Apa itu Marketing Mix? Kenali Konsep 7P Marketing Mix

Strategi marketing jadi salah satu kunci terpenting dalam menjalankan bisnis yang sukses.

Gunakan Marketing Mix untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Tools ini akan membantu mengkomunikasikan produk Anda pada target pasar secara tepat dan efektif.

Artikel berikut ini akan membantu Anda memahami konsep Marketing Mix dan bagaimana penerapannya untuk mensukseskan bisnis Anda.

Untuk membantu merumuskan strategi marketing yang efektif, para ahli mengembangkan suatu tools atau konsep. Salah satu tools yang cukup populer yaitu konsep 7P Marketing Mix

Sebaik apapun produk yang Anda miliki, tanpa disertai marketing yang tepat, transaksi tidak akan terjadi. Tanpa adanya transaksi, keuntungan tidak akan didapatkan.

Definisi Marketing Mix

Marketing Mix adalah satu set marketing tools yang digunakan suatu bisnis untuk menjual suatu produk pada pasar yang disasar.

Pada dasarnya, fungsi Marketing Mix adalah untuk membantu pengusaha merancang strategi marketing pada bisnisnya. 

Terminologi Marketing Mix pertama kali dipopulerkan oleh profesor marketing Harvard, Neil Borden, sekitar akhir 1940an. Dia terinspirasi dari artikel yang diterbitkan koleganya James Culliton. 

Meski gagasan bahwa marketing adalah suatu pencampuran dari beberapa variabel, tapi pada waktu itu variabel yang dibutuhkan belum mencapai suatu konsensus nyata.

Seiring berkembangnya tahun, Marketing Mix terus bertransformasi. 

Muncul berbagai gagasan tentang konsep Marketing yang berhasil mendefinisikan variabel marketing yang dibutuhkan pada Marketing Mix.

Konsep Marketing Mix: Konsep 4P & 7P

Pada tahun 1960 konsep Marketing Mix 4P diperkenalkan oleh  E. Jerome McCarthy. Hal ini menjadi awal transformasi dari konsep Marketing Mix. 

Konsep 4P ini mendefinisikan 4 variabel Marketing Mix diantaranya: product, price, place, dan promotion. Keempat variabel tersebut sebatas berorientasi pada produk.

Hingga akhirnya, pada tahun 1981, Booms and Bitner menggagas konsep Marketing Mix 7P untuk melengkapi konsep 4P. 

Pada konsep 7P, terdapat penambahan 3 variabel baru yaitu: people, process dan physical evidence. Ketiga hal tersebut melengkapi konsep 4P dengan variabel yang berorientasi pada servis.

Sumber: marketinginsider.eu

Berikut penjelasan lengkap tentang masing-masing elemen pada konsep Marketing Mix.

1. Product (Produk)

Secara teori, produk merupakan sesuatu yang ditawarkan pada konsumen, baik itu barang maupun jasa. Di era ini, produk tidak terbatas pada barang fisik. Karya digital seperti website, mobile app, ilustrasi, animasi juga termasuk produk yang bisa dipasarkan. 

Produk harus bisa memenuhi kebutuhan dan apa yang diharapkan oleh konsumen. 

Sebagai pebisnis, Anda harus bisa merumuskan ekspektasi konsumen yang jadi sasaran. Produk yang berhasil memenuhi ekspektasi konsumen jadi syarat minimum suatu produk bisa sustain untuk dipasarkan.

2. Price (Harga)

Harga produk harus mencerminkan atribut konsumen yang jadi target. Anda perlu mengarahkannya pada level yang tepat. 

Saat merumuskan harga produk, sangat perlu untuk menyesuaikannya dengan kualitas atau nilai produk yang Anda miliki.

Pangsa pasar dan persaingan jadi faktor yang akan mempengaruhi penentuan harga.

3. Place (Tempat)

Setiap orang pasti terasosiasi pada suatu tempat, baik tempat fisik maupun kanal online. Di tempat-tempat itulah mereka akan menghabiskan waktu. 

Jika berhasil mengidentifikasinya, Anda akan menemukan tepat untuk menjalankan bisnis dan tempat untuk memajang konten pemasaran. 

Asosiasi tempat tersebut juga bisa digunakan untuk mendefinisikan karakter konsumen.

4. Promotion (Promosi)

Promosi berhubungan erat dengan penyampaian pesan. Hal tersebut berkaitan dengan:Bagaimana mengkomunikasikan karakteristik suatu merek atau produk dan bagaimana cara menyajikan kontennya.

Kedua elemen tersebut harus bisa beriringan untuk menghasilkan suatu konten yang tepat sasaran dan strategi promosi yang efektif.

Promosi juga berhubungan erat dengan media yang digunakan untuk pemasaran. Strategi promosi pasti akan menyesuaikan juga dengan medianya. 

5. People (Orang)

Variabel ini berkaitan dengan servis. Untuk memberikan servis yang baik, dibutuhkan pelaksana yang kompeten dan berkomitmen.

Suatu bisnis sangat dipengaruhi oleh orang-orang yang menjalankannya. 

Jika perusahaan Anda ingin berkembang, sangat penting untuk mempekerjakan orang yang tepat. Orang-orang tersebutlah yang nantinya akan membentuk merek dan menjalankan strategi pemasaran produk. 

6. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Konsumen ingin membangun suatu hubungan yang autentik. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menghadirkan bukti fisik. 

Bukti fisik dibutuhkan untuk melengkapi bukti psikologis bahwa merek tersebut secara nyata benar-benar ada.  

Bukti fisik yang dimaksud bisa berupa brosur, logo perusahaan, kantor atau lapak, akses terhadap customer service, kartu nama, hingga official web.

Anda yang ingin membangun official web sebagai bukti fisik dari bisnis Anda akan membutuhkan suatu hosting. 

Jogjahost adalah penyedia layanan hosting yang bisa Anda andalkan. Hosting yang digunakan oleh Jogjahost sudah menggunakan SSD Drive yang menghasilkan akses data yang cepat. Server yang digunakan oleh Jogjahost juga terbukti andal performanya dan juga aman.

7. Process (Proses)

Hal ini berkaitan dengan keseluruhan proses yang terjadi pada suatu bisnis. Mulai dari saat memasarkan produk, terjadinya transaksi produk dengan konsumen, pengiriman produk bahkan layanan purna jual.

Keseluruhan proses tersebut akan membentuk pengalaman konsumen. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kesan dan kepuasan konsumen.

Marketing Mix terus mengalami transformasi sejalan dengan perubahan era. Meski demikian, konsep 7P masih terus dijadikan acuan hingga saat ini.

Konsep tersebut masih sangat relevan untuk Anda aplikasikan dalam merumuskan strategi marketing.

Menerapkan Konsep 7P Marketing Mix

Ulasan di atas sudah menjabarkan tentang masing-masing variabel pada konsep Marketing Mix. 

Setelah memahami maksud dari masing-masing variabel, ulasan berikut akan memberi gambaran pada Anda bagaimana cara memanfaatkan konsep 7P Marketing Mix pada bisnis Anda.

1. Menghadirkan Produk yang Memenuhi Kebutuhan

Anda harus merumuskan dulu kebutuhan konsumen. Setelah mengetahuinya, hadirkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. 

Anda juga harus mempertimbangkan kualitas produk yang ingin dihadirkan. Sesuaikan dengan karakter konsumen yang Anda sasar. 

Selain kualitas, Anda juga perlu mempertimbangkan ciri khusus yang akan membuat produk Anda tampak unik dibanding produk pesaing.

Pertanyaan sebagai acuan:

Bagaimana karakter target konsumen Anda? Apakah mereka anak sekolah, mahasiswa atau kalangan dewasa muda? 

Bagaimana produk Anda akan membantu konsumen memenuhi tujuannya? Bagaimana produk yang sesuai dengan ekspektasi target konsumen?

2. Merumuskan Harga yang Sesuai

Rumuskan dulu breakeven price pada produk milik Anda. Breakeven price merupakan harga terkecil yang bisa ditetapkan supaya tidak merugi.

Breakeven price dan value produk di mata konsumen bisa jadi bahan pertimbangan untuk menetapkan harga jual.

Pertanyaan sebagai acuan:

Bagaimana status sosial target konsumen Anda? Apakah kalangan ekonomi kelas A-B atau C, D, E?

Bagaimana mereka menilai suatu produk? Apakah mereka hanya mementingkan harga murah? Apakah mereka mengutamakan kualitas dan maklum dengan harga mahal?

3. Menentukan Lokasi Jualan & Marketing

Pilih lokasi jualan yang mudah dijangkau oleh target konsumen Anda. Jika lokasi bisnis Anda terpencil dan susah dijangkau, pastikan untuk menghadirkan value yang sesuai. Value yang bisa diterima konsumen dan membuat mereka rela menyambangi lokasi bisnis Anda.

Anda juga perlu menetapkan tempat dan media yang tepat untuk menjalankan marketing. 

Penentuan lokasi juga perlu mempertimbangkan cost yang harus Anda keluarkan.

Pertanyaan sebagai acuan:

Di mana target konsumen Anda biasa berkumpul? Tempat mana saja yang biasanya mereka sambangi? 

Platform sosial media apa yang biasa mereka gunakan? 

4. Melakukan Promosi yang Efektif

Hadirkan konten promosi yang relevan dengan target konsumen Anda. Jenis konten promosi yang bisa digunakan meliputi ilustrasi, foto, video maupun tulisan. 

Dalam memilih jenis konten, sesuaikan juga dengan media yang ingin digunakan. Medianya bisa berupa baliho, flyer, brosur, IG, Facebook, Twitter, iklan radio, iklan TV, video Youtube, dll.

Pertanyaan sebagai acuan:

Bagaimana cara komunikasi paling tepat untuk mendekati target konsumen? 

Metode seperti apa yang akan Anda lakukan untuk mendekatkan produk pada konsumen? Jenis konten seperti apa yang relevan dengan target konsumen? 

5. Memilih Pekerja yang Tepat

Rumuskan struktur organisasi pada bisnis Anda. Usahakan untuk membuat struktur organisasi yang tidak terlalu “gendut”. 

Rekrut orang-orang yang berkompeten pada tiap-tiap posisi. Selain kualifikasi pendidikan, Anda juga perlu menilik pengalaman kerja atau portofolio yang pernah dibuat.

Pertanyaan sebagai acuan:

Posisi apa saja yang dibutuhkan pada bisnis Anda? Orang-orang dengan kualifikasi seperti apa yang akan di rekrut? Bagaimana cara rekrutmennya? 

Seberapa besar skala bisnis Anda? Berapa cost untuk gaji karyawan yang bisa Anda keluarkan? 

6. Menghadirkan Bukti Fisik yang Relevan

Siapkan beberapa material fisik yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. 

Siapkan logo dari brand yang Anda usung. Buat katalog produk dengan foto yang menarik dan otentik. Katalog bisa dihadirkan dalam wujud fisik atau susunan feed di instagram.

Hadirkan toko fisik yang terkonsep. Set up toko online di marketplace maupun sosial media. Buat website official dengan domain premium supaya tampak profesional.

Pertanyaan sebagai acuan:

Apa saja materi untuk pemasaran yang dibutuhkan? Apakah cukup dengan foto produk? Apakah butuh brosur, flyer, baliho atau sejenisnya?

Toko seperti apa yang ingin Anda hadirkan? Bagaimana konsep toko fisiknya? Platform online apa yang dipilih? 

7. Merumuskan Alur Proses pada Bisnis

Anda perlu merumuskan alur prosesnya tahap per tahap. 

Setelah melihat iklan, konsumen akan di arahkan ke toko online atau toko fisik.  Kemudian rumuskan metode transaksi seperti apa yang ingin diterapkan. 

Jika pemesanan melalui toko online, proses pengirimannya juga perlu diatur. Tentukan jasa pengiriman yang memudahkan buat Anda dan juga pelanggan.

Anda perlu menyusunnya menjadi suatu SOP supaya setiap karyawan bisa bekerja mengacu pada alur yang sudah ditentukan. 

Pertanyaan sebagai acuan:

Bagaimana Anda ingin memberikan kesan pada konsumen? Bagaimana servis yang akan diberikan pada konsumen? 

Bagaimana alur transaksinya? Apa saja metode pembayaran yang akan diterapkan? Bagaimana layanan pengirimannya? Apakah ada layanan COD?

Setelah membaca ulasan ini, semoga Anda jadi memiliki gambaran tentang penerapan strategi ini. Anda bisa mencoba mengaplikasikan pemodelan ini sendiri pada bisnis yang Anda jalankan.

Ciptakan Strategi Marketing Andal dengan Marketing MIX

Konsumen saat ini lebih berdaya. Ekspektasinya terhadap suatu merek atau produk sudah lebih besar. 

Konsep Marketing Mix bisa jadi alat bantu untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk memenuhi ekspektasi konsumen. Konsep ini memecah strategi marketing dalam beberapa variabel utama pada suatu bisnis. Dengan demikian, perumusannya akan lebih mudah dan spesifik. 

Marketig Mix hanya sebatas teori pemodelan. Hanya sebagai tools untuk membantu Anda. Hal ini tidak bisa serta merta membuat bisnis jadi sukses.

Kedalaman wawasan yang Anda miliki untuk menggunakan tools inilah yang akan mempengaruhi keberhasilan. Anda bisa merasakan manfaat Marketing Mix lebih optimal jika benar-benar berkomitmen selama merumuskan.

Anda tidak perlu bingung lagi dalam merencanakan strategi marketing. Anda bisa memanfaatkan pemodelan Marketing Mix sebagai acuan.

Strategi marketing yang efektif nantinya akan meningkatkan potensi kesuksesan pada bisnis Anda. Demikian ulasan tentang Marketing Mix.

Semoga ulasan di atas bisa jadi bahan referensi dan memberi pengetahuan bermanfaat.

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost