8 Situs Download Font Keren untuk Logo & Desain Lainnya

Font merupakan salah satu elemen dalam suatu karya desain grafis. Perannya cukup krusial terutama pada desain konten untuk kebutuhan marketing.

Pada prinsipnya, font berperan untuk menyampaikan pesan. Tapi karena desain cukup erat dengan estetika, designer biasanya ingin menggunakan font yang keren.

Pada artikel ini kami akan mengulas tentang definisi typography, tipe-tipe font, situs download font, dan pengenalan lisensi penggunaan font.

Artikel ini cocok untuk Anda pelajar SMA atau mahasiswa yang sedang belajar desain grafis. Anda yang sedang kursus UX juga bisa menambah wawasan tentang typography dari artikel ini.

Typography & Tipe-tipe Font (Basic Style)

Font jadi elemen penting pada suatu proyek desain. Pada konteks ini, Anda tidak bisa semata-mata menggunakan font keren. Selain mempertimbangkan faktor estetika, Anda juga harus memikirkan “keterbacaannya”, supaya pesannya bisa tersampaikan.

Terutama jika proyek desain tersebut untuk suatu logo, poster, banner, atribut website, dll.

Maka dari itu, salah satu hal basic yang harus Anda kuasai dalam desain grafis yaitu pemahaman tentang Typography.

Typography adalah suatu seni atau teknik desain yang mencakup elemen huruf dan teks. Hal ini meliputi pemilihan font style, penyusunan struktur teks, dan aspek-aspek lain yang masih berkaitan. 

Jadi sebelum menelusuri situs download untuk mencari model karakter keren, Anda wajib mengenal dulu basic font style.

Secara umum, tipe-tipe font terbagi dalam empat gaya dasar, yaitu:

1. Serif

Dok Pribadi

Tipe ini memiliki ciri khusus yaitu adanya “kait” pada setiap ujung hurufnya. Salah satu contoh yang paling umum yaitu Times New Roman. 

Serif merupakan style yang paling tua. Meski ini merupakan suatu tipe yang klasik, tapi penggunaannya di era ini masih sangat lazim.

Tipe ini bahkan mengalami sejumlah perkembangan dan membentuk beberapa gaya turunan, misalnya: Old style serif, Transitional serif, Clarendon serifs, Neo classical & modern serif, Slab serif, dll.

Tipe ini cocok untuk mendukung konsep klasik, berbudaya, elegan, dan profesional. Maka dari itu, tipe ini kerap digunakan di sektor fashion, academic & culture.

2. Sans Serif

Font Keren
Dok Pribadi

Tipe ini jauh lebih simple dan menghilangkan ciri khas “kait” pada Serif. Secara harfiah, Sans Serif sendiri merupakan terjemahan dari bahasa Prancis, artinya tanpa Serif. 

Bisa kita simpulkan, style ini terlihat lebih solid dan sederhana.

Style ini berkembang di era modern. Semakin ke sini, penggunaan model karakter ini jadi semakin lazim. Sans Serif bahkan cukup mendominasi di berbagai konten online karena keterbacaannya.

Secara umum, konsep Sans Serif mengusung kesederhanaan, kemurnian dan fungsionalitas. 

Sans Serif juga memiliki beberapa style turunan sejalan dengan perkembangannya. Misalnya: Grotesque sans serif, Geometric sans serif, & Humanist sans serif.

Arial merupakan contoh Sans Serif yang mungkin paling sering Anda jumpai dan gunakan.

3. Script

Font Keren
Dok Pribadi

Style ini mengemulasi gaya tulisan tangan tegak bersambung, cursive dan kaligrafi. 

Secara keterbacaan, tipe ini sebenarnya kurang baik. Maka dari itu, tipe ini kurang efektif untuk menyampaikan informasi dan kurang cocok untuk Anda aplikasikan pada website, infografis, brosur, atau konten-konten marketing lainnya.

Baca Juga:  Apa itu HTTP/3? Keunggulan, Sejarah, & Perkembangannya

Biarpun demikian, masih ada saja beberapa brand yang cukup berani menggunakan style ini sebagai logo. Contoh yang paling populer yaitu Coca Cola. 

Beberapa pelaku bisnis juga masih berani menggunakan style ini pada flyer atau poster.

Tapi, bagaimanapun juga hal tersebut sangatlah tricky. 

4. Decorative

Font Keren
Dok Pribadi

Jenis ini klasifikasinya cukup luas. Tidak ada ciri-ciri khusus. Semua eksplorasi kreativitas dalam penciptaan model karakter bisa masuk dalam kategori ini.

Maka dari itu, beberapa model karakter ada yang masih cukup baik keterbacaannya, ada juga yang bentuknya lebih absurd

Anda masih bisa mengaplikasikannya untuk beberapa hal yang ingin menonjolkan estetika dan kesan kreatif. 

Jika ingin menggunakannya, pastikan tidak mengaplikasikannya pada teks yang panjang.

Tapi ternyata ada cukup banyak brand yang menggunakan style ini sebagai logo. Misalnya, Walt Disney, Fanta, Lego, Guitar Hero, Asus, dll.

Situs untuk Download Font

Anda yang ingin mencari font keren untuk mengerjakan proyek desain grafis, bisa berburu di beberapa situs berikut ini:

1. Dafont

Dafont merupakan platform yang paling populer untuk berburu berbagai jenis font keren. Platform ini memiliki banyak kategori yang bisa Anda sesuaikan untuk membantu pencarian.

Disini Anda bisa menemukan cukup banyak model karakter gratisan. Tapi tetap perhatikan lisensinya, apakah hanya gratis untuk penggunaan secara personal atau gratis juga untuk kebutuhan komersial.

2. Google Font

Sebagai perusahaan teknologi “palugada”, Google juga memiliki platform untuk mengunduh font keren online. Library-nya juga cukup banyak.

Selain bisa untuk download, salah satu fitur unggulannya yaitu memungkinkan Anda untuk langsung menerapkan model karakter tertentu pada website yang sedang Anda kembangkan.

Jadi, ada kode khusus yang bisa Anda copy ke bagian <head> HTML untuk menerapkan font tersebut pada website.

Karena fitur ini, banyak web designer yang menggemari platform ini.

3. Font Squirrel

Platform ini memiliki fitur spesial yaitu Webfont Generator dan Font Identifier. Kedua fitur inilah yang membuat platform ini tampil menonjol.

Anda bisa mengupload kreasi model karakter melalui Webfont Generator. 

Selain itu, dengan Font Identifier, Anda bisa mengidentifikasi suatu jenis font dari fotonya.

4. FontSpace

Platform ini memiliki library yang isinya cukup banyak dan kategorinya beragam. Anda bisa menggunakan menu kategorisasinya style-nya untuk mencari font yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Platform ini juga cukup mengapresiasi setiap creator-nya. Terdapat menu “Designers” untuk melakukan pencarian berdasarkan siapa designer-nya.

Baca Juga:  Apa itu Web Scraping? Cara Kerja, Teknik & Kegunaannya

Produk di platform ini, rata-rata berlisensi gratis hanya untuk penggunaan personal. Cukup jarang yang sepenuhnya gratis untuk kebutuhan komersial.

5. 1001 Font

Platform ini cukup senior di antara platform lainnya. Library-nya juga cukup banyak dengan kategorisasi yang cukup lengkap dan beragam.

Di platform ini, Anda bisa lebih mudah untuk download model karakter gratis, terutama yang free for commercial.

6. UrbanFonts

Di platform ini terdapat lebih dari 8000 font gratis. Semuanya bahkan sudah mereka kelompokan pada menu Free Font. Jadi Anda bisa langsung berburu gratisan.

Kategorisasi pada platform ini juga cukup lengkap dan beragam. 

7. Fontspring

Jika Anda butuh kumpulan model karakter keren premium untuk proyek desain grafis komersial yang serius, Anda bisa mencarinya di platform ini.

FontSpring merupakan marketplace khusus font premium. Di sini, Anda bisa membeli hanya untuk single style bisa juga membeli complete family

8. MyFonts

Platform ini juga merupakan marketplace yang menjual font premium. Skema pricing-nya hampir sama dengan Fontspring di mana Anda bisa membeli satu style saja atau paket complete family sekaligus.

MyFonts cukup spesial karena sering memberikan diskon yang bisa mencapai 60%.

Mengenal Lisensi Font

Ketika ingin menggunakan suatu font, pastikan untuk membaca lisensinya lebih dahulu. Apalagi jika Anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan komersial.

Ada beberapa kasus yang sampai ranah hukum karena designer tidak memperhatikan lisensi yang ia gunakan.

Untuk menghindari masalah di kemudian hari, ketentuan umum ini bisa Anda pahami dulu.

  • Free for personal use. Anda bebas menggunakan model karakter tersebut untuk penggunaan secara pribadi. 
  • Commercial. Anda harus membayar untuk bisa menggunakan font tersebut, terutama untuk keperluan yang bersifat komersial.
  • Free for commercial use. Lisensi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan font ini untuk keperluan komersial.
  • Donationware. Pemilik font tidak menjual dengan harga baku. Anda bisa memberikan donasi untuk menggunakan font tersebut.

Selain daftar di atas, setiap pemilik hak cipta bisa memberlakukan beberapa ketentuan spesifik di lisensinya. 

Maka dari itu, jika ingin menggunakannya untuk keperluan komersial, ada baiknya Anda menghubungi pemilik hak ciptanya dulu. Anda harus memastikan ketentuan lisensinya.

Gunakan Font Secara Bijak & Bertanggung Jawab

Pastikan Anda memahami prinsip-prinsip typography pada saat mengerjakan desain grafis. Hal tersebut akan membuat desain Anda tidak hanya estetik, tapi juga bisa lebih powerful dan tepat sasaran.

Baca Juga:  Apa itu Query SQL? Komponen SQL & Contoh Pengaplikasiannya

Memahami tipe-tipe font dan karakteristiknya akan sangat membantu ketika harus memilih jenis huruf yang cocok untuk kebutuhan tertentu.

Selain itu, bertanggung jawablah ketika men-download suatu font. Gunakan sesuai ketentuan. Jangan sampai menyalahi hak cipta dan menyeret Anda ke meja hukum.

Penutup

Ada banyak jenis huruf yang bisa Anda unduh dan gunakan secara bebas untuk personal use. Tapi ketika ingin menggunakannya pada proyek komersial, lebih baik Anda menggunakan jenis huruf premium dan menghubungi pemilik hak cipta untuk memastikan lisensinya.

Jadi, siapkah Anda berburu font keren? 

Related Post:
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost