Apa itu Digital Marketing? Taktik & Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang paling populer di era ini. Hal ini selaras dengan penetrasi internet yang terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Strategi ini memanfaatkan berbagai platform internet untuk menjangkau para audiensnya.  

Strategi ini bisa diterapkan ke berbagai skala bisnis. Biayanya juga relatif murah, dengan potensi keuntungan yang cukup tinggi.

Artikel ini cocok untuk Anda, pemilik bisnis UMKM yang ingin meningkatkan penjualan. Anda yang masih awam dan ingin mengetahui cara efektif menjalankan digital marketing. 

Kami akan menjelaskan tentang digital marketing dan membedah setiap tekniknya di sini. 

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah sebuah metode pemasaran produk atau brand melalui media digital, terutama internet. 

Strategi ini memanfaatkan berbagai platform di internet mulai dari website official, media sosial, aplikasi chat, search engine, email, dll. 

Saat ini, banyak pemilik usaha yang berusaha mengoptimalkan strategi digital marketing-nya. Hal ini sejalan dengan terus meningkatnya penetrasi internet.

Per Juli 2020 saja, penetrasi internet di Indonesia mencapai 68%. Pengguna internet mobile di Indonesia juga sudah mencapai 61% dari total populasi.

Hal yang lebih mengejutkan, rata-rata penggunaan internet hariannya mencapai  7 jam 59 menit (selama tahun 2019).  

Data tersebut membuktikan bahwa orang-orang menghabiskan waktu cukup banyak di internet. 

Bagaimana pun, marketing adalah mengenai menjangkau audiens di waktu dan tempat yang tepat. Maka dari itu, digital marketing merupakan strategi pemasaran yang paling relevan di era ini. 

Terlebih lagi, strategi ini bisa mencakup berbagai skala bisnis. Mulai dari bisnis UMKM hingga perusahan besar.

Taktik Digital Marketing 

Di atas sudah kami singgung bahwa konsep digital marketing yaitu memanfaatkan berbagai platform di internet untuk pemasaran. 

Nah, taktik digital marketing berkaitan dengan cara mengoptimalkan tiap-tiap platform untuk melakukan pemasaran.

Setiap platform di internet pada dasarnya saling terhubung. Jadi pelaksanaan masing-masing taktik akan saling berkaitan satu dengan yang lain.

Berikut ini adalah beberapa taktik umum di digital marketing.

#1. Search Engine Optimization (SEO)

Sumber: Freepik

Anda mungkin cukup familiar dengan istilah ini. SEO memang paling populer di antara taktik digital marketing lainnya.

Taktik ini fokus pada optimasi web supaya bisa mendapatkan peringkat pertama di SERP (Search Engine Result Page). SERP sendiri merupakan hasil penelusuran di mesin pencari seperti Google. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah traffic organik ke website. 

Sebagai pengguna internet Anda pasti sadar akan hal ini. Setiap kali mencari sesuatu di Google, Anda tentu cenderung membuka halaman web yang ada di urutan pertama. 

Jika web Anda masuk halaman 3 atau lebih besar dari itu, jangan terlalu berharap lebih deh!

Lalu bagaimana cara menjalankan taktik SEO ini? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda terapkan.

  • SEO On Page. Hal ini berfokus pada unsur-unsur dalam website. Hal yang harus Anda optimasi di antaranya: penggunaan keyword, presentasi konten, penggunaan meta description, title tag, page speed, internal link, dll. 
  • SEO Off Page. Mengoptimasi berbagai unsur di luar web. Optimasi backlink jadi faktor krusial dalam metode ini. Selain itu Anda juga perlu aktif share di sosial media dan mengoptimalkan fitur Google Bisnisku.
  • Technical SEO. Metode ini sebenarnya bagian dari SEO on Page, hanya saja lebih fokus pada bagian backend. Jadi hal ini berkaitan dengan bagaimana website Anda di develop.
Baca Juga:  Apa itu Buyer Persona? Manfaat & Cara Merancangnya

#2. Content Marketing

Sumber: Freepik

Ahrefs adalah salah satu brand yang cukup berhasil menjalankan content marketing-nya. 

Artikel blog dari Ahrefs kerap jadi referensi orang-orang untuk belajar SEO atau pemasaran digital. Konten video yang mereka buat juga memiliki value yang tinggi. 

Teknik ini berkaitan dengan pembuatan konten yang powerful dan bagaimana mempromosikannya.

Seperti apa sih konten yang powerful? Jadi, konten tersebut harus bisa menggerakan orang, bisa meningkatkan brand awareness, dan yang terpenting bermanfaat bagi audiens.

Bentuk konten yang bisa Anda eksplor di antaranya:

  • Entri blog. Anda bisa berbagi ilmu melalui artikel yang bermanfaat bagi audiens. Tapi ingat, artikel itu harus tetap bersinggungan dengan industri yang Anda geluti. Jadi Anda bisa mengkonversi audiens yang datang untuk artikel menjadi pelanggan yang membeli.  
  • Ebooks. Konten semacam ini bisa Anda targetkan untuk audiens yang butuh pengetahuan yang lebih komprehensif. Ebook ini nantinya bisa Anda tukar dengan data audiens. 
  • Infografis. Konten visual semacam ini lebih menarik bagi audiens. Menyebarkan konten semacam ini juga lebih mudah. 
  • Video. Anda bisa menyajikan konten video yang memiliki value bagi audiens. Contohnya, video review, tutorial, dll.

#3. Social Media Marketing

Sumber: Freepik

Platform social media sekarang ini lebih dari sekedar media berkomunikasi. Di sini Anda bisa memasarkan produk hingga bertransaksi jual beli.

Pemilik UMKM umumnya lebih fokus ke taktik ini. Jadi mereka mempromosikan produk pada relasinya di media sosial.

Apabila Anda ingin hasil yang lebih maksimal, Ada bisa mengoptimalkan strategi pemasaran di platform ini. 

Selain memajang produk, manfaatkan media sosial untuk berbagi konten. Dari situ Anda bisa membangun brand awareness hingga mengarahkan traffic ke web. 

#4. Pay Per Klik (PPC)

Sumber: Freepik

Pay per click pada dasarnya adalah pemasangan iklan di internet. PPC artinya, Anda membayar jasa pemasangan iklan untuk setiap klik di iklan tersebut.

Iklan tersebut bisa Anda arahkan ke landing page, contact person, toko di marketplace, dll.

Provider PPC yang cukup jadi andalan yaitu Google Ads dan Facebook Ads. Selain itu, platform marketplace biasanya juga menyediakan jasa PPC.

Karena harus mengeluarkan budget, pastikan untuk menjalankannya dengan efektif. 

#5. Email Marketing

Sumber: Freepik

Seperti namanya, taktik ini menyasar email audiens. Jadi Anda bisa mempromosikan konten, diskon, event, dll dengan langsung mengirimnya ke email audiens. 

Data email tersebut bisa Anda dapatkan dari subscription di blog, download ebook, transaksi yang pernah audiens lakukan, dll.

Baca Juga:  Apa itu Shopify? Kelebihan & Biaya Paket Berlangganannya

Supaya tidak menjadi spam, Anda perlu mempresentasikan email dengan lebih menarik. 

#6. PR Online

Sumber: Freepik

Perusahaan yang bisa menjalankan teknik ini biasanya sudah cukup mapan atau skalanya cukup besar.

PR online berkaitan dengan publikasi digital. Misalnya publikasi di suatu media online seperti Kompas, Tribun, dan sejenisnya. Bisa juga media milik influencer.

Anda bisa bekerjasama dengan beberapa media untuk melakukan publikasi. Optimalkan promosi di media tersebut. Usahakan supaya media lain dan para influencer jadi penasaran dan tertarik untuk mengulas.

Untuk membuat mereka tertarik, produk Anda harus benar-benar unik. 

#7. Konten Bersponsor

Sumber: Freepik

Anda pasti sering melihat hal ini. Konten bersponsor berkaitan erat dengan pemasaran influencer.

Konsepnya adalah menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk Anda. Ada beberapa tipe kerjasama, misalnya: product placement, menyampaikan produk knowledge, menggunakan produk (alat musik, fashion), dll, membuat konten eksklusif.

Itu dia beberapa taktik pemasaran digital yang cukup umum. Anda bisa mengaplikasikan taktik yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda. 

Apa Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis?

Jika Anda aplikasikan dengan tepat, pemasaran digital bisa memberi banyak sekali keuntungan bagi bisnis Anda, di antaranya:

  • Budget minimalist. Jika Anda masih dalam tahap merintis, Anda masih bisa menjalankan pemasaran digital dengan budget minim.  
  • Jangkauan luas. Internet memungkinkan Anda menjangkau pasar yang lebih luas. 
  • Pemasaran lebih terukur. Adanya tools statistik akan memudahkan Anda melihat demografi konsumen yang potensial, meninjau kinerja campaign, melihat perkembangan transaksi, dll. 
  • Bisa terhubung dengan pasar offline. Dengan taktik pemasaran yang tepat, hal ini juga bisa mendongkrak bisnis offline. Pasalnya strategi ini memungkinkan Anda memasarkan produk di area yang spesifik.

Tentu saja masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Untuk membuktikan kebenarannya, Anda harus mencobanya sendiri. Tetapi, pastikan untuk menjalankan taktiknya dengan teknik yang tepat.

Digital Marketing: Strategi Efektif untuk Pemasaran di Era Internet

Pemasaran digital di era ini berfokus pada internet. Ada banyak platform di internet yang bisa Anda optimalkan untuk memasarkan produk atau brand.

Pemasaran digital memiliki sejumlah taktik. Setiap taktik butuh pendekatan spesifik untuk optimasinya. 

Anda harus jeli dalam memilih taktik. Pastikan Anda mengaplikasikan taktik yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa merasakan dengan utuh manfaat dari pemasaran digital.

Untuk menunjang pemasaran digital, Anda butuh beberapa aset pokok, yaitu: identitas bisnis (branding, nama, logo), akun media sosial, website, dan konten.

Baca Juga:  Apa itu Google Display Network? Tipe Targeting & Manfaatnya

Jika Anda ingin membuat website, pastikan untuk menggunakan layanan hosting terbaik. Jogjahost adalah penyedia jasa hosting yang bisa Anda andalkan. 

Ada banyak paket hosting yang bisa Anda pilih. Bahkan ada paket hosting murah yang cocok untuk usaha rintisan.

Baca juga:

Penutup

Pemasaran digital jadi hal krusial di era ini. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas, Anda harus segera mengaplikasikan strategi ini untuk bisnis Anda.

Anda bisa terus mengikuti blog ini untuk mendapatkan ilmu tentang pemasaran digital yang lebih lagi. 

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost