Cara Memperkuat Sinyal Wifi Efektif, Pasti Works (2021)

Sinyal WiFi memiliki jangkauan terbatas. Apabila perangkat Anda hanya menangkap beberapa bar sinyal, bisa dipastikan kecepatan internetnya pasti tidak optimal. 

Jarak dan halangan seperti tembok jadi salah satu penyebab melemahnya sinyal WiFi. Anda bisa melakukan sejumlah konfigurasi untuk sedikit menguatkan sinyal WiFi. Tapi Anda membutuhkan WiFi extender untuk bisa menangkap sinyal lebih baik. 

Artikel ini akan mengulas metode paling efektif dan jaminan berhasil. Anda yang memiliki WiFi di rumah atau pekerja remote yang kerap menggunakan WiFi publik, wajib membaca artikel ini sampai selesai. 

Baca juga: Cara Mengganti Pasword Wifi

3.2/5 - (5 votes)

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan sinyal WiFi yang lemah? Jangan resah dulu, cara memperkuat sinyal WiFi mudah kok. 

Sebelum itu, kenali dulu beberapa penyebab sinyal WiFi lemah yuk.

Penyebab Sinyal WiFi Lemah

Pertama, kita sepakati dulu bahwa konteks ulasan kali ini berkaitan dengan jangkauan sinyal WiFi. 

Sinyal WiFi yang lemah memang bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Tapi koneksi dan sinyal WiFi merupakan dua hal berbeda. 

Jadi, bisa saja sinyal WiFi nya penuh, tapi koneksi internet Anda lemot. Faktor yang mempengaruhi kecepatan koneksi WiFi selain sinyal, misalnya terlalu banyak perangkat yang terhubung, bandwidth mencapai limit, jaringan ISP bermasalah, dll.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan sinyal WiFi lemah:

  • Sinyal terhalang tembok. Semakin banyak sekat tembok dalam rumah Anda, jangkauan sinyalnya akan lebih pendek.
  • Jaringan radio WiFi terganggu. Ada beberapa perangkat elektronik yang memancarkan sinyal tertentu. Jika Anda meletakkannya berdekatan dengan router, sinyal WiFi bisa terpengaruh.
  • Lokasi router kurang strategis. Router menyebarkan sinyal WiFi dalam jangkauan yang terbatas. Jika lokasinya tidak strategis, di beberapa titik sinyalnya pasti lemah.
  • Lokasi jauh. Faktor ini sudah jadi keniscayaan. Jarak jangkauan sinyal WiFi Indihome saja hanya sekitar 20 meter. Lebih dari itu pasti sinyalnya sulit tertangkap.
  • Frekuensi WiFi penuh. Hal ini terjadi jika ada banyak jaringan wireless di area Anda.

Selanjutnya kita akan mengulas cara menguatkan sinyal WiFi Indihome, Biznet, Firstmedia, atau ISP lainnya.

Cara Menguatkan Sinyal WiFi

1. Mengatur Posisi Router WiFi

Ini adalah hal paling basic yang bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu memindahkan lokasi router jadi lebih strategis. 

Jangan letakan di dekat jendela, supaya sinyal tidak menyebar keluar. 

Sumber: support.skinny.co.nz

Lebih baik letakan di area tengah rumah yang minim penghalang. Anda bisa menempatkan di lokasi yang lebih tinggi supaya sinyal tersebar lebih luas.

Pastikan juga penempatannya tidak terlalu dekat dengan perangkat elektronik lain, misalnya TV, radio, speaker, microwave, dll. Ini untuk menghindari benturan sinyal yang terpancar dari perangkat elektronik tersebut.

2. Mengganti Channel WiFi

WiFi mentransmisikan sinyal melalui sebuah frekuensi. Layanan standar dari ISP biasanya menggunakan frekuensi 2.4 GHz. Frekuensi ini memiliki 14 channel. 

Anda harus memilih channel yang tidak tumpang tindih dengan jaringan WiFi lainnya. 

Untuk mengecek channel yang kosong, Anda bisa menggunakan aplikasi Android WiFi Analyser

Sumber: WiFi Analyser

Setelah mengetahui channel yang tidak bersinggungan, Anda bisa mengubah channel WiFi melalui halaman administrator modem WiFi milik Anda. 

3. Menambah Access Point

Apa itu access point? Sederhananya, ini merupakan cara memperluas jangkauan WiFi dengan router tambahan. 

Router tersebut bisa Anda letakan di area lain, kemudian hubungkan dengan router modem WiFi, menggunakan kabel LAN. 

Sumber: Lifewire

Metode ini cukup efektif memperkuat sinyal WiFi di lantai dua atau lingkungan yang lebih luas. Institusi pendidikan atau perkantoran biasanya juga menggunakan metode ini. Meski konfigurasi dan instalasinya sedikit rumit, tapi koneksinya bisa lebih stabil.

4. Menggunakan Repeater/WiFi Extender

Repeater atau WiFi extender merupakan suatu alat penguat sinyal WiFi yang instalasinya tidak membutuhkan kabel LAN seperti acces point. Maka dari itu, cara memperkuat sinyal WiFi dengan repeater jauh lebih mudah meski kestabilan koneksinya kalah dengan metode acces point.

Namun, untuk kebutuhan rumahan, alat ini sudah cukup mengakomodasi kebutuhan Anda.

Alat ini bentuknya juga ringkas, terutama yang penghubung dayanya menggunakan colokan USB. 

Sumber: Xiaomify

Anda bisa leluasa menggunakannya di luar rumah untuk terhubung ke WiFi publik gratisan. Misalnya saat Anda bekerja di cafe, Anda bisa menghubungkannya langsung ke laptop. Jika Anda hanya membawa HP, Anda bisa mencolokkannya ke Power Bank. 

5. Menggunakan Router Outdoor Point to Point

Jika Anda mencari cara memperkuat jaringan WiFi yg jauh, Anda membutuhkan alat ini. 

Contoh penggunaannya yaitu, misal Anda memasang WiFi di toko dan ingin memancarkannya sampai ke rumah yang jaraknya 100 meter.

Sumber: Tendacn

Alat ini harus Anda letakan di luar rumah menggunakan antena tinggi supaya bisa lebih mudah menangkap sinyal. Anda juga harus menghubungkannya ke router yang dipasang di bawah dengan kabel LAN .

Jika ingin sinyalnya lebih kuat Anda bisa memasangnya sekaligus di toko dan rumah Anda.

Metode ini bisa juga disebut dengan outdoor access point.

Itu dia beberapa metode yang cukup efektif untuk menguatkan atau memperluas jangkauan sinyal WiFi.

Metode Efektif Menguatkan Sinyal WiFi

Cara sederhana untuk menguatkan sinyal WiFi di rumah Anda yaitu dengan mengatur posisi router dan mengatur channel WiFi yang tidak tumpang tindih. Sayangnya cara ini tidak bisa memperluas jangkauan sinyal WiFi secara signifikan.

Anda bisa menambah acces point atau menggunakan repeater jika ingin memperluas jangkauannya. Apabila ingin menangkap WiFi yang jaraknya jauh, Anda bisa menggunakan Router Outdoor Point to Point.

Penutup

Bagaimanapun, Anda butuh modal jika ingin menguatkan atau memperluas jangkauan sinyal WiFi. Jika dana Anda minim, ada banyak produk repeater yang murah kok.

Mungkin Anda pernah mendengar cara memperkuat sinyal WiFi dengan aplikasi penguat sinyal atau menggunakan antena DIY dari alumunium foil. Tapi kami pastikan metode itu tidak cukup efektif.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang bermasalah dengan jangkauan sinyal WiFi yang lemah.

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost