14 Template Blog Keren Blogger & WordPress Gratis (2021)

Blogger dan Wordpress masih jadi platform blogging terpopuler hingga saat ini. Pengembang template blog keren untuk kedua platform ini juga sangat banyak. 

Selain menyediakan versi premium yang full service, biasanya para pengembang itu juga menyediakan versi gratisannya. 

Sebagai blogger pemula Anda bisa memanfaatkan template keren versi gratisan untuk membuat blog lebih menarik bagi pembaca.

Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan template keren gratisan untuk Blogger dan Wordpress. Artikel ini cocok bagi ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa yang masih belajar blogging.

Template atau tema blog bawaan dari Blogger atau WordPress biasanya kurang menarik. Jika ingin memiliki template blog keren, Anda harus mencari yang baru. 

Tenang saja, ada banyak kok tema blog keren yang gratisan. 

Namun, jangan asal download ya. Anda harus download template blog SEO friendly. Berikut ini adalah ciri-cirinya.

  • Responsif. Tema harus bisa menyesuaikan berbagai ukuran layar device, misalnya untuk HP, tablet, dan laptop
  • Kompatibilitas. Ini berkaitan dengan kompatibilitas di berbagai jenis browser, misalnya Chrome, Firefox, Opera, UC Browser, dll.
  • Desain user-experience. Jangan hanya fokus di tampilan. Tema juga harus memiliki navigasi yang mudah dipahami oleh user.
  • Keamanan. Pastikan Anda men-download dari sumber terpercaya. Selain itu, pilih tema yang rutin mendapatkan update.
  • Kecepatan. Utamakan tema yang sederhana supaya tidak terlalu berat loadingnya.
  • Fitur berbagi media sosial. Fitur ini untuk memudahkan para user melakukan sharing. Semakin banyak konten Anda dibagikan, akan lebih baik untuk SEO. 

Memilih tema blog ibarat memilih pasangan. Jika salah pilih, itu bisa jadi toxic. Maka dari itu, kriteria di atas bisa Anda jadikan acuan setiap kali ingin mengunduh tema blog

Setelah ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi untuk Anda. 50:50 untuk Blogger dan WordPress. Kami pastikan setiap tema sudah SEO friendly dan gratis. 

Rekomendasi Template Blog Blogger

1. Flamingo

Rekomendasi pertama yaitu Flamingo. Tema ini merupakan template blog keren simple. Tampilannya tampak clear dengan dominasi warna putih.

Sayangnya, di versi gratisannya tidak ada opsi menyembunyikan sidebar. Jadi Anda tidak bisa menggunakan tampilan grid seperti demo nya.

2. Basel

Basel terlihat sederhana. Namun, secara looks tetap keren.

Tema ini berbasis 2 kolom dengan sidebar di bagian kanan. Di sisi lain, tampilannya serupa dengan Flamingo yang dominan dengan warna putih yang clear.

Namun, desain slider nya tidak flat seperti Flamingo.

3. Sana

Template berbasis dua kolom ini memiliki tampilan yang stylish. Template ini cukup ringan karena tidak menggunakan slider.

Sebagai gantinya, Sana menampilkan beberapa postingan unggulan di bagian header web dalam bentuk carousel sederhana. Carousel tersebut tersusun secara horizontal, menonjolkan feature image dan judulnya.

4. Melina

Ketiga rekomendasi di atas cenderung untuk personal blog. Melina cocok untuk Anda yang ingin membuat blog dengan konsep media online.

Melina merupakan template blog XML dengan konsep tampilan menyerupai majalah online. Tampilannya lebih atraktif dan stylish.

5. NewsLog

Tema ini mengusung konsep majalah online juga. Namun jika Anda bandingkan dengan Melina, NewsLog relatif lebih sederhana. 

Bisa Anda lihat dari bagian header yang lebih ringkas dan carousel yang lebih simple. Bagian body nya juga hanya terdiri dari main post dan right sidebar.  

Meski sederhana, desain dari NewsLog tetap terlihat elegan.

6. Pixel

Pixel memiliki kompleksitas layout yang hampir sama dengan Melina. Namun, secara tampilan, tema ini cenderung lebih clear.

Corak warnanya dominan dengan hitam putih dan sedikit aksen biru. 

7. Infinity

Tema satu ini agak sedikit berbeda. Anda bukan hanya bisa menampilkan postingan blog, tapi juga bisa memanfaatkannya sebagai CV online atau memajang portofolio. 

Karena layoutnya cukup kompleks, konfigurasinya akan sedikit lebih ribet.

Secara desain, tema terakhir ini mengusung konsep flat desain. Skema warnanya sangat eye catching, terlihat lebih elegan dan menonjolkan kesan profesional.

Rekomendasi Template WordPress

1. BlackLite

Jika Anda ingin membuat personal blog dengan tampilan sederhana, clear, dan ringan, BlackLite sudah memenuhi semua itu.

Tema ini tidak menggunakan slider. Bagian header nya hanya terdiri dari logo website dan menu bar.

Warnanya dominan putih. Ada sedikit aksen hitam yang cukup mencolok pada bagian menu bar

Di tema ini, Anda memiliki opsi untuk menampilkan sidebar atau menghilangkannya. Jika Anda menghilangkan sidebar, tampilan blog akan jadi full-width dan semakin minimalis.

Supaya temanya tidak jadi membosankan, pastikan Anda mengoptimalkan feature image pada tiap postingan.

2. Gucherry Blog

Jika Anda merasa BlackLite terlalu monoton, Gucherry Blog bisa jadi alternatifnya. 

Tema ini layout nya standar. Namun, desain Gucherry Blog lebih menawan. Hal itu tampak dari desain slider dan tampilan feature image di sidebar.

Gucherry Blog juga memberikan banyak ruang untuk menampilkan iklan.

Apabila Anda ingin membuat blog dengan niche seputar gaya hidup, fashion, kuliner, atau travel, tema ini cocok untuk Anda.

3. Cenote

Layout dari Cenote lebih dinamis dari dua rekomendasi di atas. Bahkan ada dua opsi layout yang bisa Anda pilih.

Pada opsi pertama, logo berada di tengah, di atas menu. Tidak ada slider, hanya header media title yang menonjolkan satu image dengan deskripsi di atasnya. Bagian main post berbasis dua kolom dengan sidebar di sebelah kanan. 

Pada opsi kedua, logo dan menu sejajar. Terdapat slider berbentuk carousel yang menampilkan tiga postingan sekaligus. Anda bisa menghilangkan sidebar-nya dan membuat tampilan main post berbentuk grid dengan tiga kolom.

4. Blog Prime

Anda yang butuh tema dengan konsep magazine, Blog Prime bisa jadi salah satu opsi.

Layout nya cukup dinamis dengan keempat recommendation post di bagian atas, slider, main post berbasis dua kolom, dan recommendation post berbasis tiga kolom.

Secara keseluruhan, tampilannya terlihat padat dan elegan.

5. Colog Blog

Color Blog memiliki tampilan yang padat dengan aksen warna yang menawan. Namun, secara layout, Color Blog lebih sederhana daripada Blog Prime. 

Di bagian atas menggunakan konsep carousel. Ada 1 postingan yang menonjol dan lima postingan tersusun vertikal di sebelah kanannya.

Bagian body menampilkan main post berbasis grid dengan tiga kolom. 

6. Opus

Opus memiliki layout cukup basic. Namun, jika Anda gunakan sebagai personal blog, tampilannya terlalu kompleks. Anda bisa menggunakannya sebagai majalah online dengan konsep tampilan lebih simple. 

7. Astra

Anda yang ingin membuat website untuk menampilkan profil dan portofolio, bisa menggunakan tema ini. 

Konsepnya seperti landing page dengan desain sederhana tapi tetap keren. Layout nya yang tidak terlalu kompleks lebih bersahabat bagi user dan pas untuk kebutuhan profesional.

Template Keren & SEO Friendly, Menunjang Blog Lebih Profesional

Anda harus cermat dalam memilih template blog. 

Selain mempertimbangkan tampilan, Anda juga harus memastikan bahwa tema itu SEO friendly. Kriteria tema yang SEO friendly misalnya: responsif, UX mudah dipahami, kompatibel dengan segala browser, loading cepat, aman, dan menunjang fitur berbagi ke media sosial.

14 template yang kami rekomendasikan sudah memenuhi kriteria SEO friendly. Anda bisa memilih salah satunya sesuai selera dan kebutuhan.

Tapi karena gratisan, fiturnya tentu saja terbatas. Anda bisa upgrade ke premium jika ingin mendapatkan fitur lebih lengkap.

Penutup

Pada saat memilih tema blog, sesuaikan dengan konsep blog yang ingin Anda usung. Dengan demikian, secara tampilan dan fitur akan sejalan dengan kebutuhan blog Anda.

Gunakan layanan hosting dan domain berbayar untuk membuat blog Anda lebih profesional dan memiliki value. Jogjahost menyediakan berbagai paket hosting, termasuk paket hosting murah untuk Anda yang masih pemula sebagai blogger.

Kunjungi website Jogjahost untuk melihat berbagai opsi layanannya.

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost