Ping Google: Mau Pakai CMD atau Aplikasi Android? Berikut Ulasannya

Ping (Packet Internet Gopher) merupakan cara sederhana untuk cek koneksi internet. Apakah koneksi internet berjalan dengan baik atau sedang bermasalah.

Pada proses Ping, komputer yang Anda gunakan melakukan komunikasi ke web server. Nah, kecepatan respon dari web server kemudian diukur.  Hal itulah yang nantinya menunjukan tingkat kestabilan internet Anda.

Google jadi server yang paling umum digunakan untuk melakukan Ping. Jadi, secara umum orang-orang menyebutnya dengan istilah Ping Google. 

Beberapa orang banyak yang salah sangka bahwa Ping bisa meningkatkan kecepatan internet. Jangan percaya, hal tersebut merupakan hoax.

Ada 2 cara untuk melakukan Ping Google, bisa menggunakan PC atau HP. Lebih jelasnya akan diulas dalam artikel berikut ini.

Anda tentu kesal ketika berselancar di internet kemudian koneksinya lemot.  Sebelum mengumpat, ada baiknya Anda melakukan troubleshooting dengan melakukan Ping Google. Hal tersebut untuk memastikan apakah browsernya yang bermasalah, webnya yang eror, atau memang koneksi internetnya sedang bapuk.

Mengenal Ping Google 

Ping Google adalah cara untuk menguji koneksi antara komputer client dengan suatu komputer server yang terhubung dalam jaringan. Dalam hal ini, pengujiannya untuk mengetahui kestabilan koneksi internet dengan mengirim request ke server Google.

Setelah perintah request dikirimkan melalui komputer client, Google sebagai komputer server akan memberi respon.

Kecepatan respon dipengaruhi waktu tempuh paket data dari komputer client ke komputer server dan sebaliknya. Waktu tempuhnya diukur dalam satuan milisecond. 

Semakin kecil angkanya, semakin baik hasilnya. Hal tersebut menunjukan bahwa waktu tempuhnya cepat, berarti koneksi internet yang digunakan cepat dan stabil. 

Sebagai perumpamaan, cara kerja ping ibarat sedang mengetuk pintu. Saat Anda mengetuk pintu ibarat komputer client yang mengirim data atau melakukan request. 

Saat pemilik rumah membuka pintu, itu merupakan respon. Nah, waktu yang dibutuhkan oleh pemilik rumah untuk membuka pintu menunjukan kecepatan respon.

Setelah melakukan ping, hasil pengujiannya akan ditampilkan. Anda bisa mengidentifikasi kondisi jaringan atau koneksi dari hasil tes tersebut.

Cara Membaca Hasil Tes Ping

Sebelum membahas cara melakukan tes ping, ada baiknya Anda mengetahui dulu cara membaca hasil tesnya.

Gambar di bawah ini menunjukan hasil dari tes ping.

Hasil tes ping google
Hasil tes Ping Google

Bagi orang awam, informasi tersebut tentu sulit dimengerti. Nah, berikut adalah panduan bagi Anda untuk mengerti maksud dari informasi pada tes ping tersebut.

Hasil tes ping google & cara membaca tes ping.
Cara membaca tes Ping Google

Gambar tersebut terbagi dalam 3 area. Informasi yang disampaikan adalah:

  • Area “a” -> Terdapat variabel bytes dan time. Bytes menunjukan besaran data. Time menunjukan waktu yang dibutuhkan komputer server untuk merespon. Nah, jika informasi yang ditampilkan adalah Request timed out., artinya koneksi Anda terlalu lambat atau komputer server mengalami down.
  • Area “b” -> Terdapat variabel Sent, Received, dan Lost. Maksudnya, ada 4 data yang dikirim, 4 data diterima, dan 0 data yang loss atau tidak diterima.
  • Area “c” -> Terdapat variabel Minimum, Maximum dan Average. Variabel Minimum menunjukkan respon yang paling cepat. Variabel Maximum menunjukkan respon yang paling lama. Variabel Average menunjukan kecepatan respon rata-rata. 

Setelah mengetahui cara membacanya, Anda akan lebih mudah memahami informasi pada tes ping. Jadi saat Anda mempraktekan caranya, Anda sudah paham maksudnya.

Cara Ping Google 

Anda bisa melakukan Ping Google baik melalui PC maupun smartphone. Caranya cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu mengikuti panduan berikut:

1. Ping Google pada PC, Menggunakan CMD

Untuk melakukan Ping Google di PC Anda membutuhkan tool CMD. Tool ini sudah tersedia secara default di PC Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka CMD. Caranya, klik Start -> tulis CMD pada search bar -> Enter.
  • Pada halaman CMD, ketikan ping google.com -> Enter
  • Hasil tes ping akan terlihat seperti pada gambar di atas.

Cara tersebut untuk melakukan 1 kali ping. Jika ingin terus mengawasi kestabilan koneksi internet, Anda harus melakukan continuous ping. Continuous ping artinya, proses ping akan terus berlangsung secara terus menerus sampai Anda menghentikannya (Ctrl+C)

Gunakan ping -t command untuk menjalankan continuous ping. Caranya tidak rumit, Anda hanya perlu menuliskan ping google.com -t pada halaman CMD.

Sebenarnya ada cukup banyak ping command syntax untuk menunjang fungsi ping. Selain -t, ping -l command cukup sering digunakan oleh beberapa orang. 

Command tersebut bertujuan untuk mengirim data yang lebih dari 32 byte. Data yang dikirimkan pada proses ping bisa mencapai 65500 byte. Dengan demikian, Anda bisa melihat waktu respon secara lebih menyeluruh.

2. Ping Google pada Android, Menggunakan Aplikasi 

Anda ingin melakukan ping melalui smartphone? Anda akan membutuhkan aplikasi pihak ke 3.

Cara pertama, Anda bisa menggunakan Ping app untuk Ping Google di android.

  • Masuk ke Playstore. Cari apikasi “Ping” pada search bar.
  • Instal aplikasi “Ping” tersebut.
  • Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi. Pada bagian host, ketikan google.com.
  • Klik Start. Hasil test ping akan muncul pada aplikasi. Informasinya tidak berbeda dengan test ping menggunakan CMD. 
tes ping google menggunakan android
Ping Google Android

Jika Anda menggunakan Apple, Anda bisa menginstal aplikasi Pingify.

Cara kedua, Anda bisa memanfaatkan website meter.net

  • Buka browser -> masukan url meter.net.
  • Anda akan masuk halaman utama. Di sini sudah menggunakan server default untuk ping. jika ingin menggunakan server google, Anda bisa menggantinya melalui “change host”.
  • Untuk memulai test, klik Start Test.
  • Informasi yang ditampilkan, penampakannya seperti gambar di bawah ini
Ping melalui website Meter.net

Website tersebut juga bisa untuk mengecek kecepatan download dan upload dari internet yang digunakan.

Fungsi Ping Secara Luas

Secara umum, Ping memang digunakan untuk mengecek kestabilan koneksi. Namun, ping memiliki fungsi yang lebih luas daripada itu.

  • Troubleshooting pada jaringan komputer milik Anda pribadi.  Pada prinsipnya, ping digunakan untuk mengecek keterhubungan antara 2 komputer dalam suatu jaringan. Jaringannya tidak terbatas pada jaringan internet, tapi juga jaringan lokal.
  • Mengecek kualitas provider internet. Berdasarkan hasil ping, Anda bisa menilai kualitas suatu provider internet. Hal tersebut bisa membantu Anda membuat pertimbangan dalam memilih provider internet.  
  • Mengecek koneksi server sebuah website. Selain Ping Google, sebenarnya Anda juga bisa melakukan ping pada website lain. Hal ini bisa dilakukan untuk menguji kecepatan server suatu web. Anda hanya perlu mengganti google.com dengan IP dari web yang ingin dicek.

Ternyata metode sederhana ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Pantau Kestabilan Koneksi dengan Ping

Ping Google adalah cara sederhana untuk mengetahui koneksi komputer pada suatu jaringan. Prinsip dasar pada proses ping bisa dimanfaatkan untuk melakukan troubleshooting jaringan, baik lokal maupun internet.

Untuk menunjang hal tersebut, Anda juga harus bisa memahami hasil dari tes ping. 

Selain PC, Anda juga bisa melakukannya ping dengan smartphone. Cara untuk melakukan ping baik dengan PC maupun smartphone sangatlah mudah. Panduan di atas semoga bisa membantu.

Koneksi internet yang stabil adalah kunci untuk bisa bekerja dengan nyaman. Anda bisa melakukan Ping Google untuk memantau kestabilannya. 

Melakukan ping baik dengan CMD di PC maupun dengan aplikasi android sama-sama mudah dilakukan.

Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa jadi panduan yang mudah dimengerti.

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost