Ayo Kenali MySQL: Definisi, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Anda ingin membuat website? Setiap website akan membutuhkan database server.

MySQL jadi software manajemen database yang populer digunakan. Software ini bersifat open source, jadi bisa digunakan gratis. Selain itu, kecepatan, kehandalan performa, dan kemudahan dalam penggunaan jadi alasan kepopulerannya.

Artikel di bawah ini akan memberi penjelasan ramah pemula mengenai berbagai hal tentang MySQL: Definisi, sejarah, cara kerja, fungsi dan kelebihan.

Sebuah aplikasi berbasis web membutuhkan pengolah data atau Database Management System (DBMS) yang lebih dinamis. MySQL merupakan salah satu software DBMS yang menunjang kebutuhan tersebut.  

Definisi MySQL & Sejarah Singkatnya

MySQL adalah sebuah software RDBMS (Relational Database Management System) berbasis bahasa SQL bermodel client-server. 

RDBMS artinya program ini menghadirkan sistem database yang menyimpan datanya dengan format terstruktur (structured) dalam bentuk tabel yang saling terhubung (relasional). 

Model ini memudahkan dalam menemukan maupun mengakses data yang spesifik di suatu database. Model ini juga memungkinkan untuk menjalankan query (permintaan terhadap basis data) pada beberapa tabel sekaligus.

Bahasa query yang digunakan adalah SQL. SQL merupakan bahasa pemrograman standar yang digunakan pada software RDBMS.

Berikut adalah sejarah MySQL secara singkat:

Pada tahun berapa MySQL diciptakan? Sebenarnya sejak tahun 1979 Michael “Monty” Widenius sudah mengembangkan cikal bakal kode untuk MySQL.

Pembuatan MySQL dipicu oleh kebutuhan database dinamis untuk aplikasi berbasis web. Pada waktu itu, Michael “Monty” Widenius sudah menciptakan UNIREG, tapi sistem database tersebut dianggap terlalu sederhana dan tidak bisa mengakomodasi kebutuhan aplikasi yang dinamis.

Pengembangan MySQL baru dilakukan pada tahun 1994-1995. Perusahaan TcX tempat Michael “Monty” Widenius bernaung juga berganti nama menjadi MySQL AB dengan Michael Widenius, Allan Larsson, dan David Axmark bertindak sebagai founder.

Pada bulan Mei 1996 MySQL versi pertama kemudian dirilis secara terbatas. Pad aversi awal, MySQL hanya bisa digunakan secara gratis untuk kebutuhan non komersial.

Baru pada tahun 2000, MySQL resmi berlisensi GPL. Lisensi GPL artinya MySQL bisa digunakan dan dikembangkan source codenya bisa dilihat secara gratis dan  servernya bisa digunakan secara gratis untuk kebutuhan non komersial maupun komersial.

Pada tahun 2008, MySQL AB diakuisisi oleh Sun Microsystems. Kemudian pada tahun 2010, Sun Microsystems diakuisisi Oracle dan MySQL sepenuhnya menjadi hak milik Oracle.

Oracle memberlakukan lisensi ganda. Anda masih bisa download MSQL dan menggunakannya secara gratis sesuai ketentuan lisensi GPL (Free Software). Ada juga lisensi komersial bagi Anda yang membutuhkan kepemilikan yang lebih fleksibel dan juga bantuan tingkat premium (Shareware).

Model client-server artinya aplikasi MySQL ini beroperasi terpusat di server. Diatur dan dikendalikan oleh komputer server. Jadi, berbagai request/permintaan dari komputer client/workstation yang berhubungan dengan basis data akan dilayani oleh server.

BACA:  Apa itu XAMPP? Simak Ulasannya: Pengertian, Fungsi, Fitur!

Hal tersebut secara garis besar sudah sedikit menjelaskan tentang cara kerja software ini.

Cara Kerja MySQL

Sumber: https://bestsoftware.tech/

Suatu aplikasi berjalan pada sebuah server yang terhubung ke suatu jaringan atau network. Aplikasi tersebut bisa diakses oleh client. 

Setiap client menggunakan aplikasi tersebut dengan tampilan GUI (graphical user interface) yang lebih bersahabat dengan manusia. PHPMyAdmin adalah salah satu GUI yang paling umum digunakan.

Setiap client bisa melakukan permintaan (request) melalui GUI. 

Server akan membuat output jika instruksi dari client sesuai dengan ketentuan yang dibuat.

Request diproses oleh MySQL. Sebelumnya MySQL sudah bekerja membuat database untuk penyimpanan, manipulasi data dan menentukan relasi antar tabel.

Saat client melakukan request, perintah SQL yang spesifik dieksekusi. Server akan merespon perintah tersebut dan memberikan output ke client. 

Informasi ini nantinya muncul di sisi klien.

Dengan demikian, client akan dimudahkan dalam melakukan pengelolaan data karena proses lebih banyak berjalan di sisi server. 

Model client-server ini cukup aman dan transfer datanya bisa berjalan lebih cepat.

Fungsi MySQL sangat krusial dalam pembuatan suatu aplikasi web. Setelah memahami cara kerjanya secara umum, Anda harus belajar setiap perintah SQL untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Fungsi MySQL

Secara garis besar, fungsi MySQL adalah mengolah data pada database. Pengelolaan database di server suatu aplikasi akan difasilitasi oleh software ini. Bahasa SQL yang digunakan pada software ini memiliki command atau perintah yang terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

Data Definition Language (DDL)Perintah dasar untuk merubah struktur pada suatu database, meliputi:
Create -> Berfungsi untuk membuat suatu database baru dan tabel baru
Drop -> Berfungsi untuk menghapus suatu database dan tabel.
Alter -> Berfungsi untuk mengubah struktur tabel dari suatu database. Terbagi dalam beberapa perintah yaitu: Change, Add, Drop, Rename.
Data Manipulation Language (DML)Perintah untuk memanipulasi data yang ada di suatu database, meliputi:
Insert -> Berfungsi untuk memasukan record baru atau data baru dalam suatu database.
Update -> Berfungsi untuk mengubah suatu record atau data yang ada dalam database.
Delete -> Berfungsi untuk menghapus record atau data yang ada dalam database.
Select -> Berfungsi untuk menampilkan atau mengambil suatu data pada tabel yang ada dalam database.
Data Control Language (DCL)Perintah ini berfungsi untuk mengelola hak akses, meliputi:
Grant -> Berfungsi untuk memberikan hak akses pada user lain, dilakukan oleh admin.
Revoke -> Berfungsi untuk mencabut hak akses dari suatu user, dilakukan oleh admin.

Nah, perintah-perintah tersebut secara tidak langsung sudah mendefinisikan fungsi dari MySQL. 

BACA:  Apa itu Komputer Server: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

MySQL adalah RDBMS yang cukup mudah digunakan. Susunan command atau perintahnya cukup mudah dipelajari oleh pemula. 

Tak heran jika popularitasnya masih sangat tinggi. Hal tersebut juga didukung dengan sejumlah kelebihan yang dimilikinya.

Kelebihan MySQL

Berdasarkan statistik DB Engine Ranking, MySQL menduduki peringkat ke 2 pada jajaran DBMS yang yang paling banyak digunakan.

Ada sejumlah kelebihan yang dimiliki MySQL sehingga software ini mampu bertengger pada level popularitas yang cukup tinggi.

Kelebihan dari MySQL

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan, diukur dari segi penggunaan dan fitur yang dimiliki. 

  • Open Source. MySQL masih memberlakukan lisensi free software jadi bisa digunakan secara gratis.
  • Multi User. MySQL bisa diakses secara bersama-sama. Sangat berguna bagi developer yang bekerja secara tim dan ingin mengerjakan database bersamaan.
  • Sudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman yang lainnya. MySQL sudah terintegrasi dengan PHP. Melalui PHPMyAdmin, Anda bisa mengelola basis data pada server web dengan lebih efektif. MySQL juga bisa digunakan pada aplikasi yang dikembangkan menggunakan framework.
  • Tipe data variatif. Pengelompokan data bisa dilakukan dalam kriteria yang lebih spesifik.
  • Keamanan terjamin. Fitur-fitur keamanannya cukup handal untuk mengurangi potensi peretasan.
  • Ringan, support spek hardware rendah. MySQL terbukti ringan saat dioperasikan. Anda tidak membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi untuk menggunakannya.
  • Compatibility. MySQL bisa dioperasikan pada berbagai OS baik itu Windows, Linux, maupun Mac.
  • Performa handal. MySQL bisa melakukan penanganan query dengan waktu yang cukup singkat. 

Mengacu pada berbagai kelebihan tersebut, sudah selayaknya MySQL menduduki peringkat 2 sebagai DBMS paling populer. 

MySQL: RDBMS Gratis Tapi Tidak Kaleng-kaleng

Anda yang ingin membuat aplikasi berbasis web bisa memilih MySQL sebagai pengelola basis datanya. 

Kehandalannya dalam menangani query dan sifatnya yang multi user akan membuat kerja Anda lebih efektif. Anda juga tidak perlu memikirkan kompatibilitasnya.  MySQL bisa beroperasi di segala OS dan masih bisa digunakan meski spesifikasi hardware yang Anda miliki biasa saja.

Terlebih buat Anda yang pemula. MySQL adalah software RDBMS yang cukup mudah dioperasikan dan bisa Anda gunakan secara gratis.

MySQL merupakan sistem manajemen database relasional yang umumnya digunakan untuk mengelola database sebuah aplikasi berbasis website. 

MySQL ditunjang dengan sejumlah fitur yang mengakomodasi segala kebutuhan pengelolaan database dan cukup mudah dioperasikan mulai dari proses instalasi sampai penggunaannya.

Semoga artikel ini bisa memberi pengetahuan jadi sesuatu yang bermanfaat.

Tinggalkan komentar