Apa itu Program Afiliasi? Ingin Passive Income, Baca Ini!

Ingin dapat passive income? Ikut program afiliasi saja.

Anda hanya perlu melakukan promosi produk milik perusahaan penyelenggara program afiliasi. Promosikan produk di berbagai platform digital yang Anda punya dengan kode referral yang sudah ditetapkan.

Tertarik mengikutinya? Anda bisa menyimak ulasan berikut ini yang akan membedah tentang cara kerja program afiliasi, metode menjalankannya, dan penetapan komisinya.

Banyak orang tertarik dengan passive income. Sejak era internet berkembang, semakin banyak cara untuk mencari passive income.

Salah satu caranya melalui program afiliasi. Program ini cukup populer karena tidak butuh modal terlalu besar untuk memulainya. 

Mengenal Program Afiliasi & Cara Kerjanya

Apa itu afiliasi? Program afiliasi adalah suatu metode mencari uang dari internet dengan cara menawarkan suatu produk di berbagai platform internet. Komisi bisa didapatkan jika ada ada konsumen yang melakukan suatu transaksi atau action tertentu menggunakan link refferal milik Anda.

Hal ini biasanya disebut juga dengan istilah affiliate marketing.

Perusahaan pemilik produk membuka kerjasama dengan pihak ketiga (affiliate marketer) untuk memasarkan produk mereka.

Program ini biasanya terbuka untuk umum. Pihak perusahaan bahkan cukup gencar menawarkan orang-orang yang memiliki influence untuk bergabung dalam program ini. 

Anda bisa mencari perusahaan yang membuka program ini dan mendaftar sebagai affiliate marketer. Tenang saja, semuanya gratis.

Program afiliasi ini menguntungkan kedua belah pihak. Pihak perusahaan bisa melebarkan marketing dan mendapatkan potensi sales. Sedangkan pihak affiliate marketer bisa mendapatkan komisi. 

Komisinya sendiri bervariasi tergantung kebijakan perusahaan yang menjalankan program ini. Biasanya mulai dari 10% dari nilai transaksi. Ada juga perusahaan yang berani memberi komisi cukup besar. 

Cara kerja afiliasi relatif sederhana. Pada prinsipnya, semakin baik cara berpromosi Anda, potensi untuk mendapatkan komisi akan semakin besar. 

Cara Kerja Program Afiliasi Marketing

afiliasi adalah
Sumber: cj.com

Anda bisa mencari dulu perusahaan yang membuka program afiliasi. 

Selain perusahaan yang menjalankan program ini secara mandiri, ada juga yang tergabung dalam jaringan afiliasi. 

Anda bisa daftar affiliate marketing secara gratis di website perusahaan yang menyediakan program afiliasi. 

Anda akan diminta mengisi data diri. Setelah itu, Anda akan mendapat kode referral dalam bentuk link.

Kode referral tersebut harus selalu Anda cantumkan setiap kali melakukan promosi produk. Promosi produk bisa memanfaatkan berbagai platform dengan berbagai bentuk konten.

Tarik minat konsumen supaya bisa melakukan transaksi melalui kode referral milik Anda.

Saat konsumen mengklik link referral, transaksi tersebut akan terlacak dari kode referral milik Anda. Anda akan mendapatkan komisi saat konsumen melakukan transaksi atau action tertentu yang ditentukan oleh perusahaan.

Setiap transaksi yang berhasil dilakukan sampai selesai tersebut akan tercatat di sistem afiliasi milik perusahaan. Di situ juga akan tercatat jumlah komisinya. Anda bisa menarik komisi tersebut ketika sudah mencapai nominal tertentu.

Untuk menjalankan program afiliasi Anda tidak butuh modal besar. Anda hanya butuh waktu, tenaga, kreativitas, dan pengetahuan di bidang marketing. Jika Anda punya bekal ilmu internet marketing, hal ini bisa lebih mudah dijalankan. 

Metode untuk Menjalankan Affiliate Marketing

Prinsip utama dari program afiliasi adalah menjalankan pemasaran. Anda tidak akan bisa mendapatkan komisi kode referral milik Anda tidak tersebar di internet. Supaya orang tertarik untuk klik link referral tersebut, Anda juga butuh konten pengantar yang tepat.

Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk afiliasi ini.

Promosi Melalui Blog

Blog adalah platform umum yang digunakan para affiliate marketer. 

Anda bisa mengembangkan suatu blog dengan niche atau keunikan tema tertentu. Setelah itu, carilah produk afiliasi yang sejalan dengan niche blog milik Anda. 

Contohnya adalah blog dengan niche seputar dunia internet (web developing, domain-hosting, digital marketing, dll), bisa mencari produk afiliasi dari provider hosting.

Audiens blog yang sejalan dengan target pasar produk afiliasi, akan mengefektifkan promosi yang Anda lakukan.

Blog tersebut tentu saja perlu dikelola dengan sungguh-sungguh. Postingannya harus konsisten dan SEO nya benar-benar diperhatikan.

Cara promosinya bisa menggunakan banner atau artikel.

Banner yang berupa gambar lebih menarik secara visual. Banner tersebut tentu saja sudah terhubung dengan link referral milik Anda.

Tempatkan banner di lokasi-lokasi strategis. Mudah dilihat oleh calon konsumen, tapi tidak mengganggu.

Untuk menunjang konten blog, Anda bisa menulis sejumlah artikel yang berhubungan dengan produk afiliasi. Artikel berupa review in depth dan tutorial kerap dimanfaatkan untuk menjaring calon konsumen.

Melalui artikel tersebut, Anda bisa menuliskan promosi atau penawaran produk afiliasi sekaligus mencantumkan link referral.

Supaya blog Anda bisa tampak profesional, Anda perlu menyematkan Top Level Domain dan menghostingnya. 

Anda bisa menggunakan jasa Jogjahost. Jogjahost memiliki hosting dengan bisa mendongkrak performa web Anda dan menyediakan berbagai domain dengan harga bersahabat.

Promosi Melalui Media Sosial

Selain blog, media sosial juga kerap dimanfaatkan untuk mempromosikan produk afiliasi. 

Promosi melalui sosial media juga perlu strategi. Jika sekedar membagi link referral tanpa copywriting dan ilustrasi gambar yang menarik, orang-orang tentu enggan untuk melakukan action.

Platform sosial media yang cukup umum digunakan adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

Untuk Facebook dan Twitter, Anda bisa mengkreasikan konten pengantar yang menarik dan langsung mencantumkan link referral.

Untuk Instagram agak sedikit tricky karena Anda tidak bisa mencantumkan link di postingan feed. Nah, Anda bisa menggunakan fitur swipe up di stories. 

Anda juga bisa membuat kode kupon sendiri di dashboard program afiliasi. Kode kupon tentu lebih friendly untuk dibagikan daripada link referral.

Sayangnya media sosial ini bergerak dengan sangat cepat. Postingan Anda akan basi hanya dalam hitungan menit. Maka dari itu, Anda harus rutin update postingan.

Meski jarang digunakan, Youtube juga bisa dimanfaatkan. Link referral bisa diletakan di kolom deskripsi. 

Promosi di Forum Online

Anda cukup aktif di suatu forum, di platform tersebut Anda bisa melakukan promosi. 

Audiens di forum online sudah terklasifikasi dengan spesifik. Anda bisa melakukan promosi dengan lebih efektif. 

Sebelum melakukan promosi, ada baiknya untuk Anda membangun reputasi positif di forum tersebut. Jadi, berbagai konten yang Anda share di forum kemungkinan besar akan direspon oleh member lain.

Sebagai catatan, tidak semua forum mengizinkan promosi produk. Anda harus aware dengan hal ini. 

Menjalankan program afiliasi adalah perjalanan panjang. Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan secara instan. Anda butuh waktu untuk mengembangkan konten dan platform promosi milik Anda.

Anda bisa menggunakan lebih dari satu platform. Semakin luas koder referral Anda tersebar, semakin besar kemungkinan transaksi yang terjadi. Semakin banyak transaksi, komisi Anda akan semakin banyak.

Komisi Program Afiliasi

Ternyata tidak semua program afiliasi memberikan komisi berdasarkan transaksi pembelian. Ada beberapa program afiliasi yang juga memberikan komisi untuk action-action tertentu.

Berikut adalah beberapa jenis komisi yang umum diterapkan pada program afiliasi:

1. CPS (Cost Per Sale)

Komisi dihitung saat terjadi transaksi pembelian oleh konsumen.  Komisi biasanya dihitung berdasarkan persentase nilai produk atau jasa.

Metode ini yang cukup umum diterapkan pada suatu program afiliasi.

2. CPL (Cost Per Lead)

Anda akan mendapatkan komisi setelah suatu lead diselesaikan oleh audiens. 

Lead di sini mengacu pada tahap registrasi. Jadi, audiens melakukan pendaftaran atau sign up di suatu program yang ditentukan perusahaan. 

Komisi biasanya akan diberikan saat audiens berhasil mendaftar hingga resmi tergabung menjadi member program terkait.

3. CPA (Cost Per Action)

Sekilas hal ini tampak serupa dengan CPL. Namun, hal yang membedakan secara signifikan adalah perintah yang diminta.

CPL biasanya memberi perintah yang sedikit lebih kompleks. Butuh menarik minat audiens untuk mendaftarkan di suatu program.

Perintah pada CPA biasanya lebih sederhana. Biasanya hanya meminta mengisi survey, polling atau hal-hal sejenisnya.  

4. CPC (Cost Per Click)

Anda akan mendapatkan komisi tiap kali ada audiens yang melakukan klik di kode referral milik Anda, kemudian diarahkan ke website perusahaan dan menambah traffic website milik perusahaan.

Program Afiliasi: Salah Satu Cara Mengeruk Rupiah Secara Online

Di era internet ini, jika Anda kreatif, ada banyak celah untuk bisa menghasilkan uang. Program afiliasi adalah salah satunya.

Program ini bisa memberi passive income jika Anda berhasil menjalankannya dengan benar. Tentu saja hal tersebut butuh proses yang cukup panjang.

Tapi setelah platform Anda sudah mapan dengan reputasi positif, pemasaran di platform Anda akan terus berjalan. Anda hanya perlu mengelolanya dengan investasi waktu lebih minim. Setidaknya kontennya terupdate.

Jadi, Anda tetap bisa bekerja sebagaimana mestinya dan komisi dari program afiliasi akan tetap bisa Anda dapatkan.

Supaya bisa mengoptimalkan pendapatan dari program ini, Anda bisa belajar affiliate marketing dan digital marketing.

Program afiliasi adalah salah satu cara marketing dari suatu perusahaan dengan menggandeng pihak ketiga (affiliate marketer). 

Affiliate marketer akan mempromosikan produk di berbagai platform digital. Pada konten promosi tersebut akan dicantumkan kode referral. Setiap transaksi melalui kode referral tersebut akan dikonversi jadi komisi bagi affiliate marketer.

Program ini bisa diikuti secara gratis. Butuh ketekunan dan pengetahuan marketing untuk bisa mengeruk komisi dalam jumlah signifikan. 

Jogjahost juga membuka program afiliasi untuk memasarkan produk hosting. Anda yang tertarik bisa langsung menuju link berikut

Related Post:
Jho

Jho

Saya akan berbagi tulisan tentang definisi apapun yang berkaitan dengan dunia hosting, domain dan website.

Tinggalkan komentar

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost