7 Tempat Belajar Coding Gratis Secara Online

Coding merupakan istilah yang merujuk pada aktivitas menuliskan kumpulan kode/script pemrograman. 

Kode atau script tersebut merupakan suatu bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintaks/aturan/struktur tertentu. Anda harus mempelajari setiap detail sintaksnya agar bisa menuliskan kode dengan tepat pada saat membuat program.

Untuk belajar coding Anda tidak harus kuliah dulu di jurusan informatika. Kami sudah menghimpun beberapa sumber untuk belajar coding secara gratis. Anda yang ingin berkarir menjadi programmer, bisa memulai pembelajaran Anda dari sumber-sumber berikut ini.

Apa itu Coding?

Sebelum membahas tentang platform untuk belajar coding, ada baiknya kita bahas dulu tentang pengertiannya. Siapa tahu di antara Anda yang membaca, ada yang masih awam dengan hal ini.

Coding adalah kegiatan menulis script atau sekumpulan kode berupa bahasa pemrograman tertentu, dalam proses pengembangan suatu program komputer. 

Misalnya, pada saat mengembangkan website, aplikasi seluler, aplikasi desktop, machine learning, dll.

Istilah lainnya yaitu programming. Orang yang mengerjakannya disebut seorang programmer.

Sejak era digital semakin berkembang, jadi banyak orang yang berminat belajar coding. Bahkan program belajar coding untuk anak pun sudah mulai banyak bermunculan.

Prospek sebagai programmer memang semakin menjanjikan. 

Namun, belajar coding tidak harus menjadi programmer. Apapun profesi Anda, menguasai pemrograman akan jadi skill yang sangat berharga.

Platform Belajar Coding

Anda tertarik jadi programmer? Cara lazim yang bisa Anda tempuh yaitu mengambil kuliah di jurusan informatika. 

Kuliah terlalu lama. Ingin cepat kerja. Maka, Anda bisa mengambil kursus pemrograman.

Biaya kursus pemrograman mahal. Tidak punya uang. Yasudah, belajar coding otodidak saja dari internet.

Ada banyak platform khusus di internet yang bisa membantu Anda belajar pemrograman secara gratis. Terutama untuk Anda yang masih pemula. 

Bahkan, mereka yang sudah familiar dengan pemrograman pun masih memanfaatkan platform-platform tersebut untuk menunjang pembelajaran mereka.

Apa saja platformnya? Berikut sudah kami rangkumkan untuk Anda.

1. freeCodeCamp

Quincy Larson mendirikan freeCodeCamp untuk membantu orang-orang belajar coding secara gratis. freeCodeCamp sendiri saat ini sudah menjadi suatu organisasi nirlaba.

Di sini Anda akan belajar dengan kurikulum khusus dari freeCodeCamp (total 3000 jam). Dalam kurikulum tersebut, terdapat tutorial berupa artikel dan video. 

Tapi jangan membayangkan tutorial yang kaku. freeCodeCamp mengemas tutorialnya pengkodeannya secara interaktif.

Kurikulum freeCodeCamp terbagi dalam beberapa kategori . Misalnya, web design, data visualisation, scientific computing, machine learning, dll. 

Selain belajar dari tutorial, Anda juga akan menjalani praktik. freeCodeCamp akan meminta Anda untuk mengerjakan suatu proyek nyata milik organisasi nirlaba. 

Setelah menyelesaikan semua pembelajaran dan proyeknya, Anda juga akan mendapatkan sertifikat.

Jangan sepelekan sertifikat dari  freeCodeCamp. Berbagai perusahaan besar seperti Microsoft, Apple, Google, dll sudah mengakuinya. Bahkan sudah ada lebih dari 40 ribu lulusan freeCodeCamp yang berhasil mendapat pekerjaan di raksasa teknologi tersebut.

2. Codecademy

Di Codecademy, Anda bisa memulainya dengan mengikuti kuis programming personality. Dengan kuis tersebut, Codecademy akan membantu Anda menemukan jenis kursus dan bahasa pemrograman yang cocok dengan personality Anda.

Codecademy menekankan pembelajaran yang penuh praktik. Di setiap materi, Anda bisa langsung mencoba dan melihat hasilnya.  

Subyek kursus yang bisa Anda ikuti di sini meliputi: Web Development, Web Design, Game Development, Mobile Development, Data Science, Computer Science, Machine Learning, dll.

Codecademy membagi layanannya dalam versi gratis dan berbayar. 

Untuk versi gratisnya, Anda hanya bisa mendapatkan pelajaran interaktif berikut prakteknya. Anda tidak akan mendapatkan pengalaman mengerjakan proyek nyata, sertifikat penyelesaian kursus, dan keterbatasan lainnya.

3. W3Schools

W3Schools merupakan platform tertua dalam konteks ini. Meski sudah berumur, platform masih tetap andal.

Pembelajaran di W3Schools lebih fokus ke web development beserta semua aspeknya. Selain itu, W3Schools juga menyediakan materi tentang AI, machine learning, data science, dan statistika sebagai tambahan.

Di W3Schools, Anda akan mendapatkan materi yang komprehensif, tutorial, dan juga editor interaktif untuk praktik langsung. 

Selain itu, W3Schools juga memiliki pendokumentasian sintaks yang baik untuk tiap bahasa pemrograman. Para programmer professional pun masih kerap menggunakan platform ini untuk merefresh ingatan mereka.

Sama seperti Codecademy, W3Schools menyediakan banyak materi gratis tapi juga menyediakan layanan berbayar.

Jika ingin mendapatkan sertifikat, Anda harus mendaftar layanan berbayar.

4. Coursera

Coursera merupakan platform yang memfasilitasi kursus dan kuliah online. 

Platform ini bekerjasama dengan berbagai universitas dan perusahaan terkemuka, untuk bisa menghadirkan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan saat ini.

Selain itu, Anda juga akan belajar dari para pengajar universitas terkemuka itu.

Ada banyak subjek yang tersedia di Coursera. Untuk belajar coding, pastikan Anda memilih kursus di bidang pemrograman.

Ada banyak kursus yang bisa Anda akses secara gratis. Tapi Anda harus membayar jika ingin mendapatkan sertifikat dari Coursera.

5. edX

edX menyediakan kursus online yang spesifik hanya dari universitas terkemuka seperti MIT Harvard, University of British Columbia, Georgetown, dll.

Konsep edX sebenarnya hampir sama dengan Coursera. Tapi Coursera memiliki cakupan yang lebih luas.

Subyek yang tersedia di edX terbagi dalam 6 kategori. Anda yang ingin mempelajari pemrograman, bisa melihat kategori Computer Science dan Data Science. 

Perhatikan! Tidak semua kursus bisa Anda akses secara gratis. Ada beberapa yang berbayar.

Sama seperti kebanyakan platform lain. edX juga mengharuskan Anda membayar untuk bisa mendapat sertifikat.

6. Udemy

Bisa dibilang, Udemy merupakan platform kursus online dengan koleksi kursus terbanyak. Pasalnya, setiap konten kursusnya kebanyakan berasal dari perorangan. Mereka bisa seorang dosen, tenaga ahli, atau praktisi biasa. 

Di Udemy, rata-rata kursusnya berbayar. Tapi ada beberapa juga yang gratis. Biasanya yang gratisan membahas materi-materi dasar. 

Anda bisa langsung melakukan pencarian, dan atur filter bagian Price menjadi free. 

Di sini Anda akan mendapat materi kursus berupa video.

7. Sololearn

Sololearn merupakan platform belajar coding yang unik. 

Pembelajarannya dibuat sangat menarik. Di setiap step pembelajaran, Anda akan merasa seperti sedang bermain game.

Di sini, Anda juga bisa bersosialisasi dengan lebih leluasa dengan sesama member. 

Anda bahkan bisa mengaksesnya dari PC maupun perangkat mobile. 

Di Sololearn Anda bisa mempelajari berbagai bahasa pemrograman mulai dari HTML, CSS, PHP, Java Script, Java, C++, C#, Python, Kotlin, Ruby, dll.

Belajar Coding Otodidak dari Internet itu Mungkin! 

Pada dasarnya, coding merujuk pada proses pemrograman/programming. 

Jika ingin belajar coding, Anda harus memilih bahasa pemrograman tertentu untuk dipelajari. Misalnya, mempelajari HTML, CSS, JavaScript, dan PHP untuk membuat websiteUntuk memudahkan pembelajaran online Anda, gunakan platform khusus untuk belajar pemrograman, misalnya: freeCodeCamp, Codecademy, W3Schools, Coursera, edX, Udemy, Sololearn, dll.

Penutup

Platform gratisan yang kami rekomendasikan sebenarnya sudah cukup komprehensif. Jika Anda belajar dengan benar, Anda pasti bisa membuat program komputer sendiri.

Anda yang kuliah di jurusan informatika maupun kursus pemrograman pun bisa memanfaatkan platform ini untuk menambah wawasan.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik belajar coding sendiri secara online?

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost