfaatkan platform ini untuk menghadirkan produknya secara online.

Artikel ini akan mengulas tentang marketplace, jenis perbedaannya dengan e-commerce & online shop dan top 5 marketplace di Indonesia.

Pengertian Marketplace

Marketplace adalah sebuah platform yang memfasilitasi transaksi jual beli online. Situs ini menyediakan sejumlah fitur penjualan, pembelian, dan pembayaran. Platform ini ibarat pasar yang ada di platform internet.

Bisnis online jadi semakin populer sejak perkembangan marketplace di Indonesia yang begitu signifikan. 

Bisa dikatakan, platform berbasis web ini menguntungkan semua pihak, baik penjual atau pembeli. Penjual merasa terbantu karena bisa membuka lapak dagangan secara gratis. Pembeli juga diuntungkan karena bisa berbelanja secara online dengan efisien.

Jika marketplace memberi layanan secara gratis, dari mana platform ini mendapat keuntungannya? Beberapa sumber pendapatannya: fitur premium, ads, payment gateway, partnership dengan brand, dll.

Marketplace sering dikaitkan dengan e-commerce dan online shop. Secara prinsip, ketiga hal tersebut memang menjalankan transaksi perdagangan online. Tapi ketiganya memiliki perbedaan mendasar secara bentuk.

Marketplace Vs E-commerce Vs Online Shop

Platform marketplace mengizinkan banyak pihak untuk membuka lapak dan berjualan. Platform ini hanya jadi pihak perantara yang menyediakan fasilitas bagi penjual dan pembeli. Perannya mirip seperti pasar.

Sedangkan e-commerce ibarat sebuah toko yang dimiliki secara personal. Platform ini tidak menyediakan fasilitas bagi penjual lain. Platform ini hanya menjual produk dari suatu brand. Situs ini beroprasi atas dasar kehendak pemilik brand untuk mengakomodasi pelanggannya.

Online shop mengacu pada berbagai lapak jualan atau toko online yang ada di platform internet. Orang-orang biasanya membuat toko online di marketplace dan sosial media. 

Toko online ini tidak selalu dimiliki oleh suatu perusahaan. Sudah ada banyak toko online yang beroprasi secara personal memanfaatkan berbagai fasilitas dari marketplace dan sosial media.

Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, e-commerce, dan online shop, Anda juga perlu tahu jenisnya berdasarkan model kerjasamanya. 

Jenis-jenis Marketplace

Platform ini yang Anda kenal secara umum merupakan “marketplace murni”. Selain jenis tersebut ternyata ada jenis lain dengan bentuk kerjasama yang sedikit berbeda. 

Marketplace Murni

Di suatu marketplace murni, Anda mendapatkan kesempatan untuk berjualan secara bebas, bisa membuka lapak hanya dengan mendaftarkan akun sebagai penjual. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuka lapak, kecuali jika Anda menginginkan fitur premium.

Selain itu, Anda memiliki kekuasaan secara penuh terhadap lapak tersebut. Anda bisa mengupload foto produk, menuliskan deskripsi, menetapkan harga, menetapkan diskon dan berbagai kebijakan penjualan secara mandiri. 

Transaksi pembelian terjadi langsung antara pihak penjual dan pembeli. Pihak marketplace hanya akan memfasilitasi transaksi perdagangan Anda. 

Beberapa contoh platform marketplace murni misalnya: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Olx, dll.

Marketplace Konsinyasi

Jenis kerjasama di marketplace ini cukup unik. Anda sebagai pemilik produk hanya bisa titip jual. 

Jadi jika Anda bekerjasama dengan jenis platform konsinyasi, Anda hanya perlu menyediakan produk dan detail informasinya. 

Seluruh urusan penjualan ditangani langsung oleh pihak marketplace. Hal-hal seperti foto produk, penetapan harga, transaksi pembayaran, gudang barang, dan pengiriman barang bukan jadi tanggung jawab Anda. 

Anda bahkan tidak akan berhubungan dengan konsumen. Seluruh transaksi penjualan akan ditangani langsung oleh pihak marketplace. 

Platform jenis ini yang cukup populer adalah Zalora dan Berrybenka.

Top 5 Marketplace di Indonesia (2021)

Persaingan marketplace di Indonesia cukup sengit. Sangat sulit menentukan mana yang terbaik. 

Semuanya platform terus menghadirkan inovasi baru baik itu fitur maupun layanan.

Berikut ini adalah top 5 marketplace di Indonesia yang paling unggul berdasarkan riset dari iPrice pada kuartal II 2020. Riset ini mengacu pada rata-rata traffic per kuartal, rangking dari mobile apps nya, followers di sosial media, dan jumlah staf nya.

Peringkat #5 – Blibli

Bendera Blibli.com sudah diluncurkan sejak tahun 2011. Blibli adalah marketplace Indonesia yang bisa bertahan dalam persaingan sengit. Namanya mulai berangsur diperhitungkan dalam jajaran web SAAS jualan online terbaik di Indonesia.

Pada kuartal II 2020, jumlah pengguna BliBli.com mencapai 18 juta tiap bulannya. Pengikutnya di sosial media juga cukup banyak. Follower di Twitter lebih dari 500 ribu, follower Instagram mencapai 1,2 juta, dan follower Facebook menyentuh angka 8,5 juta.

Blibli.com merupakan brand dari PT Global Digital Niaga. Itu adalah anak usaha dari PT Djarum. Jumlah karyawan ini mencapai 1.800 pekerja. 

Peringkat #4 – Lazada

Lazada yang berdiri sejak 2012 semakin meroket hingga akhirnya menempati urutan 4 marketplace unggulan di Indonesia.

Pada kuartal II 2020, Lazada digunakan oleh 22 juta orang setiap bulannya. 

Aplikasi ini sangat populer bagi pengguna Facebook. Pengikutnya di Facebook mencapai 29 juta. Followernya di Twitter mencapai 300 ribu dan Instagram mencapai 2 juta.

Lazada merupakan perusahaan yang saat ini milik Alibaba Group. Lazada memiliki karyawan hingga 3.100 orang. 

Peringkat #3 – Bukalapak 

Bukalapak menduduki peringkat 3 dengan pengguna rata-ratanya hingga 35 juta di tiap bulannya.

Sayangnya aplikasi ini tidak cukup populer di sosial media. Antara ke 4 marketplace lain dalam jajaran ini, Bukalapak bahkan jadi yang paling sedikit followernya.

Followernya di Twitter sekitar 180 ribu, Instagram sebanyak 1 juta dan Facebook sekitar 2 jutaan.

Perusahaan lokal ini memiliki pekerja hingga 2.400 orang. 

Peringkat #2 – Tokopedia 

Dalam beberapa waktu, Tokopedia sempat menduduki posisi puncak jajaran marketplace di Indonesia. Posisinya lengser pada kuartal IV 2019, tergantikan oleh Shopee.

Tokopedia digunakan oleh lebih dari 86 juta pelanggan. 

Popularitasnya di sosial media juga cukup bagus. Tokopedia memiliki follower Twitter sebanyak 400 ribuan, Instagram sekitar 1,7, dan Facebook sekitar 6,3. 

Tokopedia sudah beroperasi selama 11 tahun. Seiring perkembangannya, perusahaan ini mempekerjakan karyawan hingga 4.100 orang. 

Peringkat #1 – Shopee

Perusahaan asal Singapura ini terus berkembang sejak pertama kali beroperasi. Shopee bahkan berhasil menduduki puncak daftar marketplace unggulan di Indonesia. 

Perkembangan Shopee tampak sangat signifikan. Pasalnya, aplikasi Shopee adalah yang paling muda di antara jajaran ini, tapi sudah berhasil menduduki posisi tertinggi. 

Shopee bisa mencapai posisi ini karena berhasil menjaring pengguna hingga 93 juta tiap bulannya.

Popularitasnya juga cukup mengagumkan. Follower Shopee di Instagram mencapai 5 juta, terbanyak di antara jajaran ini. Sedangkan follower Twitternya 320 ribu dan Facebook hingga 17 juta. 

Anak usaha Garena ini beroperasi di sejumlah negara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Taiwan. Jumlah karyawannya mencapai 5.100 orang. 

Marketplace: Tempat Jualan Gratis di Internet

Di era ini, hampir semua bisnis, bahkan bisnis mikro, sudah go online. Orang-orang sudah merasa nyaman bertransaksi secara online. Anda harus bisa menangkap trend ini dan hadir di platform internet.

Marketplace jadi tempat yang bisa Anda andalkan untuk memfasilitasi bisnis Anda. Anda bisa membuka lapak di seluruh platform tersebut untuk menjaring pelanggan lebih luas. 

Membuka bisnis di marketplace akan membantu Anda meningkatkan pendapatan dan mendongkrak perkembangan bisnis.

Selain memanfaatkan platform tersebut, Anda juga perlu hadir secara online dengan membuka website e-commerce sendiri. Brand yang memiliki official web atau platform akan tampak lebih profesional di mata customer. 

Nah, Anda bisa menggunakan jasa Jogjahost untuk menghosting website dan menyewa domain. Di Jogjahost Anda bisa memilih berbagai paket layanan sesuai kebutuhan Anda.

Penutup

Marketplace adalah platform yang memfasilitasi penjual dan pembeli untuk bisa saling bertransaksi secara online dengan mudah. 

Ada banyak marketplace yang beroperasi di Indonesia. Semuanya terus berinovasi dengan berbagai fitur dan layanan untuk bersaing menjadi yang terbaik. Shopee saat ini masih berada di peringkat pertama dalam jajaran marketplace unggulan di Indonesia.

Ulasan ini semoga bisa jadi referensi dan ilmu yang bermanfaat.

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost