8 Website Freelance Indonesia & Luar Negeri Terpercaya

Situs freelance merupakan platform crowdsourcing yang menghubungkan freelancer atau pekerja lepas dengan para client. Platform tersebut akan mewadahi dan memfasilitasi transaksi antara keduanya. 

Hingga saat ini sudah ada banyak platform crowdsourcing yang beroperasi. Anda yang butuh tambahan penghasilan atau ingin jadi full time freelancer, bisa menyimak daftar situs freelance Indonesia & luar negeri di bawah ini.

Apa itu Freelance?

Anda tentu sudah cukup familiar dengan istilah freelance. Kerja freelance saat ini sudah jadi hal yang semakin lazim. Terlebih lagi sekarang ini ada banyak situs freelance Indonesia dan luar negeri untuk mencari job.

Job freelance adalah pekerjaan lepas yang tidak mengikat pekerja layaknya karyawan. Pekerjaannya biasanya berlaku per project. Jadi setelah project selesai, ikatan kontrak akan berakhir.

Freelancer adalah sebutan untuk orang-orang yang menjalani pekerjaan semacam itu. 

Sejak internet semakin berkembang, kerja freelance secara online jadi semakin populer.

Banyak orang yang cukup tertarik menjadi freelancer. Mungkin Anda salah satu dari orang-orang tersebut.

Sekarang ini sudah ada banyak platform crowdsourcing atau situs bagi para freelancer. Platform tersebut memfasilitasi pertemuan antara para freelancer dan orang yang butuh jasa freelancer. 

Rekomendasi Website Freelance

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa website freelance atau platform crowdsourcing, mulai dari besutan lokal hingga internasional.

#1. Projects.co.id

Situs yang bermarkas di Bandung ini sudah 6 tahun beroperasi sejak artikel ini kami buat. Popularitasnya masih cukup oke dan masih jadi andalan situs freelance untuk pemula.

Di sini Anda bisa mencari berbagai jenis project, terutama yang berkaitan dengan komputer dan dunia digital.

Beberapa kategorinya yaitu desain, audio, video, animasi, akuntansi, web development, mobile apps, game development, internet marketing, data entry, writing, translation, dll.

Situs ini mengusung konsep marketplace. Jadi di sini Anda bisa menawarkan project atau mencari projects. 

Selain itu, situs ini juga menyediakan space penjualan khusus untuk produk digital. 

Di sini, Anda tidak hanya bisa mencari uang dari mengerjakan project. Tapi juga bisa melalui program afiliasi. 

#2. Sribulancer.com

Sribulancer saat ini merupakan platform crowdsourcing lokal yang jadi top of mind orang-orang.

Setelah sukses melayani pasar lokal, Sribulancer saat ini sedang berusaha menjangkau pasar global. Artinya, Anda bisa berkesempatan mendapatkan client dari luar negeri melalui situs ini.

Kategori jasa yang Sribulancer sediakan tidak jauh berbeda dengan Projects.co.id. Beberapa kategori jasanya berhubungan dengan website, penulisan, penerjemahan, desain, multimedia, online marketing, mobile apps, data entry, dll. 

Sribulancer juga berusaha menghadirkan fitur yang membuat client dan pekerja sama-sama nyaman.

Ada fitur safepay atau rekening bersama yang jadi penengah pada proses pembayaran. 

Sistem tersebut memberi jaminan pembayaran pada pekerja. Selain itu, client juga mendapat jaminan uang kembali jika pekerja mangkir dari tugasnya. 

Baca Juga:  8 Situs Download Font Keren untuk Logo & Desain Lainnya

Ada juga paket jasa yang cukup menguntungkan untuk client. 

Selain itu, Sribulancer juga membantu mempromosikan pekerja yang memiliki kinerja baik di halaman portofolio. 

#3. Sribu.com

Sribu.com masih satu grup dengan Sribulancer.com. 

Hanya saja, situs ini mengkhususkan diri untuk jasa di bidang desain. Misalnya, desain logo, banner, kaos, konten sosmed, interior, dll. 

Cara kerja situs ini sedikit berbeda karena menggunakan sistem kontes. 

Sribu.com juga memberikan peluang lain untuk mencari uang melalui program reseller.

#4. Fastwork.id

Sebenarnya, Fastwork berasal dari Thailand. Situs ini menyasar pasar Indonesia dan hadir dengan domain Fastwork.id.

Kategori jasa yang tersedia di sini pada dasarnya hampir sama dengan situs-situs di atas. Ada kategori jasa yang sedikit berbeda yaitu jasa konsultasi. 

Sistem kerjanya juga tidak jauh beda. Setelah mendaftar jadi member freelancer, Anda bisa memilih project yang sesuai dengan kapasitas Anda.

Setelah itu, tawarkan jasa Anda pada employer. Jika employer merasa cocok, Anda bisa melakukan negosiasi fee. 

Pihak employer akan mengirim uang ke pihak Fastwork. Setelah uang terkirim, Anda bisa mulai mengerjakan job.

Meski tergolong baru, di situs ini sudah memiliki banyak client. Tim marketing dari Fastwork juga cukup aktif mencari client dari berbagai kalangan. 

#5. Freelancer.co.id

Situs ini merupakan pemain lama di bidang ini. Top of mind orang-orang terhadap situs kerja remote pasti mengacu pada Freelancer.

Freelancer berasal dari Australia. Dulunya situs ini hanya menggunakan bahasa Inggris. Sekarang Freelancer sudah hadir dalam versi bahasa Indonesia.

Meski demikian, situs ini hanya memberlakukan transaksi menggunakan dolar. 

Di situs ini, mayoritas client-nya berasal dari luar negeri. Tapi Anda masih bisa mencari client dari Indonesia dengan memanfaatkan filter pekerjaan lokal.

Selain berburu job seperti pada umumnya, Anda juga bisa mengikuti kontes di website ini. 

Anda sebenarnya bisa mencari job di sini secara gratis. Tapi Freelancer juga menawarkan paket membership berbayar untuk freelancer. Member premium tentu saja berpotensi lebih banyak mendapat penawaran job.

#6. 99designs.com

Platform ini cukup terkenal di kalangan desainer grafis. 99designs sudah beroperasi sejak tahun 2008 dan masih cukup populer hingga saat ini.

Di 99designs.com, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari kontes. Apabila Anda sudah memiliki portofolio yang cukup oke, Anda berkesempatan untuk di-hire secara langsung. 

Tapi, pada saat baru pertama kali mendaftar, Anda harus banyak-banyak sabar dan tawakal. Pasalnya, Anda akan bersaing dengan banyak desainer handal dari seluruh dunia di situs ini.  

Baca Juga:  Mengenal Siapa Pendiri Google: Profil & Sejarah Google

#7. Upwork.com

Di luar negeri, situs ini sangatlah populer. Situs ini beroperasi lebih dari 2 dekade dan masih jadi salah satu situs freelancer terbaik.

Kategori jasa yang ada di situs ini pada dasarnya tidak jauh beda dari situs-situs di atas.

Jenis job-nya juga mencakup level pemula hingga ahli. Anda yang masih masih newbie sekalipun memiliki kesempatan untuk mencari job di situs ini. 

Di situs ini, Anda juga memiliki opsi bayaran per jam atau per proyek. 

Tapi ingat, jika ingin mencari job di sini, Anda harus bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. 

#8. Fiverr.com

Platform ini sedang populer akhir-akhir ini. Pasalnya, cakupan jasanya cukup luas. 

Beberapa kategori yang sedikit berbeda misalnya voice over, sound design, personal stylist, cooking lesson, dll.

Di situs ini, skema kerjanya sedikit berbeda. Umumnya, client akan membuka project kemudian para pekerja akan melakukan penawaran. 

Di situs ini, para pekerja mendapat ruang untuk menawarkan jasa. Jadi Anda bisa menawarkan suatu bentuk jasa beserta tarifnya.

Itu dia beberapa situs freelance yang terpercaya di Indonesia dan luar negeri. 

Situs Freelance, Membantu Menghidupi Para Pekerja Lepas

Kerja freelance secara online memungkinkan Anda untuk bekerja lebih bebas. Pasalnya, Anda tidak akan terlalu terikat dengan jam kerja dan tempat kerja.

Freelancer bekerja secara independen dan biasanya memiliki keahlian khusus. Keahlian khusus itu mereka manfaatkan sebagai produk jasa. 

Adanya situs-situs freelance membantu para freelancer untuk mendapatkan job.

Situs tersebut membantu menghubungkan para pekerja lepas dengan client yang membutuhkan jasa mereka. Selain itu, situs tersebut juga berperan sebagai fasilitator yang menjaga keamanan transaksi antara pekerja dan client.

Situs semacam itu bisa memfasilitasi banyak jasa, mulai dari apps development, penulisan, multimedia, desain, internet marketing, dll.

Penutup

Platform crowdsourcing jadi wahana mencari penghasilan bagi para pekerja lepas. Anda yang masih bekerja juga bisa memanfaatkannya untuk mencari penghasilan tambahan. 

Anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang ini bisa mulai mencoba dulu di situs freelance Indonesia. 

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost