Apa itu Edmodo? Fitur Unggulan, Kelebihan & Kekurangan

Edmodo merupakan salah satu LMS unggulan di dunia. 

Pada tahun 2013, PC Magazine memasukan Edmodo sebagai salah satu Top Apps for Teachers. Berdasarkan studi dari Sykes.com, Edmodo berhasil mencapai growth hingga +52,52% per Maret-April 2020 di Amerika Serikat.

Untuk Anda para guru SD-SMA, mungkin bisa menyimak fitur unggulan dan kelebihan Edmodo dari artikel ini. Siapa tahu Anda tertarik menggunakannya. 

Apa itu Edmodo?

Edmodo adalah salah satu platform learning management system (LMS) berbasis cloud. 

Dengan kata lain, fungsi Edmodo adalah untuk memfasilitasi guru dan murid untuk melaksanakan pembelajaran interaktif secara daring/online. Selain itu, orang tua juga bisa melihat perkembangan anaknya dari platform ini. 

Ketika menyebutkan tentang LMS, yang ada di pikiran Anda pasti sistem yang kaku. Coba bayangkan LMS dengan sistem menyerupai Facebook! Nah, seperti itulah Edmodo.

Sumber: Edmodo

Anda mungkin masih asing dengan platform ini. Padahal platform ini sudah rilis sejak akhir tahun 2008. Terlahirnya platform ini atas inisiasi Nic Borg dan Jeff O’hara.

Nic Borg dan Jeff O’hara merancang platform ini untuk mendukung kurikulum K-12 (kurikulum pendidikan abad 21).

Di Indonesia, Edmodo memang tidak sepopuler Google Classroom. Tapi platform ini bisa jadi opsi yang tidak kalah andal. Apalagi dengan sistem ala media sosial, platform ini membawa inovasi LMS ke level yang lebih tinggi.

Fitur-fitur Edmodo

Edmodo memiliki sejumlah fitur unggulan untuk memenuhi visinya, antara lain:

1. Lesson Delivery

Sumber: Edmodo

Bagaimana caranya menyampaikan pembelajaran secara online?

Apakah sekedar memberikan materi softcopy sudah cukup efektif?

Tenang saja, Edmodo bisa Anda gunakan secara interaktif. Platform ini sudah terintegrasi dengan Zoom. Jadi ketika Anda ingin menyampaikan materi secara langsung dengan Zoom, Anda dan para siswa tidak perlu meninggalkan aplikasi ini.

Bagaimana dengan pembagian kelas? Di fitur ini, Anda bisa mengelompokan para siswa berdasarkan kelasnya. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat grup yang skalanya lebih kecil. Misalnya, kelompok belajar atau kelompok tugas dalam satu kelas.

Di dalam grup tersebut, Anda bisa membuat status untuk menyampaikan pembelajaran. Sama seperti Facebook, Anda tidak hanya bisa membuat status berbasis teks. Anda juga bisa menambahkan sejumlah media pendukung, baik itu gambar, video, file presentasi, dll.

Daily agenda para murid juga bisa Anda kelola. Jadi para murid bisa langsung mengakses materi pembelajaran, kuis atau tugas di hari itu, yang sudah Anda siapkan.

2. Quiz & Assignment

Sumber: Edmodo

Untuk menguji pencapaian siswa, Anda tentu harus membuat kuis atau tugas.

Fitur itu pun tersedia di Edmodo. 

Anda bisa membuat kuis berbasis pilihan ganda maupun uraian. Misalnya Anda butuh gambar ilustrasi pada beberapa soal, fitur ini pun sudah mengakomodasinya.

Pada fitur tugas atau assignment, deadline nya bisa Anda atur. Siswa pun bisa langsung mengupload tugas mereka.

3. Library

Sumber: Edmodo

Sebagai guru, Anda tentu membutuhkan banyak bahan ajar. Mulai dari materi pembelajaran utama, materi pembelajaran pendukung, soal-soal latihan, dll.

Dengan platform ini, Anda akan lebih mudah menyiapkan bahan ajar tersebut. Semua bahan ajar bisa Anda upload dan akan tersimpan dalam aplikasi

Jadi saat tahun ajaran baru, beban kerja Anda bisa sedikit berkurang. Bahan ajar yang relevan masih bisa Anda gunakan lagi. 

4. Edmodo Snapshot

Sumber: Crozdesk

Edmodo merancang fitur Snapshot untuk memenuhi standar Common Core di Amerika Serikat. Indonesia mungkin tidak sepenuhnya mengadopsi Common Core, tapi beberapa hal di sini masih bisa Anda manfaatkan.

Dengan Snapshot, Edmodo menyiapkan berbagai sumber daya pembelajaran. Sumber daya tersebut, berasal dari penyedia konten pendidikan yang bermitra dengan Edmodo.

Bentuk sumber dayanya, yaitu: rencana pelajaran, permainan, tes, bank soal, penilaian untuk guru, laporan perkembangan siswa, dll.

5. Gradebook

Sumber: Edmodo

Mengelola nilai siswa sangatlah melelahkan. Fitur Gradebook ini akan sedikit mengurangi beban Anda.

Semua nilai siswa akan Anda kelola dengan fitur ini. Anda bisa memisahkan penilaian berdasarkan tugas, kuis, atau pembelajaran harian. 

Nilai yang sudah Anda input akan tersaji secara real time. Orang tua dan siswa bisa mengaksesnya.

Pencatatan nilai di Gradebook ini sudah cukup advance. Berdasarkan angka yang Anda input, bisa muncul berbagai grafik. Dari situ Anda bisa lebih mudah menganalisis perkembangan siswa.   

6. Award Badge

Sumber: Edmodo

Ketika menjadi siswa, Anda tentu sangat senang ketika mendapat penghargaan atau apresiasi dari guru.

Mengapa Anda tidak melakukannya juga pada siswa yang Anda didik?

Di Edmodo terdapat fitur Award Badge. 

Berikan badge pada siswa yang berhasil mendapat pencapaian. Badge tersebut akan menempel di foto profil mereka dan bisa jadi suatu kebanggaan bagi mereka.

7. Polling

Sumber: etec553-edmodo.weebly.com

Di kurikulum K-12, input dari siswa tidak bisa Anda abaikan. Sebagai guru, Anda harus bisa mendorong siswa untuk terlibat dalam pembelajaran mereka.

Fitur Polling di Edmodo bisa Anda gunakan untuk memantik keterlibatan siswa. 

Lemparkan pertanyaan, dan ajak siswa untuk memberikan polling sesuai pendapat mereka.

8. Parents Code

Sumber: Edmodo

Di awal sudah kami jelaskan bahwa Edmodo akan menghubungkan guru, siswa, dan orang tua. 

Maka dari itu, orang tua pun bisa membuat akun di Edmodo. 

Orang tua yang ingin melihat proses maupun progress pembelajaran anaknya, bisa menggunakan Parents Code untuk mengaksesnya.

Parents Code bisa didapatkan dari guru yang bersangkutan.

Kelebihan dan Kekurangan Edmodo

Comparecamp.com memberikan skor 9.3 untuk Edmodo. Platform Commonsense.org dan Softwareadvice.com pun menunjukan rating lebih 4 bintang untuk platform ini.

Apa artinya? Platform ini terbukti cukup oke untuk Anda gunakan. 

Kelebihan 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Edmodo yang membuatnya diminati:

  • Tampilannya lebih menarik dan atraktif karena menyerupai sosial media.
  • Terintegrasi dengan Ms. Office dan Google Apps for Education.
  • Mudah untuk mengelola pembelajaran daring dan berbagai bahan ajarnya.
  • Antar pendidik bisa saling terhubung dan bertukar materi pembelajaran.
  • Adanya private group membuat pengelolaan kelas atau kelompok belajar jadi lebih mudah.
  • Terintegrasi dengan Zoom, hingga Youtube Live.
  • Terdapat akses bagi orang tua.
  • Terdapat aplikasi mobile.

Kelemahan

Edmodo tentu saja bukan aplikasi yang tanpa cacat. Berikut ini beberapa kelemahan Edmodo yang agak disayangkan oleh orang-orang:

  • Platform ini berbasis Bahasa Inggris. Bagi guru dan siswa yang kurang terbiasa dengan Bahasa Inggris pasti agak kesulitan.
  • Masih ada banyak batasan pada platform ini. Membuatnya kurang cocok untuk menunjang pembelajaran di pendidikan tinggi.
  • Masih kerap terjadi error pada beberapa kondisi. Misalnya siswa tidak bisa menjawab jawaban tertentu pada kuis.
  • Editor persamaan matematika kurang oke.
  • dll.

Bagi guru, siswa, dan orang tua, platform ini bisa digunakan secara gratis. Tapi ada juga paket premium bagi sekolah. Pihak sekolah bisa menghubungi tim marketing Edmodo untuk mendapatkan penawaran harganya.

Edmodo: LMS dengan Pendekatan Sosial Media

Edmodo merupakan salah satu platform LMS yang unik. Platform ini memiliki tampilan menyerupai FB. 

Meski konsepnya seperti sosial media, Edmodo tetap bisa Anda gunakan untuk mengelola kelas. Terdapat fitur private group yang memungkinkan hal tersebut.

Selain itu, Edmodo juga memiliki sejumlah fitur unggulan, misalnya: Lesson delivery, quiz, assignment, library, gradebook, snapshot, award badge, polling, parents code, dll.Edmodo banyak mendapat review positif. Platform ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuat para user senang menggunakannya.

Penutup

Dengan berbagai fitur unggulan dan review positifnya, sepertinya platform ini bisa jadi alternatif untuk menyelenggarakan pembelajaran online.

Apalagi platform ini bisa digunakan secara gratis.

Untuk mendorong pembelajaran abad 21 di kelas Anda, Edmodo adalah pilihan terbaik.

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost