9 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Pasti Menghasilkan (2021)

Internet merupakan suatu terobosan yang memudahkan banyak kegiatan manusia. 

Jika tahu celahnya, Anda bahkan bisa mencari uang dari internet. Pelakunya pun sudah cukup banyak.

Ada beberapa metode yang bisa Anda praktekkan. Tapi tidak semua metode cocok untuk Anda. 

Artikel ini akan mencoba mengulasnya sedetail mungkin. Jadi Anda bisa menyesuaikan karakteristik Anda dengan metode yang bisa menghasilkan secara efektif.

Untuk Anda para mahasiswa yang ingin mendapat uang jajan tambahan atau ibu rumah tangga yang ingin meningkatkan kesejahteraan rumah tangga, artikel ini akan memberi inspirasi untuk Anda.

Ketika akses internet sudah semakin mudah, mulai banyak orang yang mencari cara mendapatkan uang dari internet. Mereka ini biasanya tergiur dengan cerita sukses seseorang yang jadi kaya raya dari internet.

Sayangnya, segala informasi di internet mengenai hal ini kebanyakan hanya penuh bualan. Misalnya menjanjikan mudah dapat uang, tidak perlu modal sama sekali, hingga mengumbar kata-kata manis bisa cepat kaya.

Kenyataannya, mencari uang di internet tidak semudah yang Anda bayangkan. 

Tidak ada cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat. Semuanya butuh proses. Anda juga butuh modal untuk bisa menjalankannya. 

Pada beberapa metode hasilnya bahkan tidak terlalu terasa. 

Cara Mencari Uang Melalui Internet

Kami mencoba menghimpun beberapa cara mendapatkan uang dari internet 2021 yang realistis dan metodenya pun masih relevan dengan perkembangan saat ini. Berikut beberapa list-nya.

1. Berjualan Online (Dropship & Reseller)

Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Sumber: Freepik

Berjualan online saat ini semakin jadi trend. Pelaku bisnis sekarang sudah mulai melek internet dan berani hadir di ranah online.

Ada cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dengan berjualan online. Anda bisa berjualan online dengan skema dropship dan reseller

Beberapa sumber merekomendasikan dropshipping sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. 

Pada kenyataannya, Anda tetap butuh kuota internet dan laptop, atau setidaknya HP. Bisa jadi tanpa modal, jika internetnya menumpang WiFi tetangga.

Dengan skema tersebut, Anda tidak wajib mengembangkan produk sendiri. Anda bisa mencari supplier yang akan menyediakan produk untuk Anda jual.

Anda bisa berjualan di Instagram, marketplace, atau membuat toko online sendiri. 

Jika ingin serius membuat toko online sendiri, percayakan hosting Anda pada Jogjahost. Jogjahost memiliki paket hosting murah untuk pelaku UKM.

2. Menjadi Kontributor Media Online

Sumber: Freepik

Ada banyak media online yang membuka pintu untuk kontribusi tulisan. Anda bisa mengirimkan tulisan ke media tersebut dan akan mendapatkan komisi. 

Ini merupakan salah satu cara dapat uang gratis dari internet. Untuk menjadi kontributor tidak ada uang pendaftaran yang harus Anda keluarkan. Meski demikian Anda tetap butuh modal berupa kuota internet, laptop atau PC untuk menulis dan yang paling penting skill menulis.

Setiap media tentu saja memiliki warna tersendiri. Tulisan yang Anda kirimkan harus sesuai dengan ketentuan dan warna dari media tersebut. 

Pembayarannya ada yang menggunakan skema poin, jumlah view, ada juga yang langsung membayar untuk setiap artikel publish.

Baca Juga:  4 Cara Kompres PDF Mudah, Online & Offline

Pada skema poin dan view, Anda harus lebih struggling

Jika cukup punya skill, Anda bisa menyasar media-media yang lebih mapan. Biasanya media-media tersebut berani membayar langsung dengan nominal komisi yang cukup besar. 

Beberapa rekomendasi media yang siap menerima kontribusi artikel yaitu: Basabasi.co, Mojok.co, Geotimes, Voxpop, IdnTimes, Mongabay.co.id

Potensi penghasilannya cukup tinggi jika Anda memiliki skill kepenulisan yang cukup mumpuni, bisa memilih media yang tepat, dan cukup aktif mengirimkan kontribusi tulisan.

3. Mendaftar Penulis Lepas di Agency

Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Sumber: Freepik

Pendapatan sebagai kontributor media online tidaklah stabil. 

Jika ingin lebih stabil, Anda bisa mendaftar di agensi SEO sebagai penulis online. Di agensi semacam ini Anda bisa mendapatkan job dengan lebih stabil dan tetap bisa mengerjakannya di rumah secara online.

Salah satu agensi yang terpercaya yaitu Saung Writer. Karena kebutuhan terhadap content writer dan copywriter terus meningkat, Saung Writer masih terus membuka lowongan.

Semakin tinggi skill Anda dalam kepenulisan, Saung Writer siap mencarikan job yang sesuai. Karena itu, Anda bisa berpotensi mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. 

4. Menjadi Freelancer

Sumber: Freepik

Freelancer adalah seorang pekerja lepas yang kontraknya biasanya per proyek.

Dengan adanya internet, hal ini jadi semakin mudah. Terlebih lagi sudah banyak platform yang menjadi wadah untuk para freelancer mencari project. Misalnya, Freelancer.co.id, Project.co.id, Sribulancer.com, Upwork.com, Fiverr.

Platform ini jadi pembuka jalan bagi setiap profesional dengan skill khusus untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Beberapa skill yang cukup potensial untuk mendapatkan uang dari sini misalnya: web & apps developing, design graphic, SEO specialist, audio production, video editing, content writing & copywriting, translation dll.

Pastikan Anda memiliki portofolio untuk menunjukan contoh kerja Anda. Selain itu Anda harus rajin apply ke proyek-proyek yang ter-publish di situs freelance yang Anda gunakan. 

Jika sudah mendapatkan project, pastikan untuk mengerjakannya sebaik mungkin. Hal itu akan membentuk reputasi Anda. Semakin baik reputasi, semakin mudah Anda untuk mendapatkan project.

5. Membuka Jasa Ilustrasi

Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Sumber: Freepik

Saat ini sedang tren open commision jasa ilustrasi. Bentuknya bisa lukis wajah, gambar wajah berbasis pensil, gambar vektor, dll. 

Pelaku jasa ilustrasi sudah cukup banyak. Supaya bisa tetap bersaing, Anda harus memiliki karakter yang kuat dan cara pemasaran yang tepat.

Sebagai permulaan, Anda wajib membuat portofolio dulu. Tampilkan hasil karya di feed Instagram sebagai portofolio. 

Baca Juga:  Apa itu Program Afiliasi? Cara Kerja, Kelebihan & Contohnya

Setelah itu, optimasi semua akun sosial media Anda untuk menjual jasa ilustrasi ini.

6. Mengikuti Kontes Desain

Sumber: Freepik

Ini bukan cara mudah mendapatkan uang dari internet. Pasalnya, Anda harus bersaing dengan sejumlah orang. Jika kalah, Anda bahkan tidak akan mendapatkan uang lelah.

Biarpun demikian, pelakunya masih tetap banyak. Bagaimana tidak, hadiah kemenangan dari kontes biasanya cukup tinggi. 

Meski tidak menang, kontes juga bisa jadi ajang pamer kebolehan dan portofolio. Masih ada kemungkinan untuk mendapatkan client saat Anda cukup rutin melakukan kontes.  

Ada beberapa platform yang kerap menggelar kontes desain, misalnya: 99designs.com, Sribu.com, Designcontest.com, Logotournament.com, dll.

7. Menjual Microstock Photography

Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Sumber: Freepik

Microstock photography adalah suatu stok foto yang bisa Anda jual secara umum dengan royalti rendah. Untuk setiap stok foto yang berhasil terjual, Anda akan mendapatkan komisi dengan persentase tertentu.

Anda bisa menjualnya di beberapa platform seperti Shutterstock, Getty Images, 123RF, Adobe Stock, dll.

Anda memang bisa mendapatkan uang dari sini, tapi hal ini tidak bisa Anda jadikan tumpuan hidup. Lebih masuk akal jika Anda menjadikannya sebagai tempat untuk mencari penghasilan tambahan.

Beberapa waktu belakangan, menjual microstock photography cukup ramai jadi perbincangan. Mulai banyak orang yang tertarik mengerjakan hal ini.

Tren ini sepertinya sejalan dengan semakin lazimnya orang-orang yang memiliki kamera digital dan semakin canggihnya kamera handphone.

8. Trading

Sumber: Freepik

Dalam konteks ini, trading berarti kegiatan jual beli instrumen keuangan seperti saham, forex, emas, cryptocurrency, dll.

Anda bisa mendapat keuntungan dari naik turunnya harga dari tiap-tiap instrumen keuangan yang Anda trading-kan.

Jika bermain trading, Anda harus siap dengan risiko besar. Hal ini memang cukup menjanjikan keuntungan yang tinggi. Tapi sekalinya salah analisa, Anda bisa langsung drop dan merugi banyak.

Trading juga sedang jadi tren sejak pembicaraan tentang investasi mulai ramai di linimasa.

Jika ingin melakukan trading, Anda harus mendaftar di platform trading seperti OctaFX, FBS, MIFX, Etoro, dll.

9. Membuat channel YouTube

Sumber: Freepik

Potensi penghasilan di YouTube berasal dari Adsense, endorse, product placement, dll.

Sayangnya, modal untuk mengerjakannya tidaklah murah. Anda harus investasi pada kamera, PC untuk editing, audio, dan waktu.

Untuk bisa menghasilkan uang dari sini, Anda juga harus jeli dalam mengembangkan konten. Selain itu, karakter dan kepribadian Anda juga harus kuat. Jadi orang-orang tertarik untuk menonton dan subscribe.

Bagaimanapun ini bukanlah cara cepat mendapatkan uang dari internet. Metode ini memang benar bisa menghasilkan, tapi Anda harus membangun channel YouTube sampai titik tertentu untuk bisa mendapatkan uang.

Baca Juga:  8 Website Freelance Indonesia & Luar Negeri Terpercaya

Tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Mencari Uang di Internet Tetap Butuh Proses & Usaha

Internet memang memudahkan banyak hal, termasuk mencari uang. Dengan internet, celah untuk mendapatkan uang jadi lebih banyak dan variatif. 

Tapi bukan berarti Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah di internet. Anda tetap butuh effort dan kerja keras. Semuanya juga butuh proses, tidak ada yang bisa memberikan uang secara instan.

Selain itu, skill dan wawasan juga jadi faktor krusial. Jika Anda memiliki skill teknis tertentu di bidang digital, akan lebih peluang untuk mencari uang di internet.

Penutup

Pilih metode mendapatkan uang di internet yang sesuai dengan kemampuan Anda. Terus update wawasan supaya bisa mendapatkan lebih banyak celah. Terus kembangkan skill supaya kerja Anda bisa dihargai lebih mahal. 

Semoga list cara mendapatkan uang dari internet di atas bisa jadi referensi. Anda bisa eksplorasi lagi untuk mendapatkan metode-metode lainnya.

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost